Pojok #UNYuTips

Tips Sukses Sidang Skripsi Online

Di tengah pandemi Covid 19 tentunya banyak sektor yang terhambat, termasuk kegiatan di perguruan tinggi yakni sidang skripsi atau ujian akhir skripsi. Imbauan pemerintah untuk physical distancing membuat kampus-kampus menerbitkan surat edaran mengenai pelaksanaan siding skripsi dengan metode online atau daring.

sumber : today.line.me

Sidang skripsi online tentunya membutuhkan persiapan, ada sepuluh tips bagi teman-teman yang akan melaksanakan sidang skripsi secara online berdasarkan pengalaman penulis yang telah melaksanakan sidang skripsi online.

  1. Buat folder khusus untuk sidang skripsi online

Folder khusus yang berisi file-file yang berhubungan dengan sidang skripsi yang akan kamu laksanakan dapat membantumu pada saat akan membuka maupun mengirimkan berkas untuk administrasi. Persiapan sebelum sidang tentunya membutuhkan berkas untuk memenuhi syarat sidang, pelaksanaan sidang maupun setelah sidang selesai. Kamu tidak perlu repot mencari di folder yang lokasinya berbeda-beda.

  1. Jaga komunikasi dengan dosen penguji

Setelah semua syarat sidang terpenuhi biasanya akan ditentukan dosen penguji sidang skripsimu atau jika sudah ditentukan sebelumnya kamu bisa menghubungi dosen tersebut dan terus menjaga komunikasi. Tidak ada salahnya jika kamu mengingatkan dosen berkaitan dengan sidang skripsi dengan cara terbaikmu.

  1. Pelajari media yang digunakan untuk sidang

Pelaksanaan sidang skripsi online tentunya membutuhkan media seperti Zoom, atau aplikasi lainnya. Pelajari aplikasi tersebut terlebih dahulu agar kamu paham cara mengoperasikannya. Hal ini akan mengurangi kesalahan teknis yang sewaktu-waktu bisa terjadi pada saat sidang berlangsung. Kamu bisa melakukan uji coba menggunakan aplikasi tersebut dengan temanmu.

  1. Siapkan berkas sidang

Siapkan berkas-berkas yang diperlukan saat sidang seperti file skripsi atau berkas lainnya, bisa dicetak maupun dipersiapkan di gadget yang mudah untuk diakses. Jangan lupa untuk mempersiapkan berkas yang berkaitan dengan administrasi, siapkan juga scan tanda tanganmu yang biasanya dibutuhkan untuk tanda tangan berita acara.

  1. Latihan dan kuasai materi
    Tidak hanya sidang secara offline saja yang memerlukan latihan dan menguasai materi, sidang online pun juga perlu mempersiapkan hal tersebut. Biasanya kamu akan diberi waktu untuk presentasi hasil karyamu, persiapkan power point yang berisi pemaparan poin skripsimu. Kuasai materi skripsimu agar kamu tidak kelabakan saat dosen bertanya. Siapkan kemungkinan pertanyaan dan jawaban. Perhatikan juga poin-poin kecil yang terdapat dalam skripsimu, biasanya dosen juga akan menanyakan hal-hal yang kelihatannya sepele.
  2. Siap satu jam sebelum ujian

Satu jam sebelum ujian dimulai sebaiknya kamu sudah mempersiapkan diri, dalam artian kamu sudah siap sidang. Sebaiknya kamu menenangkan diri tanpa sibuk belajar agar kamu bisa rileks. Usahakan sudah mandi, berganti baju, dan dalam keadaan rapi meskipun ujiannya secara online.

  1. Usahakan ada satu orang yang menemani

Pada saat pelaksanaan sidang, mintalah bantuan orang terdekatmu untuk menemani proses ujian agar dapat membantu teknis pelaksanaan ujianmu jika ada hal-hal yang perlu dibenahi misalkan ada permasalahan internet, pencahayaan, dan lain-lain.

  1. Dokumentasi saat sidang berlangsung

Dokumentasikan pelaksanaan ujianmu baik dalam bentuk video maupun audio agar memudahkan pada saat pengerjaan revisi.

  1. Tetap menjaga sopan santun

Ujian online bukan berarti kita bisa seenaknya dalam bertingkah laku, sopan santun juga harus tetap diperhatikan pada saat pelaksanaan ujian. Gunakan bahasa yang baku pada saat menjelaskan tugas akhirmu. Jawab pertanyaan dosen pembimbing dengan tidak melupakan kata terima kasih, maaf dan tolong sesuai dengan konteks pertanyaan. Jangan lupa tersenyum dan tegapkan badan.

  1. Jangan lupa berdoa

Usaha yang luar biasa tentunya perlu diiringi dengan doa, jangan lupa berdoa sebelum ujian dan minta doa restu kepada orang tua dan saudara agar sidangmu sukses.

Baca Juga  Tips Menghadapi OSPEK bagi Mahasiswa Baru

Semoga tips di atas bisa membantumu dalam pelaksanaan sidang skripsi online. Persiapkan sidangmu dengan matang agar tidak banyak revisi. Tetap semangat!

Lusiana Indriani

Mahasiswi Sastra Indonesia 2016 | Menyenangi semua hal yang menyenangkan

Related Articles

Back to top button
Close
X