JogjakuWisata

15 Museum Menarik di Yogyakarta yang Wajib Kamu Kunjungi

Buat kamu kamu yang suka berwisata dengan tema bersejarah wajib banget nih kunjungi berbagai museum yang ada di jogja, Yogyakarta kota penuh dengan cerita ini menyimpan berbagai peristiwa lampau yang menarik dan dapat kita kenang melalui museum – museum yang ada diantaranya:

  1. Monumen jogja kembali (Monjali)

Monument jogja kembali atau sering disebut dengan monjali ini terletak di jalan linkar utara , kelurahan sariharjo , kecamatan Ngalik , kabupaten Sleman , Yogyakarta . museum ini berbentuk gunung yang merupakan monument bersejarah perjuangan kemerdekaan RI.

foto : semberani.com/

Museum ini tersusun rapih replica foto , dokumen , berbagai jenis senjata , hingga bentuk replica dapur umum yang dibuat dengan suasana perang kemerdekaan tahun 1945-1949. Monjali sendiri terdiri dari 3 lantai dan dilengkapi ruang perpustakan serta ruang serbaguna . dipintu masuk terdapat 422 nama pahlawan yang gugur saat  membela Negara.

2. Museum benteng vredeburg

foto : .tribunnewswiki.com

Museum ini terletak di kawasan titik nol km Yogyakarta. Museum yang tadinya benteng pada mas penjajahan ini di bangun dengan gaya arsitektur belanda yang kental. Yang mana di dalam  nya terdapat beberapa koleksi seperti foto, seragam dan beberapa penginggalan para pahlawan maupun penjajah. Benteng ini kemudian menjadi tempat mengabadikan sejarah Indonesia diorama.

3. Museum anak kolong tangga

Museum ini cocok banget buat kamu kamu yang ingin bernostalgia dengan mainan mainan jaman dulu bisa banget kesini museum anak kolong tangga kenapa disebut museum kolong tangga karna berada di kolong tangga .

foto : wikipedia.org

Museum ini berada di area taman budaya Yogyakarta di dalam nya berisi berbagai macam koleksi mainan yang ada di seluruh Indonesia yang mana maianan yang sebagaian besar merupakan mainan yang buatan tangan dan menyimpan banyak cerita dan kebudayaan local di dalam nya seperti cerita legenda , dongeng ataupun mitos.

4. Museum Affandi

foto :sewamobiljogja.id

Museum affandi merupakan tempat atau rumah koleksi affandi yang mana tempat ini dulunya merupakan tempat gtinggal affandi dan tempat ini juga merupakan tempat dimana ia disemayamkan .Museum ini berada di jalan laksada adisucipto 167, Yogyakarta  di dalam nya berisi koleksi hasil karya sang maestro seni lukis sepanjang hidupnya.

5. Museum De mata Trick Eye 3D

Museum yang berlokasi di basement gedung umar kayam, di XT Square jl veteran umbulharjo Yogyakarta . museum ini menyedikaan berbagai foto 3D yang akan menipu anda yang sebagain besarr tampak seakan akan hendak keluar dari bingkai mereka .

Baca Juga  Kuliner : Jadah Tempe Mbah Carik
foto : viator.com

Museum de mata trick eye ini baru di resmikan pada tahun 2013 museum ini juga adalah museum 3D pertama yang ada di DIY dan  Jateng , bahkan hebatnya museum serupa yang ada di luar negeri seperti singapura , china , jepang , hongkong dan korea rata rata hanya memamerkan sekitar 70 foto gambar 3D dan tipuan mata .

Sedangkan De mata Trick eye memamerkan 120 gambar dan lukiasn 3D dengan berbagai ukuran yang berbeda bahkan untuk lukisan besar ukuran nya hingga 5 meter.

6. Museum Batik Yogyakarta

foto : alodiatour.com

Museum batik pertama yang ada di Yogyakarta museum ini terletak di jalan Dr Sutomo kota Yogyakarta dan saat ini menyimpan lebih dari 1.200 koleksi perbatikan, koleksi tersebut terdiri dari 500 lembar kain batik tulis , 560 batik cap , 124 canting (alat pembatik) dan 35 wajan serta bahan pewarna termasuk malam.

