MotivasiPojok #UNYureview

5 Rekomendasi Buku Bacaan Yang Bikin Kamu Semangat Meraih Mimpi

Buku adalah salah satu sumber informasi yang dapat membantu kita untuk memperluas wawasan. Baik itu buku pelajaran, novel, buku sastra, ataupun jenis bacaan lain. Bacaan pendek seperti artikel populer, esai, dan jurnal pun juga bisa menambah wawasan kita. Selain menambah wawasan, buku bisa membantu kita supaya memiliki mindset yang positif. Buku juga mampu memengaruhi pola pikir kita sehingga kita tergerak untuk bertindak sesuai dengan apa yang tertulis dalam buku tersebut.

Sebagai contoh, ketika kita membaca buku resep masakan lengkap dengan foto hasil makanan yang menggiurkan di sampingnya. Beberapa dari kita mungkin akan tergerak untuk mencoba resep yang paling menggiurkan. Atau ketika kita membaca buku motivasi berisi kisah inspiratif seorang pengusaha sukses padahal masa kecilnya sangat menyedihkan. Bisa jadi kita ikut terlarut dalam kisah tersebut dan bisa mengambil hikmahnya.

Nah, ngomong-ngomong tentang kisah inspiratif, sobat #UNYu pernah nggak sih merasa mimpinya banyak yang belum tercapai, tapi semangat untuk meraihnya sering naik turun? Kisah inspiratif itu bisa loh kamu gunakan untuk mendorong semangatmu dalam meraih mimpi lagi! Berikut beberapa buku yang penulis rekomendasikan untuk kamu yang sering naik turun semangatnya. Check it out!

1. Atomic Habits karya James Clear

Atomic Habits merupakan salah satu buku self improvement yang paling populer beberapa tahun belakangan ini. Atomic habits diambil dari kata atom yang artinya bagian terkecil pada sebuah benda dan habits yang berarti sebuah kebiasaan. Jika digabungkan, inti yang bisa didapat dari buku ini adalah cara mengubah kebiasaan melalui hal-hal yang kecil atau kita sebut dengan istilah 1%.

foto : medium.com

Dengan merutinkan hal-hal kecil ini, kamu akan merasakan hasil yang sangat luar biasa. Selain itu, kebiasaan buruk yang akan menghambat tercapainya mimpi kita, perlahan akan mulai hilang. Jadi, buat kamu yang masih punya kebiasaan buruk, terutama yang bisa menghambat kesuksesanmu, kamu wajib membaca buku ini!

Baca Juga  Ingin Memiliki Pekerjaan Impian? Contoh Template CV Keren Ini Bisa Menjadi Jurus Andalanmu

2. Dream Catcher karya Alanda Kariza

foto : anisanuha.com

Buku ini merupakan buku yang berisi pengalaman pribadi penulis dalam meraih mimpinya. Menariknya, buku ini memiliki beberapa bagian: Inventing Your Dreams, Take Downs, Designing The Blue Print, Making Them Come True, dan Living it. Selain itu, dalam buku ini juga terdapat lembar aktivitas yang bisa membantu kamu untuk mengelompokkan potensi yang kamu miliki, hambatan dalam meraih impian, tantangan apa yang kamu alami, dan daftar impian yang harus kamu capai. Dengan demikian, buku ini membantu kamu membuat to do list dalam meraih mimpi. Tentu saja kamu jadi lebih bersemangat untuk meraih mimpi.

3. Mantappu Jiwa by Jerome Polin

Jerome Polin adalah seorang youtuber yang saat ini sedang naik daun. Subscriber-nya bukan hanya dari kalangan anak muda, tetapi dari anak kecil sampai yang sudah cukup berumur. Kebanyakan dari kontennya mengandung edukasi untuk penontonnya. Contohnya, video battle matematika, pengetahuan umum, ataua vlog mengenai budaya Jepang yang disertai dengan fun fact atau pengetahuan baru sehingga dapat menambah wawasan.

foto : thejakartapost.com

Banyak yang kagum dengan prestasi yang dimiliki Jerome. Selain sibuk membuat banyak konten video, dia tetap bisa mengatur waktu untuk menyelesaikan perkuliahannya di Jepang. Jerome sering menyisipkan sedikit motivasi dalam videonya. Bahkan beberapa video dikhususkan untuk menceritakan bagaimana perjuangannya dalam bertahan hidup menjadi mahasiswa di luar negeri.

Tidak hanya video, ternyata Jerome sudah memiliki buku karyanya sendiri dan berhasil menjadi buku best seller. Buku berjudul “Buku Latihan Soal Mantappu Jiwa” tersebut berisi tentang kisah hidup Jerome yang memiliki cita-cita untuk pergi ke luar negeri dan bagaimana dia memperjuangkannya. Dengan membaca kisah Jerome tersebut, pembaca bisa ikut terbakar semangatnya dalam meraih mimpi. Jerome saja bisa menggapai impiannya, masa kamu enggak?

Baca Juga  Karakter Mahasiswi UNY Berdasarkan Fakultasnya

4. Sepatu Dahlan by Khrisna Pabichara

Siapa yang belum kenal Dahlan Iskan? Beliau adalah mantan CEO surat kabar Jawa Pos dan mantan menteri BUMN pada masa pemerintahan presiden SBY. Khrisna Pabichara adalah penulis buku berjudul “Sepatu Dahlan”. Buku tersebut berisi tentang kisah hidup Dahlan Iskan sejak kecil. Dalam buku tersebut, diceritakan bahwa untuk pergi ke sekolah, Dahlan tidak menggunakan sepatu karena tidak mampu untuk membelinya. Hingga pada akhirnya, beliau mampu membeli sepatu dan sepeda karena prestasi yang diraihnya.

foto : buntelanbuku.wordpress.com

Buku tersebut mengajarkan bahwa seberat apapun keadaan kita saat ini, kita harus terus bermimpi dan berusaha untuk menggapainya. Kamu nggak boleh melewatkan cerita masa kecil Dahlan Iskan yang terdaoat dalam buku ini. Karena buku ini bisa memberikan kita pelajaran bagaimana berjuang melawan kerasnya hidup.

5. Insecurity karya Alvi Syahrin

foto : decode.uai.ac.id

Buku karangan Alvi Syahrin ini berisi tentang bagaimana cara kita berdamai dengan rasa insecure. Perasaan insecure sering kali mengganggu langkah kita dalam meraih mimpi. Kita menjadi berlarut-larut dalam penyesalan atau kesedihan, bahkan sampai malas untuk melanjutkan mimpi-mimpi kita. Sebetulnya, insecure itu boleh-boleh saja kok, tapi jika rasa insecure tersebut bisa meningkatkan semangat belajar kita. Ketika kita tahu bahwa teman kita sedang bahagia dengan pencapaiannya, kita tidak boleh dan tidak mau kalah dengannya. Tekad kita untuk bisa mengejarnya justru menjadi lebih tinggi, itu baru boleh. Nah, supaya kamu bisa memiliki mindset seperti itu, buku “insecurity” karya Alvi Syahrin ini sangat cocok buat kamu baca.

Nah, itu tadi 5 rekomendasi buku yang bisa meningkatkan semangat kamu dalam meraih mimpi. Jadi, apa kamu sudah memutuskan akan membaca buku yang mana?

Zahra Radhiyya M

Mahasiswi S1 Pendidikan Teknik Boga

Related Articles

Back to top button
X