Pojok #UNYu

Perbandingan: Google Meet vs Zoom

Semenjak adanya Covid-19, hampir segala kegiatan berubah dilakukan menggunakan aplikasi virtual. Beberapa orang mengenal beberapa aplikasi virtual yang sangat membantu, seperti Google Meet dan Zoom. Namun, tentu saja ada beberapa perdebatan mengenai kedua aplikasi tersebut. Perdebatan tanpa data hanyalah sebuah omong kosong. Maka, di sini akan dipaparkan apa saja perbandingan dari Google Meet dan Zoom.

Terkhusus bagi mahasiswa, kini dosen tidak kaku dalam memilih aplikasi virtual tersebut. Dosen memberikan penawaran kepada mahasiswa untuk memilih kelas menggunakan Google Meet atau Zoom. Tentu ada beberapa mahasiswa yang memilih menggunakan kedua aplikasi tersebut sesuai dengan kebutuhan yang ada. Namun, guna memperdebatkan antara Google Meet dan Zoom, lebih baik lihat data-data berikut.

Pertama, dilihat dari segi tampungan peserta di dalam aplikasi. Tentu Google Meet dan Zoom memiliki perbedaan dari segi tampungan peserta yang dapat mengikuti di dalam ruang virtual tersebut. Nah, Google Meet di sini hanya bisa menampung 250 orang dalam satu kali pertemuan. Lalu, Zoom memiliki tampungan peserta yang lebih banyak, yaitu bisa menampung 500 peserta dalam satu kali pertemuan. Pada poin pertama, Zoom bisa dikatakan lebih unggul.

Kedua, melihat segi biaya yang dibutuhkan menggunakan aplikasi. Tentu, hampir tiap aplikasi memiliki perbedaan biaya yang dibutuhkan. Meskipun ada beberapa aplikasi yang hanya terpaut sedikit dalam mengeluarkan biaya, tapi tetap berbeda. Nah, di sini Zoom akan lebih mengeluarkan biaya lebih dibanding dengan Google Meet. Karena di dalam Zoom akan ada biaya tambahan apabila seseorang bergabung dalam rapat lewat telepon. Di sini Google Meet lebih unggul.

Baca Juga  Sekolah bisnis terbaik di Amerika

Ketiga, fitur yang ada di dalam aplikasi. Tentu fitur yang ada di dalam aplikasi akan membawa daya tarik pengguna. Dimulai dari Google Meet yang akan menyediakan beberapa fitur tambahan di dalam aplikasi, seperti Google Calender, Google Drive, Gmail, dan Google Chat.  Kembali di sini terbukti Google Meet lebih unggul dibanding dengan Zoom. Namun, jangan salah sangka, ini baru poin ketiga, masih ada poin ke 4.

Keempat, Zoom lebih mumpuni dibanding dengan Google Meet. Mengapa? Karena tentu saja Zoom difokuskan untuk mewadahi orang-orang yang akan menggunakan ruang virtual. Di dalam Zoom, ada fitur tambahan mengenai dapat mengubah sebuah background agar membuat terlihat di ruang yang sangat rapi. Hal itu menjadi nilai plus dalam aplikasi Zoom tersebut. Maka, pada poin ke-empat ini Zoom bisa dikatakan lebih unggul.

Baca Juga  Salahkah Jika Mahasiswa Naksir Dosen? Bukankah Cinta Itu Fitrah?

Melihat dari empat poin yang disampaikan, kedudukan skor unggul antara Google Meet vs Zoom masih seimbang. Maka, untuk melakukan pertemuan virtual bisa memilih mana aplikasi yang paling nyaman, tepat, dan sesuai kebutuhan. Karena kedua aplikasi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang sudah dipaparkan. Jadi, dengan mengenali hal tersebut akan membantu memilih antara Google Meet atau Zoom.

Related Articles

Back to top button
X