Pojok #UNYuTips

Sambut Kegamanganmu di Usia 20 Dengan Langkah Berikut

jobs1

Pertambahan usia biasanya dibarengi dengan berbagai harapan-harapan dan doa-doa yang meluap ke angkasa. Terlebih jika pertambahan usia sudah mengetuk pintu 20 dan sekitarnya. Berbagai kegamangan seringkali muncul tak terhindarkan. Kamu hanya perlu menyambut itu semua dengan melakukan langkah berikut ini.

1. Syukur Tiada Tara

Tidak ada alasan untuk tidak bahagia dan selalu bersyukur atas nikmat Tuhan. Kamu harus menyuburkan rasa syukur itu agar kebahagiaanmu pun menjadi manis berkali lipat rasanya. Dan setelah itu, lanjutkan hidupmu dengan penuh warna.

 2. Sampaikan Asamu pada Tuhan

Sampaikan asamu kepada Tuhan melalui doa terkudus yang khusyu’. Hari-hari ke depan adalah misteri dan tantangan yang harus kamu taklukan dengan caramu sendiri dan tentu saja tidak terlepas dari campur tangan Tuhan. So, jangan gamang pada misteri usia 20 di depan jika kamu sudah punya Tuhan di relung hatimu terdalam.

Baca Juga  Pentingnya Membeli Asuransi Kesehatan bagi Keluarga Kita

 3. List Prioritas Impianmu

Kamu muda, bersinergis, harmonis, dan memiliki impian menawan. Silakan kamu list dahulu prioritas impianmu. Pastikan tidak ada satu pun impian yang kamu tanggalkan. Genggam dulu impian itu dan yakini sepenuh hati bahwa semua impianmu akan dikabulkan Tuhan dengan berbagai jalan. Keyakinan tersebut yang akan mendorongmu untuk bangkit dan keluar dari kegamangan di usia 20 dan sekitarnya.

4. Keluar dari Zona Nyaman

Zona nyaman menjadi kendali diri yang kadang membinasakan. Hal ini sesungguhnya sering lewat dari pengamatanmu. Usia 20 dan sekitarnya bukan lagi usia fase nyamanmu. Kamu harus melakukan perubahan dari segi sikap dan perilaku di bidang akademik, karier, dan yang lebih memikat misalnya pandangan tentang teman hidup. Penting lho, ya agar pandanganmu tidak terkungkung di satu fokus tertentu saja. Ada pencapaian lain di luar sana yang tidak harus kamu raih dalam waktu dekat memang, tapi minimal mesti kamu pikirkan dari sekarang.

Baca Juga  Kunamai Kau Dengan Rindu

 5. Perbaiki dirimu menjadi lebih baik

Bagimu yang di usia 20 tahun dan sekitarnya sedang dilanda hebat tentang perkara teman hidup yang tak kunjung datang, tenanglah. Tuhan sudah menyiapkan yang terbaik untukmu. Kamu hanya perlu berupaya untuk terus memantaskan diri dengan jalan memperbaiki diri sepanjang waktu.

 Masih gamang, gaes? Tidak perlu lho, sebenarnya. Nikmati sajalah.

Dy Zhisastra

Saya menyayangi mereka yang menyayangi saya | Pegiat Sastra Universitas Negeri Yogyakarta

Related Articles

Back to top button
Close
X