intip JurusanPojok #UNYu

Selayang Pandang Program Studi PJKR UNY

Hai Sobat UNYu! Bagaimana kuliah daringnya? Menyenangkan atau malah merepotkan? Semoga tetap selalu dimudahkan dalam menuntut ilmunya ya. Kali ini kita mau membahas tentang program studi lagi nih. Program studi yang satu ini sepertinya banyak diminati oleh calon mahasiswa baru. Program studi yang masuk dalam rumpun Saintek ini, memiliki animo pendaftar di tahun 2019 kemarin sebanyak 1.204 calon mahasiswa baru, dan hanya memiliki kuota sebanyak 200. Wah lumayan juga ya persaingannya.

foto : instagram.com/pjkrb_uny19

Nah program studi ini bernama Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi atau biasa disebut PJKR. PJKR ini berada dibawah naungan jurusan Pendidikan Olahraga dan masuk ke dalam Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK). Iya-iya fakultas yang biasanya jadi ceng-cengan mahasiswa fakultas lain karena punya banyak atlet. Ada 3 syarat utama yang harus dipenuhi calon mahasiswa baru untuk masuk ke program studi ini. Yang pertama, program studi ini merupakan program studi dengan portofolio keterampilan. Jadi kalian harus memiliki portofolio tentang keolahragaan tentunya. Yang kedua, tidak buta warna. Jadi karena program studi ini mencakup kesehatan juga, maka diwajibkan untuk tidak buta warna, supaya tidak kesulitan juga dalam menjalani proses perkuliahan. Yang ketiga, memiliki tinggai badan minimal untuk putra 160 cm dan untuk putri 155 cm. Kalo yang satu ini, seluruh program studi di FIK memang harus memiliki tinggi badan minimal sih.

Visi program studi PJKR ini adalah terciptanya tenaga pendidikan jasmani dan olahraga yang unggul secara moral, fisik, intelektual, mental, dan sosial. Misi program studi PJKR ini adalah menyelenggarakan proses pendidikan dan penagajaran yang mendukung penguasaan ilmu dan keterampilan dalam bidang pendidikan jasmani dan olahraga; menyelenggarakan penelitian dalam bidang pendidikan jasmani dan olahraga yang mendukung pengembangan bidang pendidikan jasmani dan olahraga; menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang mendukung pengembangan dan sosialisasi bidang pendidikan jasmani dan olahraga; mengembangkan IPTEK dalam pendidikan dan pengajaran; menumbuhkan suasana akademis yang kondusif dalam berbagai kegiatan yang bersifat akademis; mengembangkan serta menjaga nilai, etika, dan oral akademis; meningkatkan kesejahteraan dosen dan karyawan melalui berbagai kegiatan sosial dan kerjasama dengan pihak lain; dan mengembangkan kemampuan mahasiswa melalui berbagai kegiatan penalaran, minat, bakat, dan kesejahteraan.

Baca Juga  Tipe-tipe Mahasiswa yang Datang ke Perpustakaan

Kalau kuliah di program studi PJKR apa aja sih yang dipelajarin? Mata kuliah yang dipelajari pada program studi ini juga beragam, mulai dari mata kuliah keprodian yang materinya tentang seluk beluk keolahragaan dan mata kuliah kependidikan yang materinya tentang keguruan. Selain itu, mahasiswa program studi ini memiliki segudang prestasi keolahragaan, beberapa diantaranya adalah rugby, tenis lapangan, dan atletik. Nah yang paling banyak ditanyain nih, kalau lulus jadi apa? Kebanyakan menjadi guru olahraga di SMP, SMA, dan SMK. Buat kalian – kalian yang suka olahraga atau pengen jadi guru olahraga bisa banget nih masuk program studi PJKR UNY!

Related Articles

Back to top button
Close
X