Setelah Menjadi Mahasiswa Baru Masih Bingung Apa Yang Harus Dilakukan? Simak Tips Jitu Ini! | UNY COMMUNITY
Home / Mahasiswa Banget / Setelah Menjadi Mahasiswa Baru Masih Bingung Apa Yang Harus Dilakukan? Simak Tips Jitu Ini!

Setelah Menjadi Mahasiswa Baru Masih Bingung Apa Yang Harus Dilakukan? Simak Tips Jitu Ini!

Setelah menempuh jenjang SMA tentu banyak dari para alumnus tersebut yang sekarang menyandang gelar sebagai Mahasiswa, yakni melanjutkan pendidikan pada Perguruan Tinggi. Maha-Siswa. Sebenarnya apa sih definisi dari Maha-Siswa? Pengertian mahasiswa menurut KBBI adalah seseorang yang menuntut ilmu di perguruan tinggi. Di dalam dunia pendidikan, status mahasiswa adalah status tertinggi seorang murid di dunia pendidikan. Wah, keren dong ya, guys? Eits, tapi tunggu dulu. Beban yang diampu sebagai seorang mahasiswa ini juga semakin berat loh! Hehehe. Nah untukmu yang baru saja menyandang gelar kebanggaan sebagai mahasiswa bisa dibaca tips-tips jitu sebagai “Maba” atau Mahasiswa Baru. Penasaran? Mari kita simak!

  1. Memperdalam Pengetahuan tentang Program Studi yang Kamu Pilih.
(Source: www.newkidjoy.com)

Hukum memperdalam tentang program studi yang kamu tekuni ini adalah wajib, guys. Mengapa seperti itu? Tentu saja wajib, karena pada saat pertama kali masuk tentu sudah dimulai start perkuliahan yang mau tak mau mengharuskan seorang mahasiswa baru harus mengetahui sebagian kecil pengetahuan dari program studi yang dipilih. Menjadi mahasiswa bukan lagi banyak basa-basi, bukan banyak perkenalan ketika awal pembelajaran. Namun, biasanya langsung menjurus materi tanpa ampun. Wah, maka dari itu sebelum dimulainya perkuliahan kalian sedikit demi sedikit harus belajar dari studi yang kamu pilih guys. Jangan sampai tidak bisa menjawab ketika Dosen bertanya. Tentu akan tengsin berat. Ya to? Hehehe.

  1. Mengenali Tipikal Dosen yang Mengajar Mata Kuliahmu.
(Source: www.duniadosen.com)

Dosen. Dalam dunia perkulian tentu tidak asing mendengar kata Dosen. Dosen adalah salah satu sumber ilmu dari Mahasiswa. Dimana mereka dibebaskan menggali pengetahuan yang ada pada dosen sehingga mahasiswa mampu mengembangkan pengetahuan yang sebelumnya belum dimilki. Bagi mahasiswa baru tentu harus mengenali setiap Dosen yang mengajar. Karena setiap dosen akan memberikan peraturan dalam mata kuliah yang diampu beliau dengan peraturan berbeda dengan dosen lainnya. For example, ada dosen yang memperbolehkan terlambat 15 menit sewaktu dimulai perkuliahan. Tetapi ada juga dosen yang tidak. Nah untuk mengantisipasi hal tersebut, kenali dosenmu dan jangan sampai salah taktik! Hehehe.

  1. Kembangkan Relasi Pertemanan.
(Source: www. plus.google.com/104536450189965290524)

Teman kuliah bukan hanya yang berada di dalam jurusanmu saja. Namun seluruh yang tergabung dalam universitas adalah teman kuliah. Entah dari fakultas apa dan jurusan apa. Semakin banyak kamu mendapatkan relasi pertemanan, kamu akan semakin dimudahkan ketika kamu membutuhkan seperti informasi atau bantuan lainnya. Dan bahkan adaa mata kuliah umum yang materinya sama dengan jurusan lain sehingga jika kamu tidak jelas kamu mungkin bisa berdiskusi dengan mereka yang berbeda jurusan. Asyik bukan?

  1. Ikutilah UKM atau Organisasi yang berada di Kampus.
(Source: www. international.iscparis.com)

Mengikuti UKM atau Organisasi juga akan menambah relasi pertemananmu. Namun yang paling penting, di UKM atau organisasi inilah kamu akan mendapatkan teman yang mempunyai satu kesamaan denganmu. Dengan merek kamu mungkin bisa mengembangkan bakat dan menggalinya lebih dalam supaya suatu saat bakatmu bisa menjadi prestasi yang membanggakan.

  1. Mencari Informasi Beasiswa
Baca Juga  Alasan Kenapa Mahasiswa Sastra Indonesia Bisa Jadi Pasangan yang Istimewa
(Source: www.BisnisLiputan6.com)

Hal ini tentu tak kalah penting bagi kamu Mahasiswa Baru para “Scholarship Seeker”. Beasiswa yang tentu banyak menjadi incaran sekian ribu mahasiswa ini tentu mempunyai kuota terbatas. Nah, untuk menanggulanginya kamu dapat melakukan hal-hal penting seperti selalu up to date beritadari kampus maupun pengumumanpengumuman lainnya. Namun, jika kamu telat tentu akan menjadi hak milik mahasiswa lain. Lumayan kan dapat beasiswa, itung-itung penambah semangat kuliah, guys.

  1. Update Perlombaan Sesuai Potensi Minat Bakatmu.

 

(Source: www.pandarin.net)

Perlombaan yang terdapat di Universitas sangatlah beragam banyaknya. Untukmu Mahasiswa Baru, sering-seringlah mencari informasi lomba sesuai bakatmu. Karena jika kamu mengikutinya apabila mendapat kejuaraan tentu namamu akan menjadi terkenal dan tak kalah menariknya kamu akan mendapat “Prestasi Mahasiswa” yang setiap tahun akan mendapat penghargaan khusus dan akan mendapat nilai tambah bahwa kamu memiliki potensi. Wah! Gimana? Kurang greget apa sih, guys?

Nah, tips-tips diatas hanya merupakan sekelumit diantara banyaknya hal-hal yang perlu kamu lakukan ketika menjadi Mahasiswa Baru. Dan jangan lupa ketika perkuliahan sudah dimulai, jalani dengan Semangat, Penuh Doa, serta Tidak Mudah Menyerah. Siap menjadi Mahasiswa Baru yang Membanggakan, guys? Selamat berjuang! Dunia yang sebenanrnya akan dimulai! With love inside.

About Diah Ayu KW

Mahasiswa tingkat empat jurusan Manajemen Pendidikan yang mencoba peruntungan menjadi seorang penulis.

Check Also

Ini Dia Surga Berbelanja Jilbab Di Jogja Harga Mahasiswa Banget!

Assalamualaikum para mahasiswi muslimah pemburu hijab beserta segenap accesorries-nya! Sudah awal bulan nih! Ada niat …