Museum Pendidikan Indonesia UNY: Tak Hanya Rekreatif, Tapi Juga Edukatif. | UNY COMMUNITY
Home / Pojok #UNYu / Museum Pendidikan Indonesia UNY: Tak Hanya Rekreatif, Tapi Juga Edukatif.

Museum Pendidikan Indonesia UNY: Tak Hanya Rekreatif, Tapi Juga Edukatif.

Museum? Hal apa yang muncul pertama kali di kepala ketika mendengar kata museum? Kapan terakhir kali kamu mengunjungi sebuah museum? Rasa-rasanya tak banyak yang kenal dengan salah satu wisata edukasi ini. Tahu tentang Museum Bank Indonesia? Museum Ullen Sentalu? Museum Affandi? Tak usah jauh-jauh, berita baiknya, Kota Gudheg punya salah satu museum yang bisa dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata yang cukup murah dengan kualitas mewah. Tak percaya?

Museum Pendidikan Indonesia (MPI) UNY yang berlokasi di Jln. Colombo No. 1, Karangmalang Yogyakarta ini merupakan museum pendidikan yang didirikan pertama kali di Indonesia. Museum ini diresmikan oleh Sultan Hamengku Buwono X pada tanggal 8 Juli 2008. Penggagas berdirinya museum ini adalah Prof. Dr. Sugeng Mardiono Phd. Gagasan ini dilatarbelakangi oleh keresahan beliau terkait sejarah pendidikan Indonesia yang tidak banyak diketahui. Oleh sebab itu MPI UNY didirikan dengan tujuan untuk memberikan pemahaman tentang sejarah pendidikan di Indonesia dan turut serta meningkatkan kualitas perkembangan pendidikan di Indonesia melalui berbagai koleksi dan agenda yang diadakan.

Baca Juga  Ingin Hidup Bahagia? Berbuat Baiklah!

Museum ini memiliki beberapa ruangan yaitu Ruang Galeri 1, Ruang Galeri 2, Ruang Galeri 3 lengkap dengan koleksinya dan Ruang Cinema. Ruang Galeri 1 merupakan tempat koleksi peralatan sekolah. Ruang Galeri 2 merupaka koleksi miniatur para tokoh pendidikan, dan Ruang Galeri 3 merupakan tempat koleksi media pembelajaran. Ketiga ruang tersebut terletak di lantai 1 sedangkan Ruang Cinema berada di lantai dua.

Beberapa koleksinya diantaranya yaitu koleksi buku seperti Busyro Muqoddas, Penyuara Nurani Keadilan, koleksi media pembelajaran seperti Courant Pencil Sharpener, proyektor, mesin ketik, mesin Sheet Roneo dan koleksi arsip lainnya. Tak hanya itu, museum ini juga dilengkapi dengan Ruang Cinema dengan kapasitas 116 kursi  dengan fasilitas sound dolby surround.  Beberapa agenda yang disuguhkan yaitu Festival Dalang Cilik, Festival Pendidikan, Festival Museum dll. Lalu biaya masuknya mahal nggak ya? Jangan khawatir, tiap anggota rombongan dikenakan tiket seharga 2.500 rupiah loh. Murah kan? Lebih lagi, diskon 10% akan diberikan bagi rombongan yang beranggotakan lebih dari 20 orang. Harga ini tentu saja sudah termasuk dengan jasa pemandu dan menonton film di Ruang Cinema.

Baca Juga  Mengenal 5 UKM Bidang Penalaran di UNY, Sudah Menelurkan Banyak Prestasi Loh!

Nah kapan kamu bisa berkunjung ke museum ini? Kunjungan di museum ini dapat dilayani mulai pukul 07.30-15.00 WIB pada hari Senin sampai Kamis. Layanan hari Jumat yaitu pukul 07.30-14.00 WIB. Sedangkan khusus kunjungan untuk hari Sabtu dan Minggu, calon pengunjung harus melakukan reservasi terlebih dahulu via telepon maupun email.

Jadi jangan ragu untuk berkunjung ke Museum Pendidikan Indonesia UNY ya. Sebab tak hanya sebatas memoar pendidikan di Indonesia, lebih dari itu, MPI UNY merupakan wahana yang tak hanya rekreatif namun juga edukatif tentunya. Selamat berwisata.

About Retna Ikawati

Mahasiswi Bahasa dan Sastra Inggris

Check Also

Kelezatan Mie Ayam Pak Slamet Selamatkan Kantong Mahasiswa

Mie lagi, mie lagi. Nasib anak kost memang harus pandai-pandai mengatur uang jajan. Sebab belum …