Mahasiswa BangetPojok #UNYu

Suka Duka KKN-PPL

Kuliah Kerja Nyata dan Program Pengalaman Lapangan atau biasa disingkat dengan KKN-PPL emang sudah tak asing lagi di telinga mahasiswa pendidikan, apalagi buat mahasiswa pendidikan di UNY. Ya, KKN-PPL merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa S1.

By the way, ada yang tau gak sih perbedaan antara KKN dan PPL? Ini nih, meskipun keduanya sama-sama merupakan program pengabdian yang mengharuskan untuk terjun langsung kelapangan, bedanya KKN untuk pengabdian masyarakat, sedangkan PPL untuk pengabdian pada instansi atau lembaga.

Pelepasan KKN
soure: uny.ac.id / Pelepasan KKN UNY 2015

Bagi yang belum ngrasain KKN-PPL, pasti penasaran gimana ya rasanya? Enak nggah sih? Maka dari itu, kita share suka duka KKN-PPL. Bagi sebagian mahasiswa yang udah ngrasain apa itu KKN-PPL, ini nih dukanya menurut kebanyakan dari mereka.

  1. Kurang koordinasi antar rekan kerja
    Namanya juga manusia, wajar kalau memiliki latar belakang dan pandangan atau pendapat yang berbeda. Nah, ini yang menjadi kunci dalam memupuk kerjasama, harus mengesampingkan ego masing-masing agar program kerja yang sudah dirumuskan berjalan sukses. Wuich, semangat ya!
  2. Program kerja tidak terlaksana dengan baik
    Kurang koordinasi antar rekan kerja juga dapat menyebabkan program kerja tidak terlaksana dengan baik atau bahkan tidak terlaksana. Hal ini juga dapat disebabkan karena kurang persiapan dalam menjalankan program kerja yang sudah dirumuskan bersama. Karena dirumuskan bersama udah pasti jadi tanggung jawab bersama juga ya guys.
  3. Perpisahan
    Pertemuan dalam jangka waktu yang cukup lama tentu akan menghasilkan sebuah kenangan dan inilah umumnya ketika perpisahan dan penarikan kembali mahasiswa dari instansi atau lembaga selalu ada momment haru.

baca juga : Bagaimana Menjadi Guru yang Tidak Biasa?

Tapi ternyata ada banyak sukanya lho,, ! Diantara adalah.

    1. Menambah teman baru
      So pasti tambah teman baru, karena di lapangan, kita tidak hanya bekerja dengan teman satu jurusan aja melainkan juga dengan lain jurusan dan orang-orang baru di tempat kita berada. Disini kita juga menjadi lebih paham bagaimana cara bersikap kepada tiap-tiap orang karena perbedaan karakter.
    2. Mengasah dan memperluas ilmu pengetahuan
      Ilmu pengetahuan selalu berkembang sesuai dengan perkembangan zaman, sehingga jangan kaget saat apa yang diterima di perkuliahan akan sedikit berbeda dengan di lapangan. Ambil hal positifnya saja karena ilmu pengetahuan kita akan bertambah.
    3. Menambah pengalaman
      Tak hanya menambah teman baru dan ilmu, KKN-PPL juga dapat menambah pengalaman, dan tentu manfaatnya bisa dirasakan di kemudian hari.
    4. Mentransfer ilmu kepada peserta didik dan masyarakat
      Ilmu yang bermanfaat adalah ilmu yang ditransfer kepada orang lain. Kita akan merasa senang ketika ilmu yang kita berikan dapat menambah wawasan bagi orang tersebut bahkan ilmu yang kita berikan dapat ditransfer lagi ke orang lain.
    5. Mengerti tentang program yang ada di masyarakat
      Untuk yang satu ini, biasa kita dapatkan saat KKN. Namanya juga pengabdian masyarakat, tentu kita akan mengetahui program apa saja yang umumnya ada di masyarakat. Dengan mengetahui program-program tersebut diharapkan kita mampu menggali potensi yang ada di daerah tersebut dan bersama-sama masyarakat sekitar menciptakan kehidupan yang lebih baik. Kerenkan.

Ya, itulah sekelumit suka duka yang umumnya dirasakan saat KKN-PPL. Setiap orang pasti memiliki kesan dan pengalaman yang berbeda-beda. Bagi yang belum menempuh KKN-PPL, jadi tau kan sekarang hal apa aja yang harus dihindari dan mana yang harus dikembangkan. Semoga bermanfaat.

Baca Juga  Food Court Plaza UNY: Tempat Makan Enak, Nyaman, dan Murah yang Perlu Kamu Coba

awan

Pegawai kantoran dengan skill menulis pas-pasan. Pernah kuliah di jurusan teknik Mesin.

Related Articles

Back to top button
Close
X