7. Museum Ullen sentalu

foto : casaindonesia.com

Museum ini merupakan museum yang menampilkan kebudyaan putri/ wanita keratin Yogyakarta semasa hidupnya yang mana semasa hidupnya putri/wanita keratin ini pembatik keraton saat ini koleksi batik mereka disimpan rapih dimuseum ullen sentalu. Museum ini terletak di daerah pakem , kaliurang Yogyakarta

8. Museum Sonobudoyo

Museum ini merupakan koleksi keris di Yogyakarta tersimpan sedikit 1.200 koleksi keris museum ini tepatnya di jalan trikora alun alun utara Yogyakarta.

foto : idetrips.com

9. Museum Wayang Kekayon

foto : niagatour.com

Museum ini merupakan tempat disimpannya wayang wayang yang ada di Yogyakarta mulai dari wayang purwa , wayang madya , wayang klithtik , wayang gedhog dan lain lain . museum ini terletak di jalan raya jogja- monosari km 7 No. 277, Bantul , Yogyakarta.

10. Museum Biologi

Museum Yogyakarta di Jalan Sultan Agung no. 22, Kelurahan Wirogunan, Kecamatan Mergangsan, Yogyakarta 55151 adalah museum sejarah alam yang berfokus pada pendidikan hayati, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

foto : sejarahlengkap.com

Museum ini sangat cocok dijadikan untuk media pembelajaram , pendidikan serta menambah pengetahuan tentang flora dan fauna yang diawetkan.

11. Museum RS Mata Dr YAP

foto : kompasiana.com

RS Mata Dr YAP yang berada di Jl. Cik Di Tiro No.5, Terban, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta  merupakan Rumah sakit ternama di jogja museum ini menyimpan banyak koleksi peralatan kedokteran peninggalan Dr YAP Hong Tjoen dan Dr YAP Kie Tiong selain perlatan kedokteran mata yang menjadi koleksi museum ini juga terdapat sejarah dari kisah hidup dr yap yang didimpan dengan rapi.

Baca Juga  Ingin Menikmati Rasa Jogja dalam Kehangatan Semangkok Soto! 5 Tempat ini bisa Kamu Sambangi!

12. Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala

foto : eksotisjogja.com

Museum ini berada Di kompleks pangkalan udara adi sudjipto , Yogyakarta . museum ini menyimpan sejumlah foto  tokoh tokoh sejarah serta diorama peristiwa sejarah , sejumlah peswat tempur pada perang dunia ke 2 seperti pesawat , PBY-5A(Catalina), Replika pesawat WEL-I RI-X , peswat A6M5 Zero zen buatan jepang , pesawat pembom B25 mitchell , B 26 invader dan helicopter 360 buatan AS.

13. Museum Gunung Merapi

Museum ini menyediakan berbagai informasi terkait gunung merapi , museum ini terdiri dari 2 lantai yang diresmikan pada tahu 2010 berlokasi di daerah hagobinangun sleman Yogyakarta. Dilantai 1 pengunjung akan dimanjakan dengan berbagai replikas sebaran awan panas , display tipe letusan gunung api , batuan dari gunung merapi sejak tahun 1930.

foto : jejakpiknik.com

Di lantai 2 pengunjung akan di manjakan 9 tipe benda koleksi dan alat peraga yang tersimpan mulai dari display letusan dan erupsi merapi , lorong peraga simulasi LCD , peraga simulasi tsunami hingga gempa .

14. Museum Sandi

foto : gudeg.net

Hanya di Yogyakarta museum sandi satu satunya di Indonesia bahkan di dunia museum ini sudah ada sejak 2008 tempat ini berlokasi di jalan faridan M. Noto No. 21 kota baru Yogyakarta dengan ratusan koleksi sandi mulai dari mesin dan peralatan sandi (sandi atau replica ) , sepeda onthel yang digunakan kurir untuk mengantar surat yang berisi kode kode , meja kursi asli sebagai sarana kerja persandian di pandukuhan dukuh kulon progo , peta tapak tilas sandi , lukisan kegiatan sandi , replica rumah sandi , serta dokumen berupa buku kode , manikin dan lain lain.

15. Museum Bahari Yogyakarta

foto : traveling.maslatip.com

Museum ini memiliki sejumlah koleksi barang yang berhubungan dengan dunia kelautan , museum terletak di JL. RE Martadinata (wirobrajan) No.16, Yogyakarta . dari depan museum pengunjung akan dimanjakan dengan desian museum menyerupai anjungan atau ruang komando kapal tempat roda kemudi kapal.

itu dia 15 wisata museum yang ada di jogja , lagi lagi dan lagi ga ada habis nya kalau ngomongin liburan di jogja bikin kangen selain untuk refreshing 15 museum tadi bisa juga loh membuka wawasan kita sekaligus cocok banget buat kamu kamu yang instagramable banyak spot foto yang wajib diabadiin kalau udah ke tempat wisata museum yang udah di bahas tadi so tunggu apa lagi? selamat berwisata 🙂

Related Articles

Back to top button
Close
X