Yuk Mengenal Lebih Dekat BEM dan DPM, Biar Kamu Tahu Bedanya Nih | UNY COMMUNITY
Home / Mahasiswa Banget / Yuk Mengenal Lebih Dekat BEM dan DPM, Biar Kamu Tahu Bedanya Nih

Yuk Mengenal Lebih Dekat BEM dan DPM, Biar Kamu Tahu Bedanya Nih

Awal kuliah, pasti kalian mendengar kata BEM dan DPM. Mendengar kata BEM pastinya sudah familiar dan paham apa tugas-tugasnya. Namun ketika mendengar kata DPM, pastinya banyak yang bertanya-tanya, apa itu DPM, apa tugas dan wewenangnya, bagaimana aktivitasnya dan lain sebagainya.

Secara sederhananya, DPM ialah “DPR”nya mahasiswa di kampus. Sementara BEM ialah “Pemerintah”nya. BEM dalam menjalankan tugasnya, selain pengurus inti–ketua, sekertaris, dan bendahara–dibagi menjadi beberapa departemen atau kementerian.

Mengenai tugas dan wewenangnya, sebenarnya tidak jauh berbeda. BEM secara umum bertugas menampung aspirasi, advokasi, koordinasi, katalisator, inisiator dan fasilitator mahasiswa. Semakin banyak derpatemen (kementerian) maka ruang lingkup kerja BEM juga semakin banyak.

Baca Juga  Hal romantis yang disukai cowok

DPM sendiri memiliki tiga fungsi utama yaitu Legislasi, Aspirasi-advokasi, dan Pengawasan yang dibagi menjadi beberapa komisi-komisi. Fungsi Legislasi ialah bertugas membuat undang-undang atau peraturan di tingkat universitas. Inilah hal yang paling membedakan kedua organisasi ini. Komisi yang berwenang mengenai legislasi, memiliki tanggung jawab atas produk hukum dan pengimplementasiannya di lapangan. Namun untuk menjadi sebuah produk hukum, komisi yang berwenang harus melewati beberapa tahapan mulai dari rapat antar anggota DPM, rapat paripurna, hingga uji publik (peraturan tersebut diujikan ke beberapa fakultas apakah sudah relevan dengan kondisi di lapangan atau tidak). Undang-undang yang dibuat diantaranya Undang-undang pemilwa, Pengawasan BEM, dan juga undang-undang ospek.

Baca Juga  LDR,,,Masalah atau anugerah

Fungsi aspirasi advokasi ialah menampung aspirasi mahasiswa mengenai kebijakan yang dilakukan oleh BEM, maupun meng-advokasi kasus-kasus yang terjadi dilapangan misalnya; mahasiswa bingung bagaimana syarat dan ketentuan mengajukan bidikmisi (susulan), dan lain sebagainya.

Sementara fungsi pengawasan ialah bertugasa melakukan pengawasan terutama kepada pihak BEM. Komisi ini menjadi ujung tombak dalam mengawasi kinerja BEM dari awal kepengurusan hingga demisioner pengurus. Ada beberapa indikator penilaian yang dibuat dengan melibatkan semua anggota DPM dan juga mahasiswa. Indikator tersebut disampaikan pada Triwulan kepengurusan pertama BEM. Di akhir periode jabatan, penilaian administratif dan teknis menjadi modal pada saat sidang umum. Ada penilaian diambil dari kelengkapan LPJ dan Proposal, Transparansi, Manfaat Kegiatan dan aspek lainnya.

Baca Juga  Tengoklah Bapak-Ibumu “Pulanglah Nak ....”

Itulah kurang lebih beberapa perbedaan mengenai kedua organisasi tersebut. Setiap universitas pastinya memiliki perbedaan mengenai fungsi dan peran masing-masing organisasi tersebut.

About Andan Prayoga

Kutu Buku yang suka makan makanan pedas|

Check Also

LMT; Lab Musik dan Tari Kebanggaan UNY, Yuk Intip Kelebihannya

Sebagai anak UNY, kalian patut merasa beruntung. Bagaimana tidak, karena UNY memiliki gedung yang super …