5 Menu Andalan di Jogja Saat Sahur | UNY COMMUNITY
Friday , 21 September 2018
Home / Jogjaku / 5 Menu Andalan di Jogja Saat Sahur

5 Menu Andalan di Jogja Saat Sahur

Sahur menjadi satu prosesi yang tidak bisa dilewatkan begitu saja bagi banyak orang saat ramadhan. Terkait menu pun, menjadi penting untuk disoroti agar momen sahur menjadi bermakna. Berikut adalah menu andalan di Jogja saat sahur yang bisa dicoba untuk melengkapi momen sahurmu selama bulan ramadhan nanti, gaes.

1. Gudeg

Gudeg Mbak Sasha Yogyakarta

Gudeg. Bukan saja menjadi makanan khas Jogja di hari-hari biasa. Saat sahur pun gudeg menjadi menu andalan yang praktis bisa dinikmati dan dapat ditemui di berbagai sudut di Jogja. Sebut saja Gudeg Wijilan, Gudeg Mercon Kranggan, Gudeg Mbak Sasha, dan masih banyak lagi spot-spot gudeg lain yang tidak kalah cita rasanya. Kamu tertarik? Silakan mengunjungi spot-spot gudeg andalan yang kamu percaya bisa memanjakan lidahmu saat sahur, gaes.

 2. Nasi Kuning Kranggan

Nasi Kuning
pic : info-jogja.com

Melewati Tugu menuju Kranggan saat malam ramadhan, kamu pun langsung bisa menemukan hidangan andalan saat sahur, yaitu nasi kuning Kranggan. Seperti pada umumnya personil nasi kuning, di nasi kuning Kranggan ini pun sama. Ada personil utamanya, yaitu nasi kuning dan jejeran personil lain yang menambah cita rasa nasi kuning Kranggan seperti irisan tipis telur dadar, sambal kering kentang, timun, kacang, abon, dan ayam suwir. Harga bersahabat dan silakan kamu merapat bersama personil tersayangmu ya.

Baca Juga  Warung naskuTER (Kuliner Pusaka Ternate)

 3. Sego Macan

Sego Macan
pic : makanjogja.com

Menelusuri spot lain di daerah hampir memasuki Klebengan, tepatnya berada di depan Fakultas Pertanian UGM, silakan memanjakan lidahmu saat sahur di Kedai Sego Macan. Menu andalan di sini tak lain adalah sego macan yang merupakan saudara kandung sego kucing, gaes. Haha. Hanya saja yang membedakan sari sego kucing adalah ditilik dari segi porsi. Yes, benar. Sego macan memiliki porsi yang jelas lebih banyak dari sego kucing. Menu lain di kedai ini juga dilengkapi dengan kopi klotok. Penasaran? Meluncurlah ke sana.

 4. Nasi Campur Demangan

nasi campur
pic : santapjogja.com

Yang mau memanjakan lidah dengan menu-menu sayur pedas saat sahur, boleh sekali lho merapat ke area depan Toko Tekstil Prima di Demangan karena ada nasi campur Demangan. Aneka sayur pedas bisa ditemui di sini. Kamu bahkan akan bingung mau memilih hidangan apa yang paling bersahabat dengan lidah dan perut.

Baca Juga  5 Tempat Andalan Berburu Senja di Jogja

 5. Angkringan

sego-kucing
pic : mahirbelajar.files.wordpress.com

Angkringan dan Jogja, bagaikan dua sisi mata uang yang tidak bisa dilepaskan begitu saja. Yes. Apalagi melihat potensi harga yang begitu ramah di kantong mahasiswa. Yang merasa perlu melakukan aktivitas hemat, maka bersahabatlah dengan menu-menu makanan yang ada di angkringan saat sahur tiba. Ini adalah spot yang paling ideal dikunjungi saat pahlawan di dompet mulai melambaikan tangan. Kamu bisa melucur ke area angkringan Pak Panut Klebengan atau tempat ngangkring lain yang tidak jauh dari lokasi kost. Praktis kan?

 So? Ciptakan sensasi sahurmu dengan menu-menu di atas yang bisa memanjakan lidahmu ya, gaes.

About Dy Zhisastra

Saya menyayangi mereka yang menyayangi saya | Pegiat Sastra Universitas Negeri Yogyakarta

Check Also

Ketika Pertanyaan ‘KAPAN NIKAH?’ Mencuat Ke Permukaan Saat Lebaran, Siapkan Jawaban Berikut Ini

Kebayang gak gaes, saat momentum lebaran, saat di mana semua sanak keluarga berkumpul dan pertanyaan …