Ketika Kamu Stress Menghadapi Kuliah, Coba 7 Cara Berikut | UNY COMMUNITY
Wednesday , 19 September 2018
Home / Mahasiswa Banget / Ketika Kamu Stress Menghadapi Kuliah, Coba 7 Cara Berikut

Ketika Kamu Stress Menghadapi Kuliah, Coba 7 Cara Berikut

Tugas yang menumpuk, aktivitas kampus yang padat, serta kemampuan gerak dan pikir yang terbatas, tak hayal membuat para mahasiswa sering mengalami stress. Baik itu jangka pendek, menengah, atau panjang. Bahkan tak jarang ada yang sampai depresi hingga melakukan penyimpangan di luar, sampai dengan menghabisi nyawanya sendiri. #ngeri

Ya, memang pada kenyataannya hidup sebagai mahasiswa yang juga sedang dalam fase menuju dewasa seringkali membuat kesehatan fisik dan mental kita tidak stabil. Syukur kalau pelampiasannya di hal-hal yang positif, bagaimana dengan yang justru melampiaskan dengan melakukan penyimpangan seperti yang disebutkan sebelumnya? Alih-alih lulus dengan senyum bahagia, yang ada justru kisah dan namanya terpambang di berbagai surat kabar dengan muatan yang jelas ditulis secara mengenaskan dan membuat miris siapa pun yang membacanya.

Maka dari itu, daripada memikirkan yang tidak-tidak, berikut tips simpel bagaimana memanajemen diri agar terlepas dari stress yang sering menimpa kalian, para mahasiswa.

1. Makan atau Ngemil

ngemil

Banyak tipe orang yang jika stress justru nafsu makannya berkurang. Bagi yang tidak, cobalah untuk menggunakan metode ini. Tak ada salahnya ngemil asal yang dimakan adalah makanan yang sehat dan tidak menyesatkan badan. Mungkin buah-buahan, atau makanan ringan non kafein juga bahan berbahaya lainnya. Bisa juga diimbangi dengan olahraga sebentar di pagi hari. “Dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat.” Begitu kurang lebih yang sering diucapkan orang-orang.

Baca Juga  Mahasiswa Hobi Nonton Anime Tidaklah Childish

2. Main Games

Gamer dan Pasangan

Bagi mahasiswa laki-laki, ini tampaknya sangat cocok menjadi salah satu media penghilang stress. Bagaimana tidak? Hampir semua anak laki-laki menyukai games. Berbeda dengan perempuan yang kebanyakan menganggap games justru membuat mereka tambah pusing, bagi laki-laki games justru benar-benar bisa menjadi hiburan dan penghilang stress. Terlebih jika dilakukan ramai-ramai dengan teman atau sahabat.

3. Jalan-Jalan

pantai butuh

Ada jenis mahasiswa yang lebih suka menyendiri dan mencari tempat baru untuk melampiaskan kepenatan yang ada di otak. Jalan-jalan adalah salah satu alternatif pilihan untuk mereka. Cobalah untuk mendatangi beberapa tempat yang menjauhkan kalian dari pikiran yang membuat stress, sekaligus mendapat ketenangan dan pengalaman baru. Bisa dengan mendatangi museum, taman bermain, beberapa tempat wisata budaya, juga wisata alam. Atau, coba berjalan menuju area pedesaan di saat pagi atau sore hari.

Baca Juga  Terjebak dalam zona Friendzone? Lakukan Hal Berikut

4. Ngobrol dengan teman atau sahabat

  ngobrol

Tak ada masalah yang tak terselesaikan. Meskipun teman yang kita ajak ngobrol hanya bisa menyediakan telinga untuk mendengar. Setidaknya beban yang ada di otak dan hati bisa berkurang dengan kita membagi cerita pada orang lain. Bagi kalian yang memiliki sifat tertutup, cobalah metode ini. Karena sifat tertutup kalian itu sungguh sangat membahayakan diri kalian jika suatu saat stress datang dan tersimpan menjadi semakin besar. Alhasil, depresi pun bisa saja kalian alami. Maka, walaupun sungkan, jangan ragu untuk mencoba bercerita pada teman atau sahabat, apalagi keluarga jika kita memiliki beban dan masalah dalam menjalani proses kehidupan.

5. Tidur

tidur

Seperti badan yang lelah setelah beraktivitas, otak pun juga bisa lelah. Bagaimana tidak? Dalam sehari, otak akan terus berfungsi memecahkan segala persoalan yang terpampang di depan mata juga terdengar melalui telinga. Sebelum stress berat membuat kalian susah tidur, cobalah untuk menidurkan diri. Tenangkan pikiran dan percaya bahwa semua akan baik-baik saja.

6. Mendengarkan musik atau menonton film

santai

Ini adalah juga merupakan media bagi kalian yang memiliki masalah stress sampai memiliki gangguan tidur. Cobalah untuk mendengarkan musik klasik atau ballad, atau menonton film sebelum tidur. Sembari melakukan aktivitas tersebut, jangan lupa matikan lampu kamar agar suasana malam terasa dan membawa otak kalian lebih rileks. Setelah itu, jika sudah merasa rileks, maka denan sendirinya kalian akan tertidur. Boleh juga lho jika kalian memberi aroma therapi di kamar.

Baca Juga  Ingin Menjadi Calon Orang Tua Idaman? Kuliah di BK UNY Aja

7. Rajin ibadah dan perbanyak doa

sujud

Ini yang paling mujarab dari segala metode. Semua ujian datangnya dari Tuhan. Jika memang kita merasa tidak bisa menyelesaikan dan merasa penat, salah satu cara yang paling ampuh adalah berpasrah diri, dan memperbanyak doa. Tak lupa juga dengan memperbaiki ibadah. Karena, orang yang terserang stress adalah orang yang terlalu banyak memikirkan urusan dunia dan secara sadar atau tidak, kita lupa bahwa ada Dzat yang Maha Segalanya. Jika kita sudah berusaha, maka hasilnya serahkan pada yang di Atas. Jika memang tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan, percayalah bahwa ada rencana terbaik yang Tuhan berikan untuk kita dibalik hasil yang Dia berikan untuk kita.

About Libriana Candra

Mahasiswi Pendidikan Sosiologi |Menulis, Backpacking |amarisdaren.blogspot.com

Check Also

Tips 5 Sehat 6 Sempurna Ala Mahasiswa Kost

Jika kalian adalah orang-orang yang mengaku sebagai mahasiswa kost yang jauh dari orangtua, dan ingin …