Pojok #UNYuTips

Cara Memilih Perguruan Tinggi yang Recommended

Di era yang serba modern ini, banyak sekali remaja yang sudah beranjak dewasa memutuskan untuk melanjutkan studi mereka ke jenjang yang lebih tinggi. Tak sedikit yang berbondong-bondong membanjiri perguruan tinggi di seluruh dunia, baik itu perguruan tinggi negeri atau PTN maupun perguruan tinggi swasta atau PTS. Meski seperti yang kita tahu bahwa di dunia ini jumlah PTS lebih banyak dari pada jumlah PTN. Namun, peminat para calon mahasiswa yang ingin melanjutkan studinya memilih untuk memprioritaskan dirinya untuk masuk di PTN. Selain beberapa peminat PTN memilih perguruan tersebut karena kualitasnya, biaya yang dikeluarkannya pun relatif terjangkau dibanding beberapa universitas swasta ternama di dunia.

sma-430x247

Tapi bukan berarti PTS memiliki kualitas yang kurang bagus. Banyak sekali PTS yang sudah menelurkan banyak alumninya menjadi orang yang sukses. Banyak PTS juga memiliki fasilitas dan kualitas yang recommended yang terkadang dapat mengalahkan kualitas dan kuantitas PTN. Lalu, bagaimana cara kita menyeleksi, memilih, dan memilah perguruan tinggi yang recommended dan dengan biaya yang terjangkau? Gampang saja. Pertama yang harus dilakukan adalah akreditasi. Tak hanya akreditasi perguruan tingginya, tetapi juga akreditasi tiap-tiap fakultas yang dimilikinya. Itu akan sangat membantu kita dalam menilai kualitas suatu perguruan tinggi. Setelah itu, apa lagi yang harus dipertimbangkan? Dilihat seberapa besar peran dan kualitas alumni dalam perguruan tinggi tersebut.

Baca Juga  Mengintip Jurusan Paling Banyak Dihiasi Kaum Hawa Di Fakultas Teknik UNY

Selanjutnya, kita dapat melihat dalam situs webometric atau 4icu sebagai situs peringkat perguruan tinggi se-dunia. Nah, dari situs itu, kita bisa mempertimbangkan perguruan tinggi negeri atau swasta mana yang bagus dengan biaya yang relatif terjangkau. Untuk lebih lanjut, kita bisa mencari beberapa informasi di situs perguruan tinggi yang akan kita tuju, termasuk informasi tentang biaya kuliah dan praktek, dan informasi tentang fasilitas yang disediakan oleh pihak kampus untuk menunjang kemajuan mahasiswanya dalam mengembangkan potensi dirinya. Suatu perguruan tinggi akan terlihat hidup jika mahasiswanya aktif dalam kegiatan organisasi, sosial, maupun internasional. Tak hanya itu, softskill yang dimiliki mahasiswa di suatu perguruan tinggi juga bisa mempengaruhi kualitas dan kuantitas suatu perguruan tinggi. Nah itulah beberapa pertimbangan untuk memilih perguruan tinggi yang akan dituju.

Baca Juga  Membidik Masa Depan Bersama Prodi Teknologi Pendidikan UNY

awan

Pegawai kantoran dengan skill menulis pas-pasan. Pernah kuliah di jurusan teknik Mesin.

Related Articles

Back to top button
Close
X