JogjakuWisata

Pantai Butuh, Secuil Eksotisme Bumi Handayani

Gunungkidul, salah satu kabupaten di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang syarat dengan daerah tandus, kekurangan air dan kasus gantung diri. Tapi siapa yang menyangka, saat ini terutama di akhir pekan dan masa libur nasional, kemacetan tak dapat dihindari dijalan-jalan utama menuju kota gaplek ini. Hal ini tidak lain adalah karena adanya surga-surga tersembunyi  yang kini mulai serius dikelola oleh masyarakat dan pemerintah Gunungkidul.

 pantai butuh

Kesadaran masyarakat maupun pemerintah untuk meningkatkan potensi dan pendapatan daerah terlihat dengan maraknya pengembangan tempat-tempat wisata. Tempat-tempat yang dulunya dianggap biasa saja atau bahkan tidak mendapat perhatian, kini justru dijadikan rebutan. Tempat-tempat itu antara lain meliputi wisata alam seperti goa, sungai, air terjun dan pantai serta tempat wisata budaya seperti candi dan petilasan-petilasan. Masyarakat dan pemerintah berllomba-lomba untuk melakukan pembenahan guna meningkatkan angka kunjungan turis lokal maupun macanegara.

Salah satu hal yang menjadi unggulan masyarakat Gunungkidul adalah wisata pantai. Pantai-pantai di Gunungkidul memang terkenal dengan pasir putih dan karang-karang yang indah. Bahkan ada sebagian masyarakat yang menyebutnya “Bali van Jogja” karena jika dilihat hampir serupa dengan pantai-pantai yang ada di pulau Dewata. Beberapa pantai sudah mulai dikembangkan dengan menggandeng investor-investor dalam maupun luar negeri. Beberapa pantai kini sudah dipenuhi dengan fasilitas lengkap seperti tempat parkir, kamar mandi, restaurant bahkan penginapan dan vila sudah dibangun.

Baca Juga  Ingin Mencoba Wisata yang Menantang Adrenalin di Bandung? Simak Destinasi Berikut Ini!

pantai butuh uny community

Melihat dari kacamata yang berbeda, sebagian masyarakat yang ingin berwisata menginginkan pantai yang masih asri dan belum banyak dikunjungi wisatawan. Salah satunya dari kalangan mahasiswa. Yogyakarta sebagai kota pelajar dengan banyaknya jumlah mahasiswa tentunya menjadi peluang tersendiri bagi pengelola wisata pantai di Gunungkidul. Banyak mahasiswa melakukan kegiatan seperti MAKRAB (Malam keakraban), upgradding atau sekedar melakukan camping dengan teman-temannya.

Salah satu pantai yang masih terjaga keasriannya adalah pantai Butuh. Pantai ini terletak di kecamatan Saptosari Kabupaten Gunungkidul. Perjalanan menuju pantai dapat ditempuh melalui jalur kota Wonosari atau dari jalur selatan melewati kecamatan Imogiri. Pada saat perjalanan menuju pantai, pengunjung akan disuguhi pemandangan perkebunan minyak kayu putih yang menyejukkan mata. Selain itu, jalanan aspal yang halus menjadikan perjalanan tidak terasa melelahkan. Pengalaman berbeda akan didapatkan setelah pengunjung mulai memasuki daerah pantai. Jalan setapak dari semen yang menukik menjadikan tantangan tersendiri. Perlu diwaspai pada saat musim hujan, jalanan akan menjadi licin. Dan pada saat musim hujan juga, akan banyak ulat pohon jati yang berada di pohon-pohon di bahu jalan. Dan keseruan itu semakin lengkap setelah sampai di pantai mungil ini. Pengunjung akan langsung dimanjakan dengan keindahan panorama pantai dengan pasir putih dan jejeran karang di bibir pantai Butuh. Pengunjung dapat mendirikan tenda maupun melakukan aktivitas lainnya. Walaupun masih sangat asri, tidak jauh dari pantai terdapat kamar mandi umum dan tempat parkir yang dikelola oleh warga.

Baca Juga  4 Alasan Kenapa Pantai Parangtritis Bisa Menjadi Destinasi Malam Minggu Yang Seru Buat Kamu!

Peta ke Pantai Butuh

Emma Safitri

Mahasiswi Pendidikan Bahasa Jerman

Related Articles

Back to top button
Close
X