Museum Kayu Wanagama, Keunikan Museum di Tengah Hutan | UNY COMMUNITY
Home / Jogjaku / Museum Kayu Wanagama, Keunikan Museum di Tengah Hutan

Museum Kayu Wanagama, Keunikan Museum di Tengah Hutan

Indonesia memang memiliki banyak hutan yang dijadikan sebagai konservasi, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat hingga hutan lindung yang siap menjaga tanah dan air. Karena begitu banyaknya hutan di Indonesia akhirnya ada yang berinisiatif untuk membangun sebuah museum yang berisi pengetahuan tentang kayu.

Penasaran dengan nama museum yang memiliki koleksi perkayuan ini?

pic : evazahra.com

Museum yang terletak di Desa Bunder, Kec. Playen, Gunungkidul diberi nama Museum Kayu Wanagama. Lokasi museum yang berada di kawasan hutan menambah kesan asri dan hmm nyaman untuk para pengunjung. Suasana yang sejuk dan nyaman inilah yang menambah keasrian lokasi museum yang sengaja dibangun untuk mengedukasi masyarakat agar kita semua tahu ada banyak jenis kayu yang tumbuh di Indonesia, dan hampir dari seluruh kayu tersebut sangat bermanfaat untuk keberlangsungan hidup kita.

Baca Juga  Sendang Ngembel, Kilauan Permata Hijau dan Altar Persembahan

Untuk lebih jelasnya yuk simak ulasan Museum Kayu Wanagama di bawah ini.

Bila kamu ke Jogja dan berada di Gunungkidul, ada baiknya kamu mampir ke Museum Kayu Wanagama untuk belajar mengenai perkayuan di Indonesia. Lokasinya berada di Hutan Wisata Wanagama.

Tujuan Museum Kayu Wanagama

Tujuan utama didirikannya Museum Kayu Wanagama ini adalah untuk mengedukasi masyarakat mengenai jenis kayu, pohon dan fungsinya, sehingga sebagai masyarakat kita tahu bagaimana cara memanfaatkan kayu dengan baik dan benar sehingga mendatangkan manfaat yang baik untuk semua masyarakat.

Selain itu juga dalam museum ini kita bisa tahu banyak bahwa Indonesia memang layaknya surga yang ada di bumi, bahkan hampir dari seluruh flora yang ada di dunia ditemukan di Indonesia, termasuk kayu yang tumbuh di hutan. Selain lokasinya dekat dengan hutan, konsep dari bangunan Museum Kayu Wanagama pun unik dan cocok untuk menjadi tempat berlibur yang juga bisa membuat kita jadi lebih pintar.

Baca Juga  Lagi di Jogja? Kamu Penggemar Nasi Goreng Juga? Jangan Lewatkan 5 Nasi Goreng Istimewa Ini!
pic : gudeg.net

Koleksi Museum Kayu Wanagama

Koleksi yang disimpan dalam Museum Kayu Wanagama ada banyak dan mayoritas adalah barang yang terbuat dari kayu, seperti perlengkapan rumah tangga, perlengkapan memasak, perlengkapan meja kursi serta beberapa tipe pohon yang tumbuh dan dilengkapi dengan nama latinnya.

Bukan hanya itu saja karena masih ada beberapa barang kerajinan tangan yang dibuat dari kayu yang berasal dari berbagai daerah dan disimpan dengan baik di dalam museum ini.

Oleh karena itu yang menjadi kelebihan dari Museum Kayu Wanagama adalah berwisata di alam yang akan membuat kesan menarik dan tak terlupakan oleh setiap pengunjung yang datang. Lebih dari itu Anda bisa menikmati udara sejuk dan segar yang diproduksi oleh pohon-pohon yang tumbuh di hutan.

Baca Juga  Pantai Butuh, Secuil Eksotisme Bumi Handayani
pic : instagram.com/masiih_mudaa/

Apakah kamu sudah mulai tertarik untuk mengunjungi Museum Kayu Wanagama? Jangan lupa membawa kamera kamera dijamin foto di Museum Kayu Wanagama akan terlihat bagus dengan konsep bangunan kayu tua dan kuno.

lokasi Museum Kayu Wanagama

About awan

Pegawai kantoran dengan skill menulis pas-pasan. Pernah kuliah di jurusan teknik Mesin.

Check Also

Pernah Makan Tengkleng Gajah? Pasti di Jogja adanya!

Yup benar sekali tengkleng gajah namanya, namun bukan berarti tengkleng yang bahan bakunya dari daging …