Pojok #UNYuUNY BangetUNY Wates

Yuk Kenalan Dengan UNY Kampus Wates

UNY memiliki beberapa kampus wilayah yang seluruhnya tersebar di Yogyakarta. Ada kampus Karangmalang, Kampus Bantul, Kampus Mandala, dan tentunya Kampus Wates.

Gedung UNY Wates adalah bekas Gedung Sekolah Guru Olahraga, yang sebelumnya Pada Tahun 1992 sudah dibekukan oleh pemerintah dan akhirnya diserahkan kepada IKIP Yogyakarta, sebutan UNY pada saat itu. Kampus Wates mulai digunakan sejak Bulan Agustus 2000. Pada awalnya, ada tiga Fakultas di UNY Wates, yaitu Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi, dan Fakultas Ilmu Keolahragaan, dengan program jenjang D3 untuk keseluruhan Fakultas. Kemudian Pada Tahun 2001, semua prodi dari Fakultas Teknik dipindah ke Kampus Karangmalang karena alasan kegiatan praktik mahasiswa. Pada waktu yang sama, program D3 Penjas diganti S1 PJKR, kemudian UNY Wates juga membuka Prodi D2 PGSD Pejas FIK dan D2 PGSD Kelas FIP. Mulai tahun 2006, FIP membuka Prodi S1 PGSD, kemudian pada tahun berikutnya yakni Tahun 2007, D2 PGSD ditiadakan. Untuk FIK mulai Tahun 2009 D2 PGSD Penjas diganti program s1 PGSD Penjas. Dan UNY Wates juga membuka Program Kelanjutan Studi (PKS) bagi lulusan D2 yang hendak melanjutkan studi ke jenjang S1.

Hingga pada saat ini, tepatnya tahun ajaran baru 2019, Fakultas Teknik Program Diploma 4 yang memiliki total 8 Program Studi  resmi pula dipindahkan ke Kampus Wates. Pada tahun ajaran baru itu pula program D3 dari Fakultas Ekonomi berganti program dari D3 menjadi D4. Artinya saat ini, UNY Wates memiliki total 4 Fakultas, yakni Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Teknik serta Fakultas Ilmu Keolahragaan. Dan memiliki jumlah program studi sebanyak 13 Prodi.

Baca Juga  Mengenal Prodi Program Profesi Insinyur FT UNY

Setelah kita mengetahui lebih jauh tentang sejarah berdirinya UNY Wates, selanjutya kita akan mengulas sedikit tentang fakta yang harus kita ketahui bersama mengenai UNY Wates. Saat ini, pihak kampus sedang melakukan pembenahan yang luarbiasa untuk UNY Wates. Setelah melakukan dialog langsung dengan Rektor UNY beberapa waktu lalu, sedikit demi sedikit kampus terus berusaha untuk berbenah.

Lalu, apa saja yang dibenahi ? Semenjak liburan semester genap lalu, pengerjaan untuk UNY Wates lebih baik mulai digarap. Pemasangan paping, penataan parkir, sampai perbaikan gazebo dan taman. Beberapa pekan lalu, setelah gazebo dan taman UNY Wates telah berubah wujud, tak lama UNY Kampus Wates kembali membuat fakta luar biasa yaitu peresmian Digilib UNY Wates.

Bagaimana, tak kalah dengan Kampus Karangmalang, bukan? Kemudian tak lama berselang, ada banyak sarana prasana penunjang kuliah yang didatangkan, seperti penggantian semua computer di Lab computer akuntansi, meja multifungsi lipat computer dikelas-kelas dan masih banyak lagi penunjang perkuliahan yang terus diperbaiki oleh pihak kampus.

Selain fasilitas diatas, ada fasilitas UNY Wates yang tak kalah menakjubkan lagi. Apa ya?

UNY Wates dibersamai dengan Kolam Renang UNY International? Wow tidak? Di kolam renang tersebut sering diadakan perlombaan renang seluruh Indonesia lho. Hebat bukan? Lalu selanjutnya ada asrama mahasiswa. Disini, asrama laki-laki disediakan 4 lantai, asrama perempuan ada 5 lantai. Hanya denga harga kurang lebih 1,7 jutaan pertahun saja kita bisa menikmati indahnya asrama bersama fasilitas didalamnya. Coba kita cari, dimana kost/tempat menginap yang memiliki fasilitas wifi sepuasnya, listrik&air sepuasnya, ditambah ada ekstrakurikuler dengan harga 1,7 jutaan saja? Hanya diasrama UNY Wates !

Baca Juga  LMT; Lab Musik dan Tari Kebanggaan UNY, Yuk Intip Kelebihannya

Berbicara tentang kampus sudah, sejarah sudah, nah selanjutnya kita akan berbicara mengenai sisi lain dari keberadaan UNY Wates terhadap Sumber Daya Manusia di dalamnya. Terkhusus untuk mahasiswa UNY Wates, siapa diantara kalian yang tidak “sambat” menjadi mahasiswa UNY Wates? Acungkan tangan !! Pasti hampir semua mengacungkan tangan. Penulis juga tidak munafik, pernah mengalami “sambat” pada masanya. Namun sekarang tidak dong loh kok bisa?  Ada suatu hal yang bisa kita dapat selain masalah akademik di UNY Kampus Wates ini. Hal apa itu? Kedewasaan. Yakinlah, dengan banyaknya rintangan yang kita lalui di kampus wilayah nan jauh ini, ada hikmah luar biasa yang sedang Tuhan titipkan di pundak kita. Kita pasti lebih banyak harus bersabar.

Nah, bukankah kebasaran-kesabaran itu akan melatih kedewasaan kita?  Pertanyaanya, mengapa kita tidak memilih untuk sabar? Bukankah softskill juga begitu penting untuk diri kita? Singkat cerita, be smart and be patient people. Kamu akan jadi orang yang hebat ! katakan hebat untuk diri kalian ! kamu hebat ! kalian hebat

Elza Dian Siswanto

Accounting 2018 Yogyakarta State University

Related Articles

Back to top button
Close
X