KulinerMahasiswa BangetPojok #UNYu

Rekomendasi Kuliner Khas Mahasiswa UNY

Menjadi tempat berkumpulnya para mahasiswa dari berbagai penjuru daerah membuat kampus ramai akan segala macam keperluan sehari-hari. Salah satu di antaranya adalah makanan yang menjadi kebutuhan utama kita. Nah, begitu pun dengan mahasiswa UNY yang memiliki beberapa spot jajanan atau makanan yang menjadi ciri khas mereka. Yuk simak di bawah ini kali aja ada makanan kesukaanmu.

1. Ayam Geprek

Sudah bukan rahasia lagi, makanan satu ini memang murah meriah dan cocok di lidah orang Indonesia apalagi untuk mahasiswa dan anak kos. Harganya yang terjangkau dan cita rasa yang gurih ditambah pedas cabai rawit selalu berhasil membuat para penikmatnya ketagihan untuk datang lagi. Warung makan yang menjual ayam geprek begitu marak di Jogja. Nah, berikut beberapa rekomendasi ayam geprek di area kampus UNY Pusat:

Ayam Geprek Bu Rum

sumber: traveloka.com

Terletak di Jalan Lembah UGM perbatasan UNY dengan UGM. Letaknya yang mudah dijangkau membuat warung ini ramai dan padat pembeli. Konon ayam geprek Bu Rum ini merupakan pelopor menjamurnya ayam geprek di Jogja loh. Kalian bisa request level kepedasan sesuai dengan selera dan kemampuan kalian. Kalau makan di sini nggak usah khawatir kurang kenyang, karena kalian juga diperbolehkan untuk ambil nasi sendiri. Wah senang nggak tuh?

Ayam Geprek dan Susu (Preksu)

sumber: preksu-pusat-colombo-business.site

Di kawasan UNY Pusat warung Preksu terdapat dua tempat yaitu di daerah Samirono tepatnya di selatan kampus UNY dan satu lagi di Deresan sebelah utara UNY. Di sini kalian bisa menemukan berbagai varian menu makan, tapi yang menjadikan warung ini spesial adalah menu andalan mereka ayam geprek dan minuman olahan susu aneka rasa. Preksu menyediakan dua jenis nasi, yaitu nasi putih dan nasi gurih (uduk) dan kalian bisa bebas mengambil nasi asalkan dihabiskan ya. Buat yang tidak bisa makan ayam geprek tenang saja, karena mereka memiliki menu lainnya seperti terong, tahu, dan jamur crispi yang bisa juga digeprek sesuai permintaan kalian loh.

Baca Juga  Tips Lolos Ujian SM UNY

Penyetan Cabe-cabe

sumber: restaurantguru.com

Seperti namanya, menu di sini bermandikan cabai. Terkenal tidak hanya ayam gepreknya saja melainkan ada menu lain yang tidak kalah nikmat seperti ati ampela, lele, telur goreng/mata sapi, tahu dan tempe. Warung yang berada tepat di belakang Fakultas Bahasa dan Seni ini tidak kalah ramai pengunjung saat jam makan tiba.

Penyetan Mas Kobis

sumber: anishidayah.com

Masih seputar ayam geprek, tidak kalah dengan warung lainnya Penyetan Mas Kobis juga memiliki menu andalan ayam gepreknya yang terkenal dengan cita rasa gurih dan pedesnya yang minta ampun. Ada satu menu lagi yang menjadi ikonik penyetan ini tidak lain adalah kol goreng, meskipun kurang sehat tapi menu ini mendapatkan ruang tersendiri bagi penikmatnya.

Warung Bu Wid

Satu lagi warung makan yang terkenal dengan penyetan atau geprekan, yaitu warung Bu Wid. Berada tepat di sebelah barat Fakultas Ekonomi, warung ini tidak kalah ramai pengunjung saat jam makan tiba. Warung Bu Wid memiliki beragam menu mulai dari menu berkuah sampai yang digoreng pastinya. Sambal Bu Wid menjadi daya tarik yang memikat penikmat pedas. Serta ayam geprek dan kawan-kawannya disajikan lengkap dengan lalapan yang tidak pernah gagal memanjakan perut yang lapar.

2. Aneka Olahan Mie

Mie Ayam Goceng

sumber: kumparan.com

Mie Ayam murah meriah ini sama saja dengan mie ayam lainnya, yang menjadi pembeda adalah harganya yang serba 5 ribu saja. Mie ayam yang viral sejak tahun 2019 ini berada di Jl. Gejayan sebelah timur kampus UNY dan ada juga di beberapa tempat seperti di Jl. Kaliurang, Jl. Godean dan Jl. Pentung. Meskipun harganya sangat terjangkau, cita rasa yang disajikan tetap umami dan nikmat.

Mie Gacoan

sumber: visitingjogja.com

Bagi para pecinta pedas kalian wajib coba menu olahan mie di sini. Mie Gacoan menyediakan berbagai varian level mie pedas yang dinamai menggunakan julukan hantu, seperti mie iblis dan mie setan. Mereka menyediakan dua jenis mie, yaitu manis dan gurih. Pembeli dapat memesan mie dengan level kepedasan yang diinginkan mulai dari level 0 sampai level 8. Hati-hati kalau makan mie di sini, karena pedasnya nggak main-main. Tidak hanya menu makanan yang dinamai menggunakan julukan hantu, kalian juga bisa memesan es genderuwo yaitu es buah segar dengan susu kental manis sebagai penawar rasa pedas. Mie Gacoan terletak di Jl. Colombo sebelah selatan kampus UNY tepatnya di sebelah timur Indomaret Point.

Baca Juga  Daya Tampung dan Peminat SNMPTN UNY 2018

3. Soto

Soto FIK

sumber: unycommunity.com

Menu soto ini dijuluki soto FIK karena letaknya yang berada di samping Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) tepatnya di sebelah baratnya. Soto FIK sangat cocok buat kalian pecinta soto dengan kuah yang light dan original. Supaya makan soto lebih nikmat di sini juga menyediakan berbagai lauk tambahan seperti kerupuk, gorengan, sate usus, sate telur puyuh, ati ampela dll. Harganya pun juga bersahabat bagi kantong mahasiswa.

Soto Rembang

sumber: picuki.com

Warung soto yang tidak kalah murah dan nikmat adalah Soto Rembang. Soto ini bukan berasal dari Rembang seperti namanya. Akan tetapi, Rembang di sini akronim dari sarem (garam) dan brambang (bawang merah) yang merupakan bumbu utama soto mereka. Soto Rembang terletak di sebelah utara Fakultas Ilmu Sosial UNY, tepatnya di belakang Bale Bebakaran. Harga soto di sini juga ramah di kantong mahasiswa. Jangan lupa jika kalian makan soto di sini untuk menambahkan sambal terlebih pecinta pedas, karena akan membuat rasa soto lebih nampol dan bikin nagih.

4. Taman Kuliner Karangmalang

Selain menu makan yang ada di warung makan di atas, di area UNY juga terdapat Taman Kuliner. Di sini kalian bisa menemukan berbagai olahan kuliner mulai dari minuman kekinian hingga penyetan dan makanan berat lainnya. Terletak di Karangmalang membuat tempat ini ramai pengunjung karena mudah dijangkau.

Nah, gimana sekarang udah tahu mau makan apa? Semoga informasi di atas dapat membantu kalian buat menentukan menu makanan hari ini ya.

Dika Andri Pradana

Mahasiswa S1 Pendidikan Bahasa Jerman

Related Articles

Back to top button
Close
X