Pojok #UNYuUNY Banget

Berbeda-Beda Tetap Satu Jua ; Mengenal Keluarga Kedua di UNY lewat Ormada !

Yogyakarta adalah salah satu tanah rantau yang menjadi ladang harapan baru bagi para pendatang dari segala penjuru Indonesia. Dilatarbelakangi sebagai kota pelajar yang terkenal dengan segudang perguruan tinggi dan sekolah favorit di bidangnya , tak heran banyak pelajar berbondong-bondong melabuhkan pilihannya di kota yang terkenal dengan Gudeg sebagai makanan khasnya ini.

Salah satu yang menjadi perguruan tinggi negeri favorit di bidang keguruan dan ilmu Pendidikan ada Universitas Negeri Yogyakarta. Perguruan tinggi eks IKIP ini juga menghimpun organisasi-organisasi mahasiswa daerah sebagai lumbung persahabatan yang legal di tingkat civitas akademika. Forum persatuan ini kemudian disebut dengan istilah ORMADA yang merupakan kepanjangan dari organisasi mahasiswa daerah

foto : .bemkmuny.com

Dilansir dari laman Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM KM) UNY  disebutkan bahwa ormada merupakan organisasi mahasiswa yang bergerak dengan kesamaan latar belakang kedaerahan dan atau kesukuan dimana ormada diwujudkan sebagai sebuah forum dan wadah bersama untuk saling berdiskusi dan bersilaturahmi .

Lalu ada ORMADA apa saja yang dapat diikuti oleh setiap mahasiswa UNY ?

Yang Pertama dari Pulau Sumatera bisa bergabung melalui :

  1. Rantauers Dari Lampung ; Silakan Bergabung Di Sanak Lampung UNY
foto : instagram.com/salamuny/

Apabila kamu adalah seorang calon mahasiswa baru UNY yang berasal dari Lampung dan memutuskan untuk menempuh studi kamu bisa bergabung Bersama rekan-rekanmu melalui ormada Sanak Lampung UNY atau biasa disingkat sebagai SALAM UNY  .Kamu bisa menegok informasi resminya melalui akun Instagram official @salamuny

  1. Kawan Bumi Rafflesia ; Mari Bergabung Di Himpunan Mahasiswa Bumi Rafflesia UNY

Beralih ke daerah lain di pulau Andalas ,animo calon mahasiswa juga datang dari bumi rafflesia Bengkulu .Organisasi daerah ini sendiri memiliki semacam sekretariat yang beralamat di Gang Brojomusti no 8A daerah Caturtunggal ,Depok ,Kab.Sleman.

foto : instagram.com/himamira.uny

Organisasi daerah ini sendiri terbilang masih baru karena baru terbentuk 26 September 2019. Adapun segala informasi resmi dari organisasi yang menyingkat namanya menjadi HIMAMIRA UNY ini bisa dilihat pada laman Instagram @himamira.uny

  1. Dari Tanah Sumatera Selatan ; Silakan Bergabung Melalui Mahasiswa Keluarga Sriwijaya UNY

Daerah yang terkenal dengan lagunya Gending Sriwijaya ini juga memiliki ormadanya di UNY. Ormada tersebut bernama MAHAKARYA UNY yang merupakan akronim dari Mahasiswa Keluarga Sriwijaya.

Beralamat di daerah Gondokusuman tepatnya Jalan Munggur no 110A Kota Yogyakarta , Mahakarya bisa menjadi rumah kedua bagimu para rantauers dari Sumatera Selatan. Seputar kegiatan dan informasi resmi lainnya dapat dilihat dilaman Instagram @mahakarya_uny.

  1. Mahasiswa Minang di UNY ; Silakan Bergabung Melalui IKMM

Tanah minang yang kaya akan makanan berbumbu nan lezat kemudian dapat kamu sama-sama rindukan rasa orisinilnya bersama sesama rantau lewat ormada Ikatan Keluarga Mahasiswa Minang atau IKMM.

Baca Juga  Dear Maba : Ingin PKKMB mu Lancar ‘Djaya ‘? Ikuti Tips Berikut Ini
foto : instagram.com/ikmmuny/

Terkenal dengan falsafahnya berupa “Saiyo Sakato” , IKMM bisa menjadi keluarga keduamu di Yogyakarta . Informasi lainnya bisa disimak melalui Instagram @ikkmuny.

  1. Saudara Sesama Sumatera Utara ; Bisa Bersua Lewat IMABA
foto : instagram.com/imabauny/

Bagi kamu mahasiswa yang berasal dari daerah Sumatera Utara dapat merapat bersama sesame kawanmu melalui Ikatan Mahasiwa Batak atau disebut IMABA.Berdiri sejak 2012 , IMABA sudah menjadi bukti kekeluargaan yang erat . Informasi lebih lanjut dapat dilihat melalui laman Instagram @imabauny

Beralih ke Pulau Djawadipa monggoh Akang ,Teteh , Mas dan Mbak  bergabung lewat :

  1. Daerah Ujung Kulon ; Mahasiswa Banten atau Tangerang bisa bergabung di UNY Banten dan HIMATA

Jika kamu berasal dari provinsi Banten dan sekitarnya termasuk Tangerang ,kamu dapat memilih bergabung melalui ormada UNY Banten atau Himpunan Mahasiswa Tangerang yang akrab disebut HIMATA.

Untuk UNY Banten informasi lengkap dapat dilihat pada Instagram @unybanten. Sedangkan , anak Tangerang bisa update informasinya melalui @himata_yogyakarta .

  1. Area eks Karesidenan Kedu ; Mari menyatu Bersama PERHIMAK ,FKMP ,dan SAHABAT BERSENYUM serta IM2U

Sobat Plat AA yang biasanya weekend menjadi gabungan “laju-laju club” bisa bergabung melalui asal daerah kabupatennya masing-masing .

