JogjakuWisata

Pesona Keelokan 6 Air Terjun di Jogja

Setelah melewati deretan rutinitas yang kadang terasa begitu menjemukan dan menguras tenaga, berlibur bisa menjadi salah satu pilihan aktivitas menyenangkan untuk kembali menyegarkan pikiran. Merasakan sensasi dinginnya air yang mengusap kulit atau memanjakan pendengaran dengan suara air yang jatuh menghempas bebatuan akan mendatangkan energi baru buat kamu. Jangan khawatir, tak perlu jauh-jauh ke luar kota untuk menikmati kesenangan itu. Jogja memiliki banyak air terjun yang menarik untuk dikunjungi.

1. Air Terjun Watu Jonggol, Kulon Progo

Air Terjun Watu Jonggol
pic : instagram.com/hanjaya_bless/

Eksotisme alam di sekitar Air Terjun Watu Jonggol akan membuat kita berdecak kagum. Hijaunya alam di sekitar air terjun benar-benar memanjakan mata. Suara air terjun yang jatuh menghempas bebatuan di bawahnya akan menjadi kenikmatan tersendiri, khususnya bagi kamu yang memang menyukai hujan. Untuk mencapai Air Terjun Curug Watu Jonggol para pengunjung harus melakukan trekking melewati jalan setapak yang cukup jauh dan curam, namun begitu sampai di lokasi air terjun ini, rasa lelah kamu akan segera terbayar oleh keindahan Air Terjun Curug Watu Jonggol.

2. Air Terjun Jurang Pulosari

JurangPulosari
pic : instagram.com/redjamahendra/

Air Terjun Jurang Pulosari berada di Kabupaten Bantul. Lokasi air terjun ini dikelilingi oleh hutan yang masih asri. Tepat di bawah Air Terjun Jurang Pulosari terdapat kolam cukup lebar. Para pengunjung bisa berenang atau sekedar bermain air di kolam itu.

Baca Juga  Coklat Monggo Rasa Indonesia Kualitas Belgia

3. Air Terjun Banyunibo, Gunung Kidul

Curug Banyunibo
pic : instagram.com/dimaskurnia11/

Banyunibo berarti air yang jatuh. Di Air Terjun Banyunibo terdapat air yang jatuh ke bawah atau biasa disebut air terjun. Air Terjun Banyunibo terdapat di Dusun Batur, Desa Putat, Patuk, Gunung Kidul. Pemandangan apik di sekitar Air Terjun Banyunibo akan membuat setiap pasang mata yang melihatnya sejenak terlena. Hamparan sawah sejauh mata, kicauan burung kecil, merupakan hadiah alam untuk manusia yang tak ternilai.

Baca juga : 5 Wisata Embung di Yogyakarta, Wajib kamu Kunjungi

4. Air Terjun Kedung Pedut, Kulon Progo

Kedung Pedhut Water Canyon
pic : instagram.com/ennoel/

Air Terjun Kedung Pedut terdapat di Dusun Kembang, Desa Jatimulyo, Kecamatan Gilimulyo, Kabupaten Kulon Progo. Air terjun ini jatuh tepat di tengah-tengah dua tebing yang tinggi. Di bawah Air Terjun Kedung Pedut membentang sebuah kolam. Para pengunjung bisa bermain air, bahkan berenang di kolam ini. Hawa yang sejuk akan membuat para pengunjung betah berlama-lama di tempat ini..

5. Air Terjun Sri Gethuk, Gunung Kidul

Air Terjun Sri Gethuk
pic : instagram.com/nurmaputri/

Untuk bisa sampai lokasi Air Terjun Sri Gethuk, para pengunjung harus lebih dahulu naik perahu rakit. Dengan menyusuri aliran Sungai Oya, perahu rakit akan sampai lokasi air terjun. Jernihnya air akan membuat para pengunjuk berdecak kagum. Air Terjun Sri Gethuk tidak langsung jatuh ke bawah, melainkan mengalir lebih dulu di bebatuan karst yang ada di sekitar sungai sehingga menciptakan pemandangan yang sangat cantik.Air Terjun Sri Gethuk terletak di Dusun Menggaron, Desa Bleberan, Playen, Gunung Kidul.

Baca juga : Canting Mas Puncak Dipowono, Surga Kecil di Bukit Menoreh

6. Air Terjun Parangtritis, Bantul

Air Terjun Parangtritis
pic : yukpiknik.com

Pantai Parangtritis selain dikenal dengan pantainya yang landai dan indah, di bagian barat pantai ini juga terdapat sebuah air terjun. Air terjun tersebut mengalir dari sebuah bukit yang menjulang tinggi. Untuk bisa menikmati air terjun ini, pengunjung disarankan untuk datang pada saat musim penghujan, karena Air Terjun Parangtritis hanya bisa dijumpai pada saat musim penghujan.

Ayo tunggu apa lagi! Segera siapkan waktumu untuk mengunjungi air terjun-air terjun tersebut! Biarkan alam menunjukkan kecantikannya!

Resti Dhian

Apa yang saya tulis belum tentu saya | Alumni PBSI UNY

Related Articles

Back to top button
Close
X