Mahasiswa BangetPojok #UNYu

Apa Itu HIMA? Mahasiswa Baru Wajib Tahu!

Para maba yang akan menjalani kehidupan kampus di UNY pastinya harus tahu dong organisasi dan event apa saja yang ada di UNY. Terlebih untuk mantan anak event atau anak organisasi waktu di SMA dulu, harus, wajib, kudu tahu organisasi dan event apa saja yang ada di UNY. Tujuannya supaya ketika ada open recruitment anggota atau pengurus, nantinya nggak usah pikir panjang lagi mau ikut organisasi apa. Hehe.

Sebenarnya, banyak sekali organisasi yang ada di UNY, baik tingkat universitas, fakultas, maupun jurusan. Nggak wajib diingat semua namanya juga, sih. Setidaknya, cukup tahu organisasi dan event apa yang ada di UNY.

Salah satu HIMA yang ada di Fakultas Teknik (Sumber: Youtube HME FT UNY)

Nah, kali ini kita bahas dari tingkatan yang paling dekat dulu, yaitu HIMA. HIMA adalah istilah singkatan dari Himpunan Mahasiswa, salah satu organisasi kampus yang cakupannya hanya seputar jurusan. Di dalamnya terdapat pengurus inti seperti ketua, wakil, sekretaris, dan bendahara, serta terdapat beberapa divisi yang memiliki program kerjanya masing-masing. Tujuan diadakan program kerja tersebut untuk mencapai visi dan misi HIMA tersebut . Lebih simpelnya, HIMA ini mirip seperti OSIS di Sekolah Menengah. Bedanya, kalau HIMA ini ya hanya mencakup aktivitas jurusan saja.

Kita ambil satu contoh, di UNY, ada tiga tingkatan yang sering terdengar di telinga warga kampus, yaitu tingkat universitas, fakultas, dan jurusan. Misal, Sobat #UNYu masuk di fakultas teknik, jurusan PTM (Pendidikan Teknik Mesin), di dalamnya terdapat beberapa program studi, yaitu prodi Pendidikan Teknik Mesin (S1), Teknik Mesin (DIV), dan Teknik Manufaktur (DIV). Karena HIMA Mesin merupakan organisasi di lingkup jurusan, maka prodi-prodi yang ada di dalamnya termasuk dalam anggota HIMA Mesin. Adapun untuk menjadi pengurusnya, harus mengikuti prosedur open recruitment yang ada terlebih dahulu.

Baca Juga  Antara Jaminan PNS Atau Pengabdian

Sobat #UNYu tentu sudah paham kan apa itu HIMA? Jadi punya bayangan seperti apa HIMA itu, bukan? Nah, kalau sudah punya bayangan, organisasi ini sangat bisa kalian coba, terutama untuk kalian yang ingin mendapat gelar mahasiswa kura-kura (kuliah-rapat kuliah-rapat). Nggak salah kok, tujuannya supaya punya banyak pengalaman organisasi, bukan hanya prestasi akademik. Tapi, jangan lupa juga untuk pandai memanajemen waktu, ya!

Zahra Radhiyya M

Mahasiswi S1 Pendidikan Teknik Boga

Related Articles

Back to top button
Close
X