Pojok #UNYuTips

Anti Gagal! Inilah Tips Jawab Pertanyaan Sulit Saat Presentasi di Kelas

Halo, Sahabat UNYu!

Siapa nih yang selalu semangat kalau ada tugas kelompok di kelasnya?

Siapa juga yang selalu suka kalau ada presentasi di kelas?

Semua mahasiswa pasti pernah mengikuti presentasi di kelasnya, entah sebagai presentator atau peserta. Dosen juga sering membagi materi perkuliahan untuk dikerjakan oleh beberapa kelompok mahasiswa agar bisa dipresentasikan bergantian.

Anyway, saat Sahabat UNYu presentasi di depan kelas, pernah ngga sih ada rasa takut atau khawatir ngga bisa jawab pertanyaan teman-temannya saat masuk sesi tanya jawab? Khawatir pertanyaan temannya termasuk level HOTS (High Order Thinking Skills) atau keluar dari materi yang kalian sampaikan?

foto : pexels.com

Kalau kalian pernah merasakan khawatir/takut ngga bisa jawab pertanyaan teman-teman, kalian bisa terapkan trik berikut ini supaya presentasi kalian tetap lancar dan berjalan baik. Apa aja itu? Simak trik berikut ini, ya.

  • Tetap tenang dan siapkan jawaban terbaik

Trik pertama, Sahabat UNYu mesti tetap tenang dan jangan tergesa-gesa dalam menjawab pertanyaan. Pastikan, kalian merasa bahwa kalianlah yang paling menguasai materi ini. Kalianlah presentatornya. Selanjutnya, coba susun jawaban sebaik mungkin dan disampaikan dengan penuh percaya diri dan jelas.

  • Jika presentasi berkelompok, koordinasikan jawaban dengan teman presentator yang lain

Trik kedua yaitu kalian mesti berkoordinasi dengan teman sesama presentator. Kalian bisa membagi tugas untuk menjawab pertanyaan yang dianggap sulit itu. Kalian bisa juga saling menambahkan dan memperkuat jawaban agar terkesan kompak. Jangan lupa, sampaikan jawaban dengan sopan yang tenang.

  • Ajukan pertanyaan, “Apakah Teman-teman yang lain ada yang ingin memaparkan pendapatnya mengenai pertanyaan si X?”

Trik ketiga yang bisa dilakukan yaitu menawarkan teman-teman Sahabat UNYu yang lain agar bisa membantu menjawab pertanyaan sulit dari penanya itu. Dalam sesi presentasi dan diskusi, dosen biasanya juga mempersilakan mahasiswa-mahasiswanya untuk saling bertukar pendapat dan memaparkan sanggahan kepada mahasiswa lain. Jadi, Sahabat UNYu bisa gunakan tips kedua ini untuk memberi kesempatan teman-teman kalian memaparkan pendapatnya, tentunya sekaligus membantu kalian menjawab pertanyaan yang sulit untuk dijawab tadi.

  • Jawab sebisanya dan tawarkan untuk mencari jawaban lengkapnya di luar sesi diskusi ini

Jika Sahabat UNYu sudah mentok menghadapi pertanyaan HOTS dari si penanya, kalian bisa tetap mengusahakan untuk menjawab sebisanya. Lalu, kalian juga bisa menawarkan untuk mencari jawabannya bersama-sama di luar sesi diskusi ini. Dengan begini, kalian menunjukkan sikap tanggung jawab agar bisa menyelesaikan pertanyaan tersebut.

Baca Juga  Tanda-Tanda Ketika LDR Harus di akhiri

Nah, bagaimana Sahabat UNYu, tak perlu takut lagi ya saat menghadapi pertanyaan sulit atau level HOTS saat sesi diskusi presentasi di kelas. Tak perlu antipati atau takut pada teman yang mungkin mengajukan pertanyaan super sulit pada kalian. Itu tandanya, mereka yakin dan menganggap kalian mampu menjawab pertanyaan mereka. Jadi, tak perlu risau lagi, ya. Sesi presentasi dan diskusi adalah sesi paling asyik dan berharga untuk saling tukar pendapat. Semangat, Sahabat UNYu!

Anis Safitri

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2017 @irtifassina

Related Articles

Back to top button
X