MahasiswaMahasiswa BangetPojok #UNYu

Kebiasaan Buruk Ini Mempengaruhi Karier Seorang Mahasiswa

Berbicara mengenai dunia perkuliahan kami ingin tau nihh, apa sih mimpi kalian saat lulus kuliah? Untuk bekerja atau melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi? Well, apapun mimpi kalian sebagai mahasiswa kalian pastinya perlu mempersiapkan diri untuk mencapai mimpi kalian.  Nahh, Salah satu cara yang dapat kalian lakukan untuk mencapai mimpi adalah dengan cara menghilangkan kebiasaan buruk dalam diri kalian. Mengapa demikian? Karena ketika kalian membudayakan suatu kebiasaan buruk pastinya kebiasaan itu akan tetap ada bahkan hingga kalian lulus kuliah dan berkarier. Tau ngga sih kalian, ada beberapa kebiasaan buruk yang bisa mempengaruhi karier kalian setelah lulus kuliah lhoo.

Penasaran ngga sih kebiasaan apa aja itu? Kalau penasaran, langsung saja yukk kita simak 3 kebiasaan buruk yang mempengaruhi karier mahasiswa di bawah ini:

  • Kurang Bersosialisasi

Kebiasaan buruk pertama yang dapat mempengaruhi karier kalian adalah kurang bersosialisasi. Mengapa demikian? Hal ini disebabkan dalam proses membangun karier pastinya kalian akan membutuhkan banyak relasi. Sebagai contoh: Ketika kalian ingin bekerja di bidang yang kalian impikan, pastinya kalian memerlukan informasi mengenai lowongan pekerjaan di bidang yang kalian impikan. Nah, dan disinilah relasi berperan dimana ketika kalian memiliki banyak kenalan pastinya kalian akan mendapatkan banyak informasi mengenai lowongan pekerjaan yang kalian dambakan. Sehingga, secara tidak langsung memiliki banyak relasi akan membantu kalian dalam membangun karier kalian.

  • Senang Menunda Pekerjaan
Baca Juga  Rekomendasi Bukber Ramadan 2023, All You Can Eat di Hotel Yogyakarta

Kebiasaan buruk kedua yang dapat mempengaruhi karier kalian adalah senang menunda pekerjaan.  Mengapa demikian? Hal ini disebabkan,karena ketika kalian menunda suatu pekerjaan pada satu hari pastinya di hari selanjutnya kalian akan semakin malas mengerjakan suatu pekerjaan tersebut. Nah, bagi mahasiswa kebiasaan ini banyak ditemukan ketika mahasiswa mendapatkan tugas dengan deadline yang lama. Dimana, ketika mahasiswa mendapatkan tugas dengan deadline lama, mahasiswa cenderung menunda tugas hingga mendekati deadline untuk mengerjakan penugasan yang diberikan. Namun, tau ngga sih kalian kebiasaan seperti ini akan mempengaruhi karier yang dibangun oleh mahasiswa tersebut nantinya. Mengapa demikian? Hal ini disebabkan ketika mahasiswa mengerjakan tugas saat mendekati deadline maka secara otomatis penugasan yang dikerjakan akan kurang maksimal sehingga pastinya akan menghasilkan nilai yang kurang maksimal. Dengan adannya nilai yang kurang maksimal ini tentunya akan mempengaruhi mahasiswa tersebut ketika akan berkarier dalam institusi tertentu. Hal ini dikarenakan, nilai juga menjadi salah satu tolak ukur diterima atau tidaknya seseorang berkarier dalam sebuah institusi tertentu.

  • Senang Mengeluh
Baca Juga  Yuk, Kenalan dengan SIBIMTA (Sistem Informasi Bimbingan Tugas Akhir) UNY!

Kebiasaan buruk ketiga yang dapat mempengaruhi karier kalian adalah kebiasaan senang mengeluh akan suatu pekerjaan. Mengapa demikian? Hal ini disebabkan karena ketika kalian mengeluh tentunnya kalian hanya akan berfokus pada sulitnya suatu masalah tanpa memikirkan cara untuk menyelesaikan masalah tersebut. Bagi mahasiswa kebiasaan ini akan muncul ketika mahasiswa tersebut mengalami permasalahan pada perkuliahannya. Banyak ditemukan mahasiswa dengan kebiasaan ini mudah menyerah dalam menyelesaikan permasalahannya dan pada akhirnya akan mempengaruhi karier mahasiswa tersebut saat lulus. Dimana, ketika mahasiswa dengan kebiasaan buruk ini mulai berkarier dan mengalami masalah dalam karier mereka maka mahasiswa tersebut akan cenderung stuck pada kesulitan karier mereka tanpa memikirkan jalan keluar dari masalah yang mereka hadapi.

Nah, itulah kira-kira beberapa kebiasaan buruk yang dapat mempengaruhi karier kalian. Akhir kata, Kalau hingga saat ini kalian masih melakukan kebiasaan buruk tersebut. Yukkk, kita sama-sama menghilangkan kebiasaan-Kebiasaan buruk tersebut demi menyongsong masa depan yang cerah.

Related Articles

Back to top button
X