OpiniPojok #UNYu

Ujian Nasional Boleh Saja Usai, Bukan Berarti Kamu Bisa Santai. Masih Ada Bangku Kuliah Idaman Yang Butuh Diperjuangkan!

Ujian Nasional baru saja selesai dilaksanakan. Libur yang sangat panjang terpampang di depan mata bagi mereka yang duduk di bangku kelas 12 SMA/SMK. Mungkin kebanyakan bagi mereka memilih liburan terlebih dahulu untuk merefreshkan pikiran setelah hampir berbulan-bulan otak dieksploitasi untuk menyiapkan Ujian Nasional tersebut.

Banyak yang memilih liburan bersama teman-teman kelasnya sebagai ajang perpisahan. Tetapi tidak sedikit juga yang mencari pekerjaan sampingan untuk mengisi waktu luang yang kosong. Entah bagaimanapun caranya banyak yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu libur yang cukup panjang ini. Tetapi perlu diingat jangan sampai terlena dengan waktu liburan yang panjang ini. Sebab masih banyak ujian masuk universitas yang akan dilaksanakan untuk menerima mahasiswa baru.

Jadi buat kalian semua yang baru saja menyelesaikan Ujian Nasional dan berkeinginan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri jangan berasumsi bahwa selesai Ujian Nasional selesai semuanya dan bisa bersantai-santai dirumah. Itu adalah pola pikir yang sangat salah besar! Malah sebaliknya disaat-saat seperti ini kita tidak bisa hanya santai-santai saja dirumah. Kita harus menyiapkannya semuanya sebaik mungkin dan dengan matang pula untuk menghadapi tes ujian masuk universitas. Kita harus mencari tahu info-info terkait penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri agar kita tidak ketinggalan mendaftar dan mengikuti tesnya. Dan bukan berarti kita juga harus libur belajarnya. Malah disaat-saat seperti ini kegiatan belajar harus lebih intens lagi. Bahkan kalau bisa kita harus mengikuti bimbel-bimbel yang mengkhususkan untuk bisa diterima di perguruan tinggi negeri.

Baca Juga  5 Hal Tentang Pendidikan Seni Musik UNY yang Harus Kamu Ketahui

Itu bisa sangat benar-benar membantu jalan kita diterima di perguruan tinggi negeri yang kita inginkan dan tentu juga tidak lupa dengan bantuan berdoa kepada tuhan yang maha esa. Sebab sekarang untuk bisa diterima di perguruan tinggi negeri favorit sangatlah sulit dikarenakan persaingan untuk mendapatkan kursi tersebut sangatlah ketat sekali. Banyak dari mereka yang berbondong-bondong ingin kuliah semenjak ada program untuk mahasiswa yang kurang mampu bernama program Bidikmisi.

Dengan program Bidikmisi mereka yang memiliki kemampuan ekonomi dibawah rata-rata asal memiliki kemampuan akademis yang mumpuni akan bisa kuliah di perguruan tinggi negeri. Jadi perlu dicatat bahwa persaingan di perguruan tinggi negeri sekarang ini bukan hanya persaingan bagi mereka yang mampu untuk kuliah, tetapi juga persaingan yang benar-benar mapan kemampuan akademisnya.

Ya memang terkadang ada beberapa perguran tinggi negeri yang menerima mahasiswa lewat jalur prestasi non-akademik tetapi itu hanya digunakan untuk beberapa program studi saja tidak untuk semua program studi. Nah jadi buat kalian semua yang baru saja lulus dari SMA dan ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri tidak bisa santai-santai saja dirumah menunggu keajaiban ilahi. Semua harus tetap terus diperjuangkan untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan yang kita inginkan. Jangan menyerah sebelum jawaban akan perjuangan yang kita lakukan mendapatkan kepastiannya.

Baca Juga  Hai Mahasiswa, 12 Part Time Berikut Wajib Kamu Coba Untuk Memantik Potensi Mandirimu

Selesai UN bukanlah selesai segalanya, tetapi selesai UN adalah awal kita meniti mimpi yang kita dambakan selama ini untuk mewujudkannya menjadi nyata. Memang benar perguran tinggi negeri bukanlah segalanya dan juga bukan penjamin kita untuk bisa berhasil dan sukses. Tetapi yang perlu diingat adalah bahwasannya kuliah di perguruan tinggi negeri sekarang ini sangatlah terbantu dengan sistem pembayaran UKT atau Uang Kuliah Tunggal.

Dengan sistem pembayaran UKT biaya yang dikeluarkan tidaklah begitu banyak jika dibandingkan kalau kita kuliah di perguruan tinggi swasta. Setidaknya itu bisa menjadi alasan terkuat kita untuk kuliah di perguran tinggi negeri dan bisa menjadi motivasi untuk kita agar mengurangi beban orang tua kita.

Jadi tetap semangat buat kalian semua yang ingin kuliah di perguruan tinggi negeri. Semua bisa asal kita mau berusaha, berjuang dan berdoa untuk mewujudkan itu semua. Semoga mendapatkan hasil yang memuaskan dan yang diinginkan.

Khairul Ma'Arif

Mahasiswa Sastra Indonesia angkatan 2016 Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta

Related Articles

Back to top button
Close
X