Pojok #UNYuTips

Tips Lolos Ujian SM UNY

Bagi kalian siswa jebolan SMA/SMK baik yang fresh graduate atau tidak, dan belum mendapatkan kesempatan lolos SNMPTN-SBMPTN, masih dibuka satu tahap terakhir di UNY yaitu jalur masuk melalui jalur Seleksi Mandiri (SM) yang akan dilaksanakan sebentar lagi. Oleh karena itu, disini saya sebagai mantan peserta yang lulus ujian SM UNY beberapa waktu silam (walaupun sepertinya lolos karena kebetulan), akan memberikan tips untuk kalian dalam menghadapi tes tersebut.

11037057_1495335974092269_1556166351533370354_n

1. Cobalah memanfaatkan kesempatan yang ada untuk mempelajari soal-soal dari tes-tes SM UNY di tahun-tahun sebelumnya. Hal tersebut karena, besar kemungkinan bahwa pola soal tidak jauh berbeda.

2. Jika kalian masih menganggap keajaiban Tuhan itu ada, jangan lupa untuk berdoa sebelum mengerjakan soal ujian.

3. Pastikan semua peralatan ujian lengkap, bahkan rautan pensil atau pesil serep sekalipun harus siap sedia.

4. Baca dan pahami dengan seksama petunjuk pengerjaan soal.

5. Jangan takut salah, karena berdasarkan pengalaman yang sudah-sudah, tidak ada pengurangan point di setiap jawaban yang salah. So, usahakan semua nomor di lembar jawaban terisi.

baca juga : Softcopy Prediksi soal SM UNY 2017

6. Seperti layaknya mengerjakan soal ujian di sekolah, dahulukan mengerjakan soal-soal yang sekiranya dianggap mudah.

Lebih baik lagi waktu yang kalian gunakan untuk mengerjakan soal lebih cepat dari rata-rata seharusnya kalian mengerjakan. Sebagai contoh, katakanlah jatah rata-rata waktu yang diberikan untuk mengerjakan adalah 1 menit per soal. Jika kalian mendapati soal-soal yang mudah, usahakan kalian mengerjakan dengan waktu yang lebih cepat (tapi harus dengan teliti). Jika kalian bisa menyimpan banyak waktu, maka sisa waktu yang kalian punya dapat digunakan maksimal untuk mengerjakan soal yang sulit.

7 . Jangan lupa dengan waktu.

Banyak kasus yang terjadi di lapangan adalah, peserta ujian kehabisan waktu untuk mengerjakan soal. Entah itu karena tegang, atau karena terlalu terlena dengan kerumitan beberapa soal. Sedangkan, masih banyak soal yang belum tersentuh sama sekali. So, selain mengontrol pikiran, secara teknis juga jangan lupa membawa jam tangan. Karena benda itu sangatlah penting jika kalian berada di ruangan yang tidak ada jam dindingnya sama sekali.

8. Jika waktu sudah terlanjur habis dan masih ada beberapa soal yang belum terjawab, salah satu caranya hanyalah gunakan feeling untuk mengisi nomor-nomor yang belum terjawab. Tak perlu melihat kembali soal karena hanya akan membuang waktu.

9. Jika sudah selesai test, tinggal pasrah menunggu hasil.

Kalian sudah berusaha, dan yakinlah Tuhan akan memberikan hasil sesuai usaha yang telah kalian lakukan. Jika lolos test, syukuri sebagai tanda bahwa memang rejeki kalian ada di UNY. Jika belum lolos, yakinlah itu yang terbaik untuk kalian. Karena dengan begitu pintu rejeki yang lain dan yang terbaik untuk kalian akan terbuka. Rejeki dan jalan hidup tiap orang kan beda-beda. So, jangan putus semangat! Kalian kan masih muda 😀

Baca Juga  Merawat ‘Ragam Rupa’ : Potret Pendidikan Seni Rupa UNY

Libriana Candra

Mahasiswi Pendidikan Sosiologi |Menulis, Backpacking |amarisdaren.blogspot.com

Related Articles

Back to top button
Close
X