Pojok #UNYuUNY Banget

Tentang Hotspot Yang Bernama YSU

Mahasiswa UNY pastinya sudah hafal dengan yang namanya “YSU”. Bukan sebagai singkatan dari Yogyakarta State University, tapi lebih pada nama hotspot milik UNY (yang sebenarnya juga diambil dari singkatan nama kampus dalam bahasa inggris). Hotspot yang terkenal memiliki kecepatan download yang memuaskan menurut para mahasiswa yang memiliki hobi berselancar di dunia maya.

hospotuny

Walau saat ini YSU dirancang hanya cepat di spot-spot tertentu seperti gazebo masing-masing fakultas, area dekanat, dan beberapa titik khusus lainnya, tapi menikmat internet gratis tidak merasa keberatan akan hal tersebut. “Yang penting koneksi kenceng.” Begitu terang salah satu mahasiswa yang pernah saya temui di area dekanat FIS UNY. Sekumpulan mahasiswa yang sedang asyik berselancar dengan internet tentunya.

Baca juga : 5 Fakta di Balik Ketegaran Mahasiswa Perantau

Benar juga, saat saya berada di area GOR UNY dan sedang iseng mengaktifkan wifi, ternyata GOR termasuk pada area free wifi kampus dengan koneksi yang cukup memuaskan. Setidaknya dalam beberapa menit saja saya bisa mengunduh banyak lagu dari internet hehehe.

Begitulah keuntungan jika berkuliah di UNY. Dengan mendaftarkan satu gadget yang kita miliki, kita dapat menggunakan fasilitas hotspot dengan gadget tersebut. Tanpa harus khawatir “lola” seperti pengalaman beberapa waktu sebelumnya. Hal tersebut juga menjadi bukti bahwa para teknisi yang mengurusi jaringan internet di UNY bekerja sebagaimana mestinya dan selalu memaksimalkan pelayanannya untuk memperbaiki kualitas jaringan internet di UNY. Walaupun, masih sering terjadi “server down” saat banyak mahasiswa mengakses beberapa situs di waktu yang bersamaan seperti web UNY atau Siakad. Itulah PR besar bagian yang bertanggungjawab mengurusi permasalahan tersebut.

Baca Juga  Asrama UNY Kampus Wates? Ini Lho 4 Keunikannya

Ya, teknologi bukan lagi sebuah hal baru di masyarakat saat ini. Mau tidak mau menerima, teknologi memang sudah ada di sekitar kita. Bisa dikatakan teknologi adalah bagian dari kebutuhan utama manusia. Sandang, pangan, papan, dan teknologi. Begitulah kenyataan yang tak bisa terbantahkah di dunia modern dan serba digital saat ini. Maka, sudah sepatutnya layanan teknologi yang berhubungan dengan proses pencapaian informasi semakin diperbarui dan diperbaiki. Mengingat, kebutuhan manusia akan teknologi selalu berkembang.

baca juga :  Tipe mahasiswa seperti apa kamu ???

Salah satu bukti dari pemaksimalan layanan adalah dengan banyaknya area free hotspot yang tersebar di ratusan ribu titik di Indonesia. Mulai dari area publik, rumah sakit, sampai dengan institusi pendidikan seperti sekolah dan universitas. Hal tersebut cukup menunjukkan bahwa ada upaya masyarakat Indonesia untuk terus maju (walau memang cukup tertinggal dari negara lain di bidang teknologi). Begitulah teknologi, semakin berkembang dan menuntut manusia untuk selalu update agar tak tertinggalan. Berbicara masalah teknologi, nggak lucu juga kan kalau HP malah dengan segudang kegunaannya tapi tak bisa menggunakan secara maksimal? Termasuk juga dengan hotspot kampus. Nggak lucu kan kalau hotspot kenceng tapi mahasiswa UNY nggak tahu bagaimana cara memanfaatkan fasilitas yang disediakan oleh kampus tersebut? Heheheh

Baca Juga  Tips Hari Pertama Kencan dengan Pasanganmu

Libriana Candra

Mahasiswi Pendidikan Sosiologi |Menulis, Backpacking |amarisdaren.blogspot.com

Related Articles

Back to top button
Close
X