Sandboarding gumuk pasir parangkusumo | UNY COMMUNITY
Saturday , 16 February 2019
Home / Jogjaku / Pengen Sandboarding di Jogja? Ke Gumuk Pasir Parangkusumo Aja

Pengen Sandboarding di Jogja? Ke Gumuk Pasir Parangkusumo Aja

Siapa bilang gurun pasir hanya ada di timur tengah, tak usah jauh-jauh pergi ke gurun sahara untuk melihat fenomena alam tersebut. Kamu cukup datang kepantai parang kusumo di yogyakarta dan kamu akan menemukan padang pasir yang begitu luas. namun jangan pernah menyebutnya gurun pasir ya gaes, masyarakat setempat menyebutnya dengan gumuk pasir. Gumuk Pasir Parangkusumo berada di antara Pantai Parangtritis dan Pantai Depok.

36gunungpasirbantul
pic : tataruangpertanahan.com

Proses terjadinya gumuk pasir tak lepas dari kehadiran gunung merapi,gunung merbabu, kali opak, kali progo dan pantai parangtritis. Gundukan pasir yang mengumpul merupakan material yang berasal dari abu vulkanik gunung yang terbawa aliran sunggai hingga akhirnya sampai ke pantai parangtritis. Proses tersebut terjadi secara terus menerus sehingga terbentuklah gundukan pasir yang semakin melebar dan meninggi.

Baca Juga  5 Kuliner Pedas nan Lezat di Jogja

Gumuk pasir ini sudah terbentuk sejak ribuan tahun yang lalu dan kini seluar 2 KM padang pasir yang sudah terbentang menunggu datangnya para wisatawan dan peneliti yang penasaran dengan tempat ini.

baca juga : 5 Tempat Nongkrong Asyik di Jogja

Datanglah pada pukul 3 sore, karena jika anda datang pada pukul 12 siang maka bersiaplah kepanasan karena cuaca cukup terik, namun sebaliknya pada malam hari cuaca akan sangat dingin di gumuk pasir ini.

sandboardingjogja
pic : anakrimba46.blogspot.com

Mampir ke gumuk pasir parang kusumo akan menjamin kamu kehausan, haus akan tantangan yang diberikan lewat media papan sadbording, olahraga sandborning memang lebih dikenal di negeri kanguru australia namun sejak tahun 2012 olahraga ini populer di jogjakarta

Banyak penyewaan papan sandbord tersedia dan dapat digunakan siapa saja, sediakan uang 75 K untuk dapat mengunakan satu papan sandbording sepuasnya, dijamin dari yang sama sekali tidak bisa akan pandai berselancar diatas pasir.

Baca Juga  Mulai Bosan Dengan Pemandangan Kota? Village Gedangsari Adalah Opsi Tepat Melarikan Diri

Gundukan pasir parang kusumo memang bervareasi, mulai ketinggian 20 meter sampai 200 meter dapat kamu coba dengan papan ini. Sebagai pemula bersiaplah akan kecipratan pasir dan kotor.

Tak hanya warga jogjakrta saja yang menasaran dengan olahraga ini, bahkan dari luar pulau jawapun penasaran. Bagaimana dengan kamu.

Peta ke gumuk pasir parangkusumo

About admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Check Also

Jurusan Kuliah IPS, Prospek Kerja Bagus

Dalam memilih jurusan kuliah memang tidak boleh asal-asalan agar dapat memberikan peluang besar untuk pekerjaan …

X