Artikel

5 Cara Alami untuk Mengatasi Masalah Rambut Rontok pada Pria

Rambut rontok memang sering dikeluhkan oleh kebanyakan orang, tidak terkecuali pria. Pria juga bisa mengalami kerontokan pada rambut, biasanya disebabkan oleh sensitivitas tubuh terhadap hormone Dihidrotestosteron (DHT). Rambut rontok juga dapat terjadi pda generasi muda karena masalah genetic. Tetapi, selain itu juga rambut rontok disebabkan oleh ketombe, penggunaan produk kimia untuk rambut yang berlebihan atau tidak cocok, dan juga pengunaan alat-alat piñata rambut yang kurang tepat.

Cara Mengatasi Rambut Rontok pada Pria

Seorang pria yang mengalami kerontokan rambut dapat menjadi penyebab terjadinya kebotakan. Terdapat berbagai cara untuk menghindarinya, salah satunya adalah dengan cara yang alami, diantarnya adalah :

  1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki kandungan vitamin dan asam lemak essensial yang mampu merawat kulit kepala dengan baik. Minyak kelapa menjadi salah satu cara mengatasi rambut rontok dengan baik. Terbukti dengan minyak kelapa yang sudah digunakan untuk menyuburkan rambut sejak zaman kerajaan kuno. Caranya adalah dengan melakukan pijatan pada kulit kepala dengan minyak kelapa, karena pijatan ini mampu membantu folikel rambut agar tetap aktif. Terlebih, dalam sebuah penelitian di Jepang yang dilakukan oleh Eplasty, pria Jepang dalam kondisi sehat yang mendapatkan pijatan kulit kepala dalam waktu 4 menit setiap harinya selama 24 minggu, memiliki rambut yang lebih tebal.

  1. Lidah Buaya
Baca Juga  Cara Penggunaan Sunblock yang Benar dan Tepat

Selain bermanfaat untuk masalah kulit, lidah buaya juga bermanfaat untuk kesehatan rambut, termasuk untuk mengatasi rambut rontok pada pria. Lidah buaya mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk kecantikan kulit dan rambut. Caranya yaitu dengan menghaluskan bagian dalam lidah buaya dan campurkan dengan bubuk neem. Lalu tambahkan minyak kelpa sebanyak 2-3 tetes. Kemudian oleskan ke bagian kulit kepala lalu diamkan selama kurang lebih 30 menit. Kemudian bilas dengan shampoo dan lakukanlah teratur.

  1. Cuka

Biasanya cuka digunakan sebagai tambahan di beberapa makanan untuk menambahkan rasa asam. Tidak hanya nmenjadi bahan penyedap ras, ternyata cuka juga bermanfaat bagi kesehatan rambut agar tidak mengalami kerontokan. Cuka mengandung asam amino dan asetat, vitamin B1 dan B2 yang dapat mengatasi kerontokan dan menjadikan rambut lurus serta berkilau. Caranya adalah dengan menggunakan larutan cuka setelah mencuci rambut, layaknya menggunakan kodisioner. Lalu, diamkanlah selama kurang lebih 2-3 menit kemudian bilas hingga bersih.

  1. Telur
Baca Juga  Tips Sewa Hiace Jakarta Sebelum Mudik

Telur tidak hanya bemanfaat sebagai bahan makanan saja, tetapi tlur juga bisa menjadi bahan untuk perawatgan kecantikan kulit maupun rambut. Kandungan protein pada telur mampu mengatasi rambut rontok pada pria. Protein dalam salah satu zat makanan sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut. Caranya adalah kocok satu telur untuk dijadikan masker pada rambut. Masker ini dapat digunakan sebelum keramas, lalun bilas dengan shampoo untuk menghilangkan bau amis hingga bersih.

  1. Teh Hijau

Selain dapat menjadi bahan makanan dan minuman, the hijau juga mampu menjadi bahan untuk perawatan kulit dan rambut. Pada penelitian di tahun 2005, polyphenolic pada the hijau mampu mengatasi rambut rontok pada tikus. Cara penggunaan the hijau yaitu dengan cara merebus dua kantong the hiaju, lalu tunggu airnya hingga cukup hangat, lalu oleskan pada akar rambut secara merata. Diamkanlah selama 1 jam, kemudian bilas sampai bersih. Lakukan hal ini secara teratur.

Walaupun salah satu penyebab rambut rontok adalah faktor genetic, tetapi biasanya faktor stress juga bisa mempengaruhinya. Karenanya, hindarilah stress dan lakukan perawatan alami.

admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Related Articles

Back to top button
X