Menikmati Sisi Lain Pulau Dewata Bali Saat Perayaan Nyepi | UNY COMMUNITY
Sunday , 24 March 2019
Home / Wisata / Menikmati Sisi Lain Pulau Dewata Bali Saat Perayaan Nyepi

Menikmati Sisi Lain Pulau Dewata Bali Saat Perayaan Nyepi

Istirahat sejenak dari penat bisa menjadi salah satu cara kita menghimpun dan mengendalikan kembali energi untuk lebih semangat di kesempatan selanjutnya. Salah satu cara yang dapat menjadi opsi untuk mengembalikan mood setelah satu pekan bekerja ialah dengan  pergi  berlibur.

Berlibur menjadi salah satu sarana ‘me time’ sekaligus hiburan dengan harapan hati dan pikiran kita kembali fresh sehingga siap menjalankan rutinitas harian. Salah satu  yang menjadi primadona destinasi liburan di Indonesia ialah Pulau Dewata Bali. Pulau yang sangat kental akan ragam budayanya ini cocok menjadi destinasi liburanmu khususnya pada saat hari libur nasional.

Hari Raya Nyepi menjadi perayaan tahun baru umat Hindu khususnya di Bali. Perayaan  yang menjadi awal mula perhitungan tahun baru Saka ini akan jatuh pada hari Kamis 7 Maret 2019. Hari Nyepi sendiri dimaknai sebagai ‘sunyi senyap tanpa ada kegiatan’. Pada perayaannya, Umat Hindu meniadakan berbagai kegiatannya seperti bekerja atau bepergian. Nyepi dimaknai sebagai refleksi besar-besaran atas apa yang telah diperbuat oleh diri .

pic : sukabacainformasi

Pada hari libur perayaan Nyepi Maret nanti, kamu memiliki jatah berlibur yang cukup leluasa. Karena jatuh dihari Kamis, praktis hari libur kamu diapit oleh akhir pekan sehingga libur kamu memiliki waktu berlibur mulai dari Kamis hingga Minggu.

Baca Juga  KEDUNG KANDANG, Surga tersembunyi dibalik gunung api purba

Nah, kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk berlibur dan ‘mencharge’ energi  sebelum nanti kembali disibukkan pada banyak pekerjaan yang menyita.

Kemudian, apa saja yang dapat diperoleh pada saat musim liburan Nyepi 2019 di Bali? Salah satunya ialah beragam tradisi pertunjukan budaya yang menarik.

Biasanya Hari Raya Nyepi memiliki serangkaian pertunjukan baik sebelum maupun sesudah hari H. Adapun beberapa rangkain pertunjukan sebelum hari H ialah membuat dan mengarak patung Ogoh-Ogoh. Ogoh-ogoh akan dipanggul dan diarak berkeliling kota, yang tentunya khasanah kearifan lokal ini bisa menjadi salah satu yang masuk dalam list kegiatan libur kamu saat liburan di Bali.Tempat rekomendasi melihat pawai Ogoh-ogoh ialah Kuta dan Ubud. Pada hari itu, lautan manusia akan terbentuk memenuhi jalanan, mulai dari masyarakat sekitar hingga wisatawan asing.

Rekomendasi untuk mendapatkan nuansa Hari Nyepi yang baik ialah pada hari kedua sebelum Nyepi dan sehari pasca perayaan tersebut. Selain pawai ogoh-ogoh, kamu juga bisa turut serta menyaksikan upacara Melasti. Upacara ini ialah kegiatan sembahyang di laut dengan cara mengarak dan melarung sesajian di laut. Beberapa pantai yang biasa dijadikan pusat acara melasti ialah Pantai Sanur. Hari itu wisatawan akan mendapatkan suasana sakral dan khidmat nan kental.

Baca Juga  4 Alasan Kenapa Pantai Parangtritis Bisa Menjadi Destinasi Malam Minggu Yang Seru Buat Kamu!

Yang perlu diingat, pada saat hari raya Nyepi semua kegiatan di Bali diberhentikan sementara Termasuk didalamnya dilarangnya berpergian untuk wisatawan. Oleh karena itu, pastikan libur kamu mencari hotel yang telah menawarkan paket aktivitas. Untuk membantu perencanaan libur kamu bisa mendownload aplikasi Traveloka guna membantu perjalanan wisata agar lebih mudah

Ada baiknya jika memang ingin berlibur di bali pastikan planning libur kamu pas serta sesuai dengan kondisi. Pilihlah beberapa kegiatan yang tetap libur kamu bisa lakukan di sekitar komplek tempat kamu menginap seperti misalnya menikmati fasilitas Spa, menonton film di kamar, atau berenang di kolam renang hotel.

Sekarang kamu tidak perlu repot-repot lagi! Melalui traveloka rencana liburan libur kamu akan terbantu dan terorganisir sehingga nuansa dan pengalaman spiritual yang bebas dari keramaian esensinya akan bisa libur kamu rasakan.

Don’t worry be appy ! Rencanakan liburan mulai saat ini !

About admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Check Also

SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN UNYSEF 2019

UNY SCIENTIFIC FAIR 2019 Proudly Present: “SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN UNYSEF 2019” dengan tema: “Menggali Potensi …

X