Mahasiswa BangetTips

Pengen dapat IPK Cumlaude ? Lakukan Tips Ini

Masih bingung gimana caranya dapat IPK cumlaude? Udah ngerasa belajar dengan sungguh-sungguh tapi masih juga dapet IPK pas-pasan? Nah pasti hampir semua mahasiswa baik itu di Indonesia maupun di mancanegara menginginkan mendapatkan IPK terbaik terlebih bisa dapet gelar cumlaude yang bakalan bikin orang tua dan keluarga yang lain bangga. Tapi gimana caranya biar dapet IPK tinggi? Sedangkan mahasiswa udah banyak yang ngerasa belajar dengan giat dan mengaku menguasai mata kuliah dengan baik. Nah ada beberapa cara nih buat mendapatkan IPK tinggi.

cumloaude

Selain harus belajar lebih rajin dan berusaha menguasai ilmu yang diberikan dosen, mahasiswa juga tidak boleh merasa cukup dengan apa yang sudah didapat di kampus. Coba cari ilmu lain di tempat lain seperti membaca buku-buku referensi lain di perpustakaan, belajar ilmu dari teman lain di organisasi atau kost atau komunitas lain, dan bisa juga dengan mengikuti kursus belajar. Eits, jangan salah, banyak mahasiswa yang selain kuliah, mereka juga mengambil kursus untuk memperdalam dan memantapkan ilmu mereka lho.

Baca Juga  Tips 5 Sehat 6 Sempurna Ala Mahasiswa Kost

Selain itu, adanya relasi dan sosialisasi yang baik dengan teman kuliah, dosen dan lainnya akan membantu kita ketika kita mengalami kesulitan, baik itu kesulitan mempelajari salah satu mata kuliah maupun hal lain. Salah satu cara memperluas relasi adalah dengan ikut aktif dalam organisasi atau kegiatan kampus. Selain itu, seringnya bertanya dan aktif dalam perkuliahan juga akan memberikan kesempatan kepada dosen untuk lebih mengenal mahasiswa yang aktif.

Dekat dengan dosen membuat mahasiswa juga tahu karakteristik dosen dalam memberikan nilai kepada mahasiswanya. Ada beberapa dosen yang menilai mahasiswa dari presentase kehadiran, ada juga dosen yang menilai mahasiswa berdasarkan penampilan berpakaian. Dan tak jarang banyak dosen yang menilai mahasiswa dari keaktifan. Nah maka dari itu, jangan segan-segan untuk selalu berpenampilan rapi dan rajin mengikuti mata kuliah, siapa tahu dosen akan memberikan nilai lebih kepada kita karena keaktifan dan kerapian serta kerajinan kita dalam mengikuti mata kuliah tersebut.

Jangan lupa juga untuk sering-sering baca blog atau situs lainnya yang dapat mendukung mahasiswa meningkatkan prestasi mereka. Terkadang banyak sekali artikel-artikel yang dapat meningkatkan dan menambah informasi yang mendukung nilai akademik mahasiswa. Eits, tapi jangan sampai situs-situs tersebut membuat mahasiswa malas membaca buku di perpus, copy paste setiap tugas bahkan skripsi atau bikin mahasiswa malas membaca.

Baca Juga  5 Tipe Mahasiswa “Kupu-kupu”

Jika semua hal sudah dilakukan, coba untuk selalu mengikuti remidi atau perbaikan nilai pada setiap mata kuliah yang belum tuntas atau kurang memuaskan. Tak ada salahnya juga kan mengulang mata kuliah atau ujian yang dirasa kurang untuk mendapat nilai yang lebih bagus? Nah, maka dari itu, jangan pernah ragu dan sungkan untuk mengikuti ujian ulang atau mengulang mata kuliah yang nilainya masih kurang.

Yang terakhir, jika semuanya sudah dijalani dengan sungguh-sungguh, tinggal pasrah dan berdoa. Jangan sampai kita sudah berusaha ternyata kurang berdoa, wah bisa bahaya itu. Harus bisa seimbang ya antara doa dan usaha. Karena sejatinya usaha tanpa doa sia-sia dan doa tanpa usaha tiada artinya.

admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Related Articles

Back to top button
Close
X