Tim PKMM Gamelan Literasi UNY Ciptakan Inovasi Baru Berantas Buta Aksara | UNY COMMUNITY
Home / Kabar Kampus / Tim PKMM Gamelan Literasi UNY Ciptakan Inovasi Baru Berantas Buta Aksara

Tim PKMM Gamelan Literasi UNY Ciptakan Inovasi Baru Berantas Buta Aksara

Tingkat buta aksara di Kabupaten Gunungkidul masih tergolong tinggi, khususnya di Kecamatan Semin. Rerata usia penyandang buta aksara di wilayah tersebut adalah 45-60 tahun. Hal tersebut, terjadi karena interaksi literasi masyarakat tersebut masih tergolong yang masih rendah yang hanya didapatkan ketika duduk di sekolah rakyat.

Melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), lima mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta yaitu Hanna Taqiyya Maudi (Pendidikan Luar Sekolah/2014), Sri Wulansari (Pendidikan Luar Sekolah/2014), Refiena Nur (Pendidikan Luar Sekolah/2015), Wisnu Prawijaya (Teknologi Pendidikan/2015), dan Aji Saputra (Pendidikan Bahasa Jawa/2015) serta dosen pendamping, Fitta Ummaya Santi, M.Pd membuat sebuah program pemberantasan buta aksara. Program ini digagas atas dasar kepedulian sosial dan untuk mendukung Gerakan Indonesia Membaca (GIM). Program tersebut bernama Gamelan Literasi.

Baca Juga  Mahasiswa UNY Raih Juara Harapan 2 Di PSPC ITS 2017

Gamelan Literasi menjadi sebuah inovasi baru dalam upaya pemberantasan buta aksara. Konsep program ini mengkolaborasikan antara proses pembelajaran dengan kebudayaan lokal yaitu gamelan. Diawali dengan melihat notasi dan teks lancaran gamelan kemudian mendengarkan bunyi lancaran disertai dengan bermain galeman. Terakhir, menulis kembali notasi dan lancaran dengan pendampingan dari tim. Berbekal semangat lancar ing aksara, lestari ing budaya, tim berharap dapat memberantas buta aksara dan melestarikan kebudayaan yang ada di masyarakat yaitu gamelan.

Dalam acara Bantul Expo 2017 program ini mendapat sambutan hangat dan dukungan penuh dari Ketua Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) DIY ,Bambang Nursinggih S.Sn. “Program ini bagus dan seharusnya dikembangkan untuk seluruh wilayah di Indonesia seperti Kalimantan, Sumatra, Sulawesi dan daerah lainnya.”. Ia juga berharap agar program ini dikembangkan dengan media yang lainnya seperti angklungdi Sunda.

Baca Juga  Mahasiswa FMIPA UNY Juara I LKTI Nasional Agrofest UPI 2016

Kesuksesan program Gamelan Literasi dapat dicapai jika seluruh stakeholder dan bersinergi. Saat ini, Tim Gamelan Literasi UNY sedang menjalin kemitraan dengan berbagai pihak seperti Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Mitra Ilmu, Himpunan Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah (HIMA PLS), dan Wirawisata Goa Pindul. Kedepannya akan bekerja sama dengan perpustakaan daerah, Forum Taman Baca Masyarakat (FTBM), Kampung Literasi, dan GPMB DIY.

Hemat penulis, Gamelan Literasi menjadi inovasi baru memberantas buta aksara dengan memadukan kebudayaan lokal. Program ini mampu memberikan dukungan nyata kepada pemerintah dalam menyukseskan GIM sehingga tidak ada lagi warga buta aksara di Indonesia. Salam literasi!

Penulis : Wisnu Prawijaya mahasiswa jurusan Teknologi Pendidikan UNY

Baca Juga  Mobil Formula Garuda 16 UNY Siap Berlaga di Student Formula Japan

About admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Check Also

UKMF Sekrup FMIPA Pentas Raya Tahun 2017

🎊👺 ZETAN 👺🎊 Hai semua ✋ Selamat pagi, selamat siang, selamat sore dan selamat malam …