Tipe-tipe Dosen Serta Cara Menghadapinya | UNY COMMUNITY
Home / Mahasiswa Banget / Tipe-tipe Dosen Serta Cara Menghadapinya

Tipe-tipe Dosen Serta Cara Menghadapinya

1. Dosen Biasa (Normal)
Yap, Dosen yang satu ini biasa-biasa aja. Kalo ke kampus kadang telat kadang juga tepat waktu. Kadang ngasih kuis sama tugas. Kalo berhalangan hadir ngasih kabar dulu ke komtingnya. Pokoknya cara ngajarnya masih selayaknya seorang Dosen. Misalkan waktu ujian, kamunya belajar dengan benar terus bisa ngejawab kamunya dapat nilai A. Tapi kalo kamunya malas-malasan trus nggak bisa jawab pas ujian ya kamu bakalan dapat nilai E.

Cara Menghadapinya : Belajar yang benar kalo bisa sih aktif dikelas. Jangan sering gak masuk kuliah

2. Dosen Militer
Oke kalo Dosen yang ini sangat mengedepankan kedisiplinan. Bagi dia kedisiplinan adalah segala-galanya. Telat 1 second aja tidak diizinkan. Kalo telat bakalan kenak hukuman yang berat. Entah itu disuruh push-up, jalan jongkok, atau sikap lilin, lompat kodok, joget oplosan, macam-macam deh. Kalo ngajar sangat serius. Tatapan matanya bagaikan elang yang sedang mengincar mangsanya. Kehadiran 100% tidak boleh bolong satu hari pun. Tugas juga harus dibuat nggak boleh ada yang nggak kumpul.

Baca Juga  Lagu Pop Indonesia Setelah Sephia yang Berwarna Sephia yang Lain

Cara Menghadapinya : Mahasiswa harus lebih keras dalam belajar. Belajar kedisiplinan terutama. Mengerjakan semua tugas yang udah diberikan, serta jangan sering cabut. Hehehe..

3. Dosen Nyentrik
Ini Dosen punya ciri khasnya sendiri. Biasanya Dosen yang tipe seperti ini yang paling banyak diingat oleh Mahasiswanya. Dosen ini memiliki ciri khas yang sangat aneh. Baik itu dari segi kelakuan maupun penampilannya. Misalnya kayak dikampus aku. Ada Dosen kalo lagi ngajar dikelas suaranya tuh kecil banget nyaris tak terdengar masih kalah sama suara teriakan semut. Ada juga dosen yang fanatik dengan bola, Dosen yang kemana-mana suka bawak boneka santet. Padahal dia bapak-bapak. Dan masih banyak lagi.

Baca Juga  Taman Ki Hajar Dewantara UNY Sebagai ‘Payung Teduhnya’ Mahasiswa

Cara Menghadapinya : Pelajari terus ciri khas serta gerak-geriknya. Dengan begitu kamu akan dapat informasi terus gunakan itu sebagai keuntungan kamu

4. Dosen Ninja
Dosen ini punya tipe yang suka ngilang-ngilang misterius gitu terus tiba-tiba ada. Misalnya pas hari pertama dia datang ngajar dikelas ngejelasin apa-apa aja yang bakal dipelajari di mata kuliah dia dengan secara singkat. Setelah itu dia bakal ngebagiin modul untuk dikerjakan. Minggu-minggu setelahnya kadang dia datang kadang nggak. Kalo pun dia nggak datang, nggak ada kabarnya. Nah pas waktu ujian tiba, kamu bakal belajar seadanya saja dari buku. Karena kamu ama teman sama-sama nggak ngerti gara-gara si Dosennya suka ngilang kayak ninja. Alhasil kamu bakalan nerima nasib aja sama nilainya.

Cara Menghadapinya : Pertajam penglihatan dan pendengaran. Agar dapat menangkap informasi. Waspada terhadap serangan balik. Loh?

5. Dosen Killer
Hampir sama dengan Dosen Militer. Disiplin adalah harga mati bagi dia. 5 menit sebelum kelas dimulai beliau udah on time dengan baju rapi lengkap dengan spidol ditangannya, papan tulis bersih, serta proyektor yang udah menyala. Kemudian setelah waktunya tiba dia mulai mengabsen satu-persatu Mahasiswanya. Kalo telat 5 menit saja maka tamatlah sudah. Ketika mengajar Dosen dengan tipe ini sangatlah serius penuh dengan konsentrasi.
Semua Mahasiswa tampak memperhatikan sambil berusaha menghindari tatapan langsung mata beliau, takut disuruh maju kedepan soalnya. Suasana dikelas hening tidak ada satu pun Mahasiswa yang berani mengobrol apalagi nari tor-tor dikelas. Jika ada Mahasiswa yang berani tidur dikelas, udah dapat dipastikan Mahasiswa tersebut bakal dicerca, diserang, dibombardir oleh sejumlah pertanyaan yang sangat sulit.

Baca Juga  Tips Menghadapi OSPEK bagi Mahasiswa Baru

Cara Menghadapinya : Pasrah, banyak-banyak berdoa, tawakal, serta jangan banyak bertingkah. Ikutin prosedur aja.

sumber : ngehekal.blogspot.com

About admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Check Also

Lowongan Guru Sekolah Eka Tjipta

Sekolah Eka Tjipta merupakan sekolah yang dikelola oleh Eka Tjipta Foundation (ETF) di lokasi perkebunan kelapa …