Pojok #UNYuUNY Banget

7 Karakter Unik dari Fakultas-Fakultas di UNY ; Kamu yang Mana ?

Pepatah  pernah mengatakan bahwa bahasa bisa menunjukan bangsa . Oleh karenanya ,ciri khas yang dimiliki oleh suatu  benda atau hal  sering menjadi legenda dan ingatan khalayak ramai. Contoh sederhananya misal karakter second lead  drama korea Endlees Love  yang sudah tayang tahun 2005 lalu  atau drama yang sedang booming Squid Game .  Hal-hal unik semacam itulah yang menjadi memori hangat di hati masyarakat.

Tak terkecuali  karakter-karakter unik yang ada di fakultas sebuah kampus. Kamu pasti kadang-kadang berpikir jika fakultas tertentu memiliki ciri khas unik yang tidak dimiliki oleh yang  fakultas lain. Salah satunya adalah kampus UNY. Kampus yang sering menjadi simbol institusi pencetak pendidik bangsa terbaik di kota pelajar ini memiliki sejumlah fakultas. Masing-masing fakultas pastinya memiliki ciri khas dan image tertentu. Penasaran apa saja karakter dan ciri khas tiap fakultas di UNY ? Let’s check this out !

  1. Fakultas Bahasa dan Seni

Fakultas bermakara ungu ini sering digadang-gadang sebagai gudangnya anak-anak seni. Asal penamaan ini dilatarbelakangi oleh banyaknya jurusan berbau seni seperti seni rupa, tari, seni pertunjukan, hingga seni musik di fakultas ini.  Ahli bahasa juga banyak yang merupakan jebolan dari fakultas ini mulai dari bahasa Inggris, Jerman, hingga Perancis. Konon, katanya anak-anak fakultas ini juga terkenal sebagai “anak ISI” namun versi kedua dengan gayanya yang khas, rebel, supel, berjiwa kreatif , serta  berpenampilan necis.

Ssst!! Konon ,anak-anak Fakultas Bahasa dan Seni pasti sering begadang, jadi siap-siap bagi para maba-maba club !

  1. Fakultas Ekonomi

Fakultas yang berada di persimpangan geprek legend Bu Wid dan area Kampung Karangmalang ini sudah terkenal sejak dulu sebagai pencetak ekonom-ekonom muda. Anak-anak fakultas ekonomi juga terkenal mendominasi lulusan terbaik se-universitas tiap tahunnya. Selain itu , anak –anak fakultas ekonomi terkenal sebagai gudang mahasiswi-mahasiswi gaul , modis dan fashionable . Hal ini juga bisa ditelaah dari kultur jurusan-jurusan di fakultas yang sering berhubungan dengan service  kepada masyarakat ,sehingga agar lebih tampil prima tentunya penampilan harus disiapkan sebaik mungkin. Mahasiswa-mahasiswa fakultas ini juga identik dengan benda sakti bernama “kalkultator”.Mereka juga terkenal dengan motto mereka berupa “balance enggak balance HARUS balance”.

  1. Fakultas Ilmu Keolahragaan
Baca Juga  Yuk, Semangat Berkarya dengan Mengenal Lebih Jauh Robotika UNY

Fakultas Ilmu Keolahragaan  sendiri merupakan salah satu fakultas terkenal di UNY khususnya dalam bidang mencetak atlet dan olahragawan. Fakta menarik ini membuat fakultas ini terkenal dengan ritme kuliahnya yang sering berada di luar ruangan, anak-anak yang sporty  dan juga mahasiswi-mahasiswi strong seperti karakter drama korea Strong Woman Do Bong Soon. Selain itu, Fakultas Ilmu Keolahragaan UNY juga menjadi tempat kuliah  timnas U-19 tahun 2014 yang lalu lho.

  1. Fakultas Ilmu Pendidikan

Fakultas yang terkenal dengan Mushola Al Qalam, Taman Hijau serta Parkiran Basement yang selalu penuh ini juga menjadi gudang ahli-ahli pendidikan Indonesia lho. Secara umum, biasanya mahasiswa fakultas ilmu pendidikan terkenal menggunakan baju bebas sopan , seragam hitam putih, batik atau kemeja rapi khususnya mahasiswa PGSD. Mahasiswanya juga terkenal ramah  sopan-sopan, detail , sabar serta telaten karena didukung cultur akademik dari fakultas. Mahasiswi fakultas ini juga terkenal identik  berkacamata .

  1. Fakultas Ilmu Sosial

Fakultas bermakara merah ini memiliki beragam jurusan. Fakta menariknya, salah satu cendekiawan Indonesia Prof. Dr. H. Ahmad Syafii Maarif merupakan alumni FIS UNY yang saat itu masih bernama FKIS. Jurusan-jurusan dibawah naungan fakultas ilmu sosial seperti Pendidikan Geografi hingga Ilmu Sejarah lengkap ada disini. Anak-anak fakultas ilmu sosial juga terkenal vokal, lantang  dan peka terhadap permasalah sosial di Indonesia, pemerintahan beserta kebijakan politiknya sekaligus ahli dalam perawatan bidang sejarah hingga sosial –kemanusiaan.

  1. Fakultas Teknik
Baca Juga  Fakta Menarik Tentang Gedung Parkir Terpadu UNY

Fakultas yang sering disebut sebagai rajawali utara karena letaknya di utara rektorat ini terkenal sebagai gudangnya ahli-ahli ilmu teknik. Sebagain siswanya yang berjenis kelamin laki-laki membuat fakultas teknik sering identik dengan karakter yang tegas dan maskulin  meskipun di UNY sendiri fakultas teknik tidak hanya diisi oleh siswa laki-laki namun juga perempuan seperti di prodi tata busana hingga tata boga. Karenanya, image dari fakultas teknik juga bersinambungan dengan sisi ahli memasak dan mendesign busana.

  1. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Fakultas yang berada persis didepan Masjid Mujahidin UNY ini sering terkenal sebagai mahasiswa yang banyak mendominasi kelulusan di bidang Pekan Ilmiah Mahasiswa. Selain FIP yang juga terkenal dengan mahasiswa berkacamata, di fakultas ini sering identik juga dengan mahasiswa berkacamata. Ciri khas lain dari mahasiswa fakultas ini adalah kegiatan laporan praktikum, kegiatan laboratorium, hingga percobaan-percobaan ilmiah. Tak ayal, FMIPA sering disebut sebagai gudangnya calon-calon ilmuwan .

  1. Sekolah Pascasarjana

Mahasiswa-mahasiswa sekolah pascasarjana umumnya terkenal rajin, rapih dan dewasa. Tak jarang, mahasiswa sekolah pascasarjana sering menghabiskan perkuliahan lebih banyak di perpustakaan pusat untuk mencari bahan referensi. Wah, rajin-rajin sekali ya.

Nah itu dia beberapa ciri dari fakultas-fakultas yang ada di UNY ?

Bagaimana ? Ada tambahan ?

Tentrem Restu Werdhani

Alam Terkembang Djadi Guru 🌻 Bisa diikuti potret kegiatannya di @pramudhiyawardhani

Related Articles

Back to top button
X