JogjakuKuliner

Rekomendasi Tempat Ngopi di Jogja

Ngopi memang sudah menjadi budaya tidak hanya masyarakat Indonesia tapi juga seluruh dunia. Seiring berkembangnya teknologi dan ilmu pengetahuan, variasi kopi juga semakin berkembang. Kopi yang biasanya hanya dinikmati pada waktu dan oleh kalangan tertentu, kini berubah menjadi trend yang bisa dinikmati oleh siapa saja.

Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi tempat ngopi bagi kalian para penikmatnya.

  1. Angkringan Kopi Jos
foto : Kopi Jos via @kulinerjogja

Tidak hanya terkenal dengan kemeriahan nasi kucing dan wedang jahe, angkrisan juga menawarkan varian kopi yang tidak biasa. Kopi Jos. Kopi ini dibuat dari kopi hitam sama seperti kopi lainnya. Namun, terdapat keunikan yang membuat penikmat kopi ketagihan untuk kembali berkunjung, yaitu dalam cara penyajiannya. Kopi yang sudah disedu dengan air panas kemudian ditambahkan api arang yang masih membara sehingga menimbulkan bunyi „jossss“. Dari reaksi tersebut, kopi ini dikenal dengan sebutan kopi jos.

Kalian dapat menemukan kopi jos ini di sangkringan area Sitisewu atau tepatnya di sebelah utara Stasiun Tugu Jogja. Biasanya mulai pukul 6 sore angkrisan sudah buka. Menu ini dapat kalian nikmati mulai dari Rp 5.000 saja.

  1. Mato Kopi
foto : Mato Kopi via Sahabatpiknik

Dari selatan kita pindah ke sebelah utara. Yep, Mato Kopi. Terletak di Jl. Selokan Mataram, tempat ini sangat digandrungi kawula muda. Mato Kopi memiliki tempat yang luas, sehingga tidak heran kalau saja selalu padat pengunjung. Konsep warung kopi ini adalah lesehan, jadi seperti di rumah sendiri dong. Untuk mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas tidak perlu khawatir karena setiap sudut warung sudah disediakan terminal jadi aman kalau saja laptop atau gadget kita low batt.

Baca Juga  Nyari Seblak Khas Bandung Tapi Sesuai Lidah Jogja? Yuk ke Seblak Mem’s Kitchen aja !

Menu yang ditawarkan Mato Kopi sangat beraman, mulai dari berbagai macam kopi, jajanan pasar sampai makanan berat. Rekomendasi kopi dari warung kopi ini adalah kopasus alias kopi panas susu. Harganya pun ramah di kantong mulai dari Rp 5.000 kalian bisa dengan leluasa menghabiskan malam kalian bersama teman-teman atau keluarga.

  1. Kopi Merapi Jogja
foto : Kopi Merapi Jogja via Tripadvisor

Berjalan sedikit ke arah utara lagi. Kali ini selain menyuguhkan menu kopi, warung kopi ini juga menawarkan pemandangan dan suasana yang anti mainstream. Terletak di Cangkringan, Sleman tepatnya di area wisata lereng merapi, tempat ini memiliki suasana yang tenang, sejuk dan chilling (kalau kata anak millenial).

Kopi Merapi Jogja memiliki bermacam-macam jenis kopi seperti Arabica dan Robusta, Black Coffe maupun Espresso, dan racikan varian kopi lainnya. Selain kopi mereka juga memiliki menu teh dan juga minuman kekinian lainnya.

  1. Kopi Klothok Kaliurang
foto : Kopi Klothok via Travelingyuk

Warung kopi Kopi Klothok Kaliurang merupakan warung kopi yang kental dengan nuansa adat jogja atau jawa. Tempat ini juga sangat aestetik dengan dekorasi lampu hias yang menambahkan suasana syahdu. Jadi cocok buat kalian yang sedang hunting foto buat post di instagram.

Baca Juga  5 Es Krim di Jogja dengan Sensasi Lezatnya yang Menyegarkan

Sesuai namanya, kopi klothok itu sendiri adalah menu andalam dari warkop ini. Di samping itu, kalian bisa juga mendapati menu makanan berat sekaligus camilan sebagai teman minum kopi dan sajian makanan tradisional lainnya.

  1. Filosofi Kopi Jogja
foto : Filosofi Kopi Jogja via Majalan Ottencoffe

Mungkin buat para penikmat kopi, tempat ini sudah tidak asing lagi, Filosofi Kopi Jogja. Namanya terkenal berkat filmnya yang booming. Terletak di Ngaglik, Sleman warung kopi Filosofi Kopi Jogja menyuguhkan konsep sederhana joglo khas Yogyakarta dan terkenal dengan nuansa outdoor sehingga tidak memerlukan penyejuk ruangan. Di sini kalian juga dapat menikmati nuansa taman dengan hiasan lampu hias yang dapat menambahkan kenikmatan menghabiskan secangkir kopi.

Menu yang paling rekomendasi dan dipesan banyak pengunjung adalah ice coffe latte dan cappuccino.

Jadi gimana apakah kalian sudah menentukan pilihan dimana akan menghabiskan liburan weekend ini guys?

Dika Andri Pradana

Mahasiswa S1 Pendidikan Bahasa Jerman

Related Articles

Back to top button
Close
X