Tips Menghadapi OSPEK bagi Mahasiswa Baru | UNY COMMUNITY
Sunday , 20 August 2017
Home / Pojok #UNYu / Tips Menghadapi OSPEK bagi Mahasiswa Baru

Tips Menghadapi OSPEK bagi Mahasiswa Baru

Konon katanya sih kegiatan ospek itu menjadi momok bagi calon peserta didik baru. Karena begitu banyak kasus kekerasan saat ospek yang membuat para peserta didik baru cukup takut menghadapinya. Buat kamu mahasiswa baru, tidak perlu risau atau pun takut dengan hal tersebut. Apalagi sekarang semakin berjalannya waktu, juga semakin digalakkan proses ospek yang mendidik dan jauh dari aksi kekerasan. Jadi berikut ada tips untukmu para mahasiswa baru yang sebentar lagi akan menghadapi ospek.

1. Penting banget, jangan berangkat terlambat ya

   Penting banget, jangan berangkat terlambat yaSudah menjadi sesuatu yang sering dilakukan pada saat ospek, yaitu jadwal ospek dimulai pada pagi-pagi, kurang lebih jam 6 pagi. Kalau jaman sekolah seperti jam ke nol gitu lho. Nah untukmu dedek-dedek maba, jangan terlambat datang ya. Kalau sampai terlambat kamu bakal berurusan dengan kakak panitia lho. Kalau dirasa rumahmu memang jauh dari kampusmu, sebisa mungkin kamu harus bisa bangun lebih pagi dan jangan terlambat datang. Sabar ya dedek-dedek maba, biasanya ospek itu selama seminggu kok. Kamu harus kuat menjalani ospek selama seminggu itu. Semangat!

2. Fokus dan dengarkan apa perintah kakak pantia ospek

Fokus dan dengarkan apa perintah kakak pantia ospek

Siapkan mental dan fisikmu ya dedek-dedek maba, jangan kaget kalau pas ospek nanti bakalan banyak tugas. Tugasnya apa aja deh dan mungkin nggak pernah kamu bayangin sebelumnya. Kuncinya kamu harus fokus dan dengarkan baik-baik apa yang diucapkan kakak panitia. Simak dan dengarkan apa saja tugasnya, apa saja barang-barang yang harus dibawa besok. Jika dirasa belum jelas, tanyakan langsung pada kakak panitia. Nggak usah takut, kakak panitia itu baik-baik kok. Nggak menyeramkan seperti yang kamu bayangkan.

3. Sudah sewajarnya kamu sadar diri dengan kondisi kesehatanmu

images

Dedek-dedek maba, kamu jangan malu ya kalau kamu punya kondisi kesehatan yang kurang baik. Misalnya kamu punya penyakit asma, atau pada saat itu kamu sedang demam. Pasti sebelumnya kakak panitia bakal tanya kok, siapa yang sedang sakit, nah pada saat itu kamu harus jujur dan lapor kamu sakit apa. Biasanya bakal dikasih pita berwarna gitu di lenganmu, itu buat tanda kamu sedang sakit. Kamu harus bilang kalau sedang sakit ya, karena kegiatan ospek itu benar-benar melelahkan. Pastinya kamu nggak mau kan ya tiba-tiba terjatuh lemas pas di tengah-tengah kegiatan? Jadi, lebih baik kamu bilang ya tentang kondisi kesehatanmu.

4. Jangan sepaneng dengan kegiatan ospek, sesekali bicara dan bercanda dengan teman baru itu juga penting

sesekali bicara dan bercanda dengan teman baru itu juga penting

Ospek itu benar-benar melelahkan, maka pastinya juga ada waktu untuk istirahat dan makan dong. Nah di saat seperti ini menjadi ajang buat kamu untuk saling kenalan dengan teman barumu. Ajak ngobrol dan bercanda sepuasnya. Saling tukar nomor telepon. Kamu kalau rame pada saat istirahat boleh-boleh saja. Karena itu bisa menurunkan tingkat keteganganmu saat ospek tadi. Tapi kalau udah mulai kegiatan ospek, jaga sikap dan bicara kalian ya dedek-dedek maba.

5. Dedek maba ‘cantik’ harus bisa jaga diri baik-baik

CNJc4uQUwAAugiA

Cantik disini maksudnya dedek maba yang perempuan ya. Nah, buat dedek maba perempuan penting banget kamu harus bisa jaga diri baik-baik. Kamu harus jaga sikapmu, jangan bersikap caper kepada kakak panitia. Atau kalau ada kakak panitia yang berani godain kamu, kamu harus segera pergi dan minta tolong kepada siapa pun. Selain itu kalau misal ada kakak panitia yang tiba-tiba udah menyatakan perasaan suka ke kamu, jangan langsung menerimanya. Kamu kan juga baru kenal waktu ospek. Kamu belum tahu kehidupan kakak panitia di kampus itu seperti apa. Kalau kamu pas ospek udah ketahuan pacaran dengan kakak panitia, bisa menjadi bulan-bulanan lho dengan kakak panitia lainnya. Kamu akan lebih mudah dihafal oleh kakak panitia. Kemungkinan terburuk akan menimbulkan masalah internal setelah ospek berakhir. Nggak mau kan cantik? Ospek kan seharusnya memberikan kesan yang baik. Jadi, dedek maba perempuan harus bisa jaga diri baik-baik ya.

Semangat menghadapi ospek ya dedek-dedek maba! Semoga ospeknya sukses, lancar, dan juga memberikan kesan yang baik. Semangat ospek dedek maba! Ku tunggu kau di kampus kami.

About Bekti Renggani

Sastra Indonesia | 2014 | Mahasiswi yang suka nonton anime dan makan makanan Jepang

Check Also

Program Kerja (Proker) Mainstream yang Bakal Kamu Temui Selama KKN

Yuhuuu udah masuk bulan Juli aja nih. Tandanya, bagi mahasiswa UNY yang mengambil KKN di …