TransJogja: Solusi Tepat Berwisata Hemat | UNY COMMUNITY
Home / Jogjaku / TransJogja: Solusi Tepat Berwisata Hemat

TransJogja: Solusi Tepat Berwisata Hemat

Siapa sih yang gak kenal TransJogja? Transportasi yang terkenal karena harganya yang murah dan pelayanannya yang ramah ini sudah sangat terkenal di kalangan mahasiswa. Dari sekian banyak transportasi di Jogja (Go-jek, Grab, Uber, Taksi dan lain lain) kayaknya untuk masalah hemat-menghemat, TransJogjalah juaranya.

Namun, dari sekian banyak mahasiswa di Jogja, tak jarang diantara mereka yang belum pernah naik atau bahkan tidak tahu tentang transjogja ini. Sungguh sangat disayangkan jika sampai demikian. Berangkat dari kasus “belum pernah dan tidak tahu tentang Transjogja” UNYcomunnity.com ingin berbagi sedikit ulasan keunggulan dan kekurangan untuk kalian yang ingin naik transjogja, mudah-mudahan dapat memberi sedikit inspirasi untuk naik transportasi ini.

Keunggulan

Membahas mengenai keunggulan, sebenarnya tergantung dari sudut pandang mana kita menilai/melihat. Semisal dari sudut pandang tarif sekali naik, Transjogjalah juaranya. Betapa tidak, sekali naik transjogja, penumpang hanya dikenakan tarif Rp. 3.500 tapi bisa keliling-keliling Jogja sampai mabuk bosan. Lebih murah lagi jika kalian punya kartu langganannya, pasalnya, dengan kartu langganan penumpang hanya dikenakan tarif Rp. 2.800. Ini mungkin cocok buat kalian yang ingin malam mingguan bersama pasangan tapi lagi minim bajet namun sudah sangat kebelet.

Dari sudut kapasitas penumpang, Transjogja masih juaranya. Jika kalian ingin berwisata dengan sepupu, pacar, atau mungkin juga bribikan teman kelas, namun tidak ada kendaraan umum yang pas buat berdua atau ramai-ramai. Solusinya ya Transjogja. Soalnya kalau mau naik Go-jek, bukannya berduaan dengan Bribikan  teman, justru berdua dengan drivernya.

Baca Juga  Pantai Ngobaran, Bali Van Java

Selain itu, dengan naik transjogja, kalian juga bisa sekaligus menghafal rute-rute ke tempat-tempat ternama di Jogja seperti Malioboro, taman pintar, taman budaya, atau bahkan candi prambanan.

Kekurangan

Banyaknya kode bus, memang sedikit membuat bingung bagi penumpang yang baru pertama naik. Mau tidak mau penumpang harus bertanya kepada petugas halte. Mengenai waktu tempuh, naik transjogja juga cukup memakan waktu. Bandingkan saja jika naik motor sendiri atau naik Go-jek dari UNY ke Malioboro, paling hanya memakan waktu tempuh kurang lebih 15 menit, namun jika naik transjogja bisa-bisa sampai setengah jam atau bahkan lebih. Itu karena setiap tujuan tidak mesti ditempuh hanya dengan satu kode bus.

Baca Juga  5 Es Krim di Jogja dengan Sensasi Lezatnya yang Menyegarkan

Penumpang harus ganti bus dengan kode yang mengarah ke tujuan. Waktu menunggu bus dengan kode yang dinanti itulah yang kadang sangat memakan waktu. Contohnya saja rute dari UNY ke Malioboro penumpang harus naik 2 bus, yang pertama bus dengan kode 2B lalu turun dihalte dan menunggu bus dengan kode 3A, baru nanti bisa sampai di malioboro.

Yang terkahir, pelayanan transjogja tidak 24 jam. Transjogja hanya beroprasi dari jam setengah enam pagi hingga jam setengah sepuluh malam. Itu artinya malam mingguan kalian takan bisa lama-lama kalau tidak ingin kehabisan bus. Yang sabar ya boss!!

About Andan Prayoga

Kutu Buku yang suka makan makanan pedas|

Check Also

Biar Lebih Hemat, Inilah Barang-Barang Yang Masih Bisa Kamu Manfaatkan Di Semester Baru

Memasuki awal semester memang sangat di nanti-nantikan. Apalagi bagi kalian yang mahasiswa baru yang baru …