Tips Hari Pertama Masuk Kuliah bagi Mahasiswa Baru | UNY COMMUNITY
Sunday , 18 November 2018
Home / Mahasiswa Banget / Tips Hari Pertama Masuk Kuliah bagi Mahasiswa Baru

Tips Hari Pertama Masuk Kuliah bagi Mahasiswa Baru

Selamat kepada dedek-dedek maba yang telah selesai menjalankan kegiatan ospek. Dan selamat datang di kampus kami. Semoga menjadi pengalaman yang menyenangkan ya dek. Setelah menjalani ospek kan kamu bakal memulai langkah awal menjadi mahasiswa, yup yaitu kuliah. Jika kamu tidak memiliki kakak atau saudara yang kuliah, mungkin kamu akan bingung bagaimana sih hari pertama masuk kuliah? Apa saja yang harus dilakukan? Nah berikut tips untuk kamu dedek maba saat hari pertama masuk kuliah.

1. Jangan datang terlambat

  Jangan datang terlambat

Kamu kan masih maba, masa’ iya sih berani masuk terlambat? Berasa nggak sopan kan? Kalau dari awal masuk udah terlambat, bakal lebih mudah dihafali dosen lho. Kan kamu baru menempuh semester satu nih, usahakan jangan datang terlambat ya. Intinya menghormati bahwa kamu masih maba, jadi sudah sepantasnya kamu menaati peraturan yang ada.

Baca Juga  Etika Mengirim PESAN yang Baik Kepada Dosen

2. Pakailah pakaian yang sopan

pakaian kuliah

Walaupun menjadi mahasiswa itu sudah tidak memakai seragam seperti saat sekolah dulu, tetapi saat di kampus juga ada aturan mengenai pakaian yang sebaiknya dipakai lho. Yup, pakailah pakaian yang berkerah dan memakai sepatu. Jangan coba-coba pakai kaos oblong dan sandal, bisa jadi kamu akan dikeluarkan dari kelas. Yang penting atasanmu berkerah ya dek, jangan pakai celana yang robek-robek juga sekalipun itu lagi menjadi trend masa kini. Dedek maba udah paham kan maksudnya pakaian yang sopan gimana hihi dedek maba pinter kok.

baca juga : Pilihan Rasional Mahasiswi UNY Dalam Berpakaian

3. Waktu istirahat, berbaurlah dengan temanmu

IMG_20160405_202008_HDR
pic : ukmpenelitianuny.org

Walaupun saat ospek kamu juga udah punya kenalan teman banyak, tetapi kan belum tentu temanmu saat ospek itu juga menjadi temanmu di kelas sekarang? Maka kamu juga harus memulai perkenalan lagi seperti saat opsek dulu. Kamu wajib kenal dengan teman angkatanmu, setidaknya pernah kenalan dulu deh, perkara besok lupa atau nggak itu urusan belakang. Namanya juga baru pertama kali ketemu, akan terasa sulit memang menghafal teman angkatan satu per satu. Tapi tenang aja, semakin berjalannya waktu dan seringnya kalian bertemu di kelas, itu akan memudahkan mengingat nama dan ciri-ciri dari temanmu. Oh ya, jangan lupa minta nomor telponnya ya. Kalau mau buat grup angkatan juga boleh. Misal buat grup di aplikasi LINE juga menjadi ide yang menarik.

Baca Juga  Tanda-Tanda Kekasihmu Minta Putus

4. Jelajahi kampusmu

Peta-UNY_0_0-1024x758

Nah kalau pas lagi istirahat atau pas pulang kuliah hari pertama, kamu bisa tuh jelajahi kampusmu. Sekadar jalan-jalan aja keliling kampus. Udah, nggak perlu kakak tingkat sebagai pemandunya. Kamu jalan-jalan aja bersama teman-temanmu. Telusuri tiap ruang demi ruang. Nanti kan juga ada tulisannya, ini ruang apa, itu ruang apa. Yang penting tetap jaga sikap. Jangan asal masuk di suatu ruangan ya hihi.

5. Ke kantin, cobain makanan favorit

e936ed65f7b1108f1448b4995f7aa9a6

Selain jelajah ruang kampus, kamu juga wajib jelajah kantin kampusmu. Nyamankah kamu di kantin tersebut? Punya sebutan apa kantin tersebut? Kamu bisa tanya-tanya ke ibu kantinnya. Jangan lupa kamu harus cobain makanan favorit di kantin kampusmu. Pastinya ada kan ya makanan yang biasa dipesan mahasiswa? Nah kamu juga bisa tuh cobain dulu. Kira-kira cocok enggak buat kamu. Hihi.

Baca Juga  Definisi Kesuksesan Akan Makin Sederhana Saat Fasemu Berada di Seperempat Abad Usia

Nah dedek-dedek maba, sudah siapkah kamu menempuh kuliah di kampus kami? Selamat datang dan semangat meraih prestasi ya!

About Bekti Renggani

Sastra Indonesia | 2014 | Mahasiswi yang suka nonton anime dan makan makanan Jepang

Check Also

Alasan Unik Mengapa Kuliah di UNY ?

Masa-masa lulus SMA atau SMK itu memang paling menyenangkan. Karena kita berhasil melewati jenjang pendidikan …