Sobat Plat AA dengan Tugu Lawet sebagai ikon kabupatennya dapat bergabung melalui Perhimpunan Mahasiswa Kebumen atau PERHIMAK. Tetangga Kabupaten yaitu Kutoarjo dan Purworejo bisa bergabung melalui FKMP yang merupakan akronim dari Forum Keluarga Mahasiswa Purworejo.

Atau jika kamu berasal dari kota tembakau ,Temanggung silakan bergabung melalui Satu Hati Bersama Temanggung Tersenyum atau biasa disebut Ormada SAHABAT BERSENYUM.

Lain lagi jika datang dari arah Magelang . Ormada UNY besutan anak-anak Magelangan sendiri biasa disebut IM2U yang merupakan kepanjangan dari Ikatan Mahasiswa Magelang UNY.

Masing-masing dari ormada tersebut memiliki laman Instagram resmi pada alamat @perhimak_unyu , lalu @im2u_ disusul FKMP_UNY dan @sahabatbersenyum_uny.

Selamat stalking !

  1. Sahabat Solo Raya ; Monggoh bergabung dengan HUMANYS, IMAGIRI dan IKEMAS, HIMKA serta PINKY

Beralih ke area Solo Raya, kamu bisa bergabung lewat Persaudaraan Insan Klaten atau Pinky, disusul Himpunan Mahasiswa UNY Sragen atau HUMANYS, dilanjut Wonogiri dengan IMAGIRI serta Sukoharjo dengan Ikemas dan terakhir HIMKA sebagai himpunan mahasiswa asal Karanganyar Jawa Tengah.

  1. Plat Motor R ; Bisa Bergabung Lewat FORSIMANGGA, KMW Atau KMB UNY Hingga PERMAI CITA

Para pemilik plat motor R dapat berhimpun menjadi satu lewat KMB sebagai keluarga mahasiswa Banjarnegara, KMW untuk keluarga mahasiswa Wonosobo dan disusul terakhir dengan FORSIMANGGA untuk anak Purbalingga ,Jawa Tengah. Tidak ketinggalan, kumpulan anak Tjilacap bisa bergabung lewat PERMAI CITA.

  1. Rantauers Dari Pantura ; Mari Bersinambung Melalui KMPP , IMARUNY Dan FORSIMBA

Dari arah utara Jawa, silakan bergabung melalui Keluarga Mahasiswa Pelajar Pati atau KMPP dan IMARUNY untuk ikatan mahasiswa Rembang di UNY. Kemudian, apabila kamu berasal dari daerah Kabupaten Batang bisa bergabung lewat Forum Silahturahmi Mahasiswa Batang atau FORSIMBA.

  1. Perwakilan Tatar Sunda hingga Cirebon ; bisa bergabung lewat Ormada KUNCI atau SUNY hingga PAMOR RAYA

Kamu Mojang geulis dari tanah Sunda khususnya Sukabumi bisa bergabung lewat ORMADA Sukabumi UNY atau SUNY. Sedangkan, apabila kamu berasal dari kota udang, Cirebon silakan bergabung bersama sesama kawan daerah melalui Keluarga UNY Cirebon atau KUNCI.

Baca Juga  Beberapa Fakta Menarik Tentang Gen Z

Namun ,apabila kamu berasal dari Kota Hujan silakan bergabung lewat PAMOR RAYA sebagai Perhimpunan Mahasiswa Bogor Daerah Istimewa Yogyakarta.

  1. Arek-arek Jawa Timuran ; bisa bergabung lewat IMAGO ,SEMAR ,dan IMJ

Ayo rek, asli Jawa Timuran silakan merapat melalui Ikatan Mahasiswa Bojonegoro atau IMAGO, Jombang dengan IMJ serta para seniman melalui SEMAR sebagai Sedulur Mahasiswa Reyog Ponorogo.

Terakhir , Nusa Tenggara silakan merapat melalui RUDAT dan KEMABI masing-masing untuk wilayah Lombok dan Bima. Sedangkan, Mahasiswa Asli Yogyakarta bisa tetap membuat forum partisipasi lewat  IMKP untuk Kulonprogro dan IMABA untuk Kabupaten Bantul. Dan tentunya masih banyak juga ormada yang belum disebutkan, seperti himpunan mahasiswa daerah Bali, Kalimantan, Sulawesi serta wilayah Indonesia Timur. Kuncinya, jangan lupa update informasi -informasi seputar UNY dan ormadanya melalui kakak tingkat atau teman sekolah menengahmu sebagai upaya menyicil energi untuk persiapan merantau ya.

Begitulah, memantapkan hati untuk jauh dari keluarga kemudian pergi mengembara meneruskan studi di lain kota adalah salah satu dari banyak fase yang dialami manusia. Berjuang sendirian di tanah rantau tanpa kawan sedaerah sering menyebabkan rasa homesick yang memuncak. Sehingga tidak ada salahnya kamu untuk bergabung bersama keluarga sedaerah lewat ormada.

Selain tersambungnya tali asih dengan sesama kawan dari daerah asal, berkumpul dan mengenal banyak kawan sedaerah akan membantumu Ketika suatu hari mengalami kesulitan di tanah rantau. Atau ketika musim mahasiswa baru tiba ,kamu bisa mendapatkan wejangan asyik dari para seniormu yang sudah lebih dahulu merantau .

Selamat Merantau!

Tentrem Restu Werdhani

Alam Terkembang Djadi Guru 🌻 Bisa diikuti potret kegiatannya di @pramudhiyawardhani

Related Articles

Back to top button
Close
X