Menikmati Sunset Di Ratu Boko | UNY COMMUNITY
Home / Jogjaku / Menikmati Sunset Di Ratu Boko

Menikmati Sunset Di Ratu Boko

Sebuah gapura batu nan megah tampak menawan ketika sinar matahari sore memantul di sela-sela bangunannya. Dari kejauhan, gapura yang sudah ada sejak 792 itu menjadi siluet lantaran tertutup sinar matahari yang mulai meredup. Di kejauhan, bulatan merah menyala perlahan menyingkir dari angkasa, bergulir turun lantas menghilang dan hanya menyisakan pancarona nan indah di langit. Merapi Merbabu yang berdiri kokoh di kejauhan seolah menjadi pelengkap paket senja nan mempesona di Ratu Boko.

pic : phinemo.com

Berkeliling bekas istana Ratu boko ini kita akan kembali belajar tentang nilai-nilai sejarah yang ada di negeri ini. Sebuah nilai sejarah yang harusnya tetap mendapatkan perhatian besar dari setiap generasi. Bukan hanya sebuah huforia sebagai lokasi prewedding ataupun spot mengabadikan foto diri saja, tapi sebuah media pembelajaran sejarah kepada generasi muda saat ini dan masa yang akan datang.

Baca Juga  Rawon Mbah Maryam : Rawon Premium Sekitar UNY Yang Harus Kamu Coba

Satu hal yang jangan sampai di lupakan ketika mengunjungi istana Ratu Boko. Lokasi istana ini tepat diatas bukit, jadi merupakan spot yang asik buat menikmati matahari terbit dan tenggelam. Beberapa kali ke komplek istana ini saya hanya beberapa kali menikmati sunsetnya, belum pernah sekalipun menikmati indahnya matahari terbit dari lokasi ini. Sunset di lokasi gerbang istana terlihat begitu mempesona. Langit seolah membara tepat diatas dua gapura gerbang istana ratu boko ini. Dan siap-siaplah di datangi petugas keamanan ketika menikmati sunset disini, karena jam operasional candi hanya sampai pukul 18:00 saja, sementara kalau sudah menikmati after sunset bisa sampai jam 18:30. Tapi waktu itu memang saya adalah orang yang beruntung, pak satpam malah ngajak ngobrol ketika saya sedang mengabadikan timelapse di lokasi gapura candi.

Baca Juga  Menggali Kembali ‘Spirit’ Bapak Pendidikan Nasional Melalui Museum Dewantara Kirti Griya

Keistimewaan lain dari situs ini adalah adanya tempat di sebelah kiri gapura yang terdapat spot yang dinamakan Candi Pembakaran. Candi Pembakaran ini adalah tempat kremasi masyarakat yang beagama Hindu.

Akses menuju candi Ratu Boko ini gampang sekali kok, dari jogja tinggal naik Transjogja, turun di halte Prambanan. Dari prambanan beli tiket terusan aja jadi tiketnya prambanan dan ratu boko sekalian. Keuntungannya adalah lebih irit jika harus beli tiket masuk masing-masing, selain itu dari prambanan ke istana ratu boko dapat shuttle bis gratisan yang berangkat tiap 30 menit sekali, jadi gak ada alasan gak ada kendaraan ya.

Kalau berniat untuk menelusuri seluruh bagian kompleks Ratu Boko yang luas, sangat disarankan untuk mengenakan pakaian yang mudah menyerap keringat. Sebaiknya menghindari pakaian berwarna hitam. Mengenakan kaos oblong berbahan katun adalah pilihan paling tepat

Baca Juga  Menikmati Indahnya Alam Puncak kosakora

Karna cuaca pada siang hari terasa sangat panas, sebaiknya mengenakan kacamata hitam apabila memang berniat untuk menyusuri semua bagian kompleks agar tidak silau. Kalau perlu, gunakan sunblock untuk melindungi kulit dari sengatan sinar matahari. Meski sangat panas, namun suasana disini terasa sangat asri. Disekitar kompleks juga telah disediakan banyak gazebo yang bisa digunakan untuk beristirahat

(Muhammad Yunanda Suken  Sastra Indonesia 2016 )

About admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Check Also

PRE ORDER UNY Merchandise

Buat dirimu MABA, Mahasiswa Ataupun Alumni Buat dirimu yang pengen punya UNY Merchandise. Buat dirimu …