Pojok #UNYuTips

Kiat-Kiat Survive Menjadi Mahasiswa Tata Boga

Saat kita mulai menjadi mahasiswa kita harus segera melupakan masa-masa menjadi siswa SMA. Menjadi mahasiswa berbeda dengan masa kita pada saat sma karena semua tugas dan tanggung jawab sudah menjadi beban kita sendiri. Seperti halnya menjadi mahasiswa tata boga mulai dari mata kuliahnya, praktik, pertemanan tugas kita sudah harus bisa mengatur sendiri 

Beberapa siswa SMA yang penasaran dengan program studi ini harus mulai banyak mencari tahu apa yang harus dipersiapkan pada saat ingin menjadi mahasiswa boga. Sehingga saat kita sudah mulai berkuliah kita tidak akan merasa bingung dan salah jalan. 

doc pribadi

Dengan itu ada beberapa kiat kita yang bisa dilakukan dan diketahui untuk siap menjadi mahasiswa tata boga. 

Kiat kiat yang harus kita persiapkan saat menjadi mahasiswa tata boga yaitu: 

  1. Siap untuk mempelajari berbagai materi 

Menjadi mahasiswa tata boga harus siap untuk beradaptasi dengan berbagai materi, mulai dari continental, oriental, pastry, baking, tata hidang. Tetapi tidak usah khawatir karena saat disemester awal kita tidak akan langsung mempelajari semua materi secara mendalam, pada awal semester kita akan mulai dengan belajar potongan sayur, membuat hiasan untuk plating, bumbu dasar, stock dll yang pastinya kita akan memulai dari awal bersama-sama. 

2. Tidak hanya memasak namun ada materi yang berkaitan dengan pangan

Ternyata saat sudah menjadi mahasiswa tata boga tidak hanya mempelajari masak memasak, namun kita juga harus belajar tentang gizi, keamanan pangan, pengendalian mutu pangan, bagi mahasiswa tata boga yang mengambil kependidikan, kita juga harus siap untuk materi materi tentang kependidikan mulai dari ilmu Pendidikan, manajemen Pendidikan dll. 

3. Harus bisa memasak 

Mahasiswa tata boga sebenarnya tidak dituntut untuk langsung jago memasak namun setidaknya bisa dan memiliki niat untuk belajar memasak, saat kita ingin praktik dan merasa kita tidak menguasai hal terssbut sebaiknya kita bisa mempelajari lebih dalam terkait materi tersebut, bisa dengan menonton YouTube, membaca materi lebih lanjut atau bahkan kita mempraktikkan di rumah agar kita lebih siap dan paham dengan step step yang ada sehingga hasil maksimal

4. Siap adaptasi dengan peralatan 

Selain bisa dan niat untuk belajar memasak kita juga harus paham dan cepat beradaptasi dengan peralatan yang ada karena saat diruang praktik semua peralatan adalah alat-alat yang akan ada di industri. Dengan itu saat kita pertama kali menggunakan alat tersebut kita harus sudah bisa mengoperasikannya lagi dengan lancar, seperti penggunaan oven, menyalakan kompor, dan berbagai alat yang lain. 

5. Siap dengan serba serbi di tata boga 

Selain bisa memasak, adapatasi dengan alat, kita juga harus siap dengan hal-hal khusus yang ada di tata boga, contohnya yaitu sebelum praktik kita akan membuat laporan persiapan praktik, setelah praktik kita juga harus membuat laoran praktik, lalu kita juga harus menyiapkan budget untuk membeli seragam seperti chef jacket, apron, topi, jas service dan beberapa peralatan pribadi untuk menunjang kegiatan praktik. Selain itu juga harus menyiapkan budget lebih untuk hal-hal yang tidak terduga seperti uang untuk membeli bahan yang ternyata tidak ada ditempat penyimpanan bahan yang ada di kampus. 

6. Cari teman yang baik

Selain beberapa hal tadi mungkin hal terakhir ini menjadi hal yang bisa membantu kita untuk bisa survive menjadi mahasiswa tata boga 

Yang terakhir, kiat kiat yang bisa menunjang kehidupan kita dikampus yaitu teman, carilah pertemanan yang sehat sehingga kita bisa menjalani perkuliahan Bersama sama dari awal hingga nanti wisuda. 

Menjadi seorang mahasiswa memang perlu adaptasi dari lingkungan yang sebelumnya beberapa hal harus disiapkan oleh guru, namun saat kita beranjak menjadi mahasiswa maka kita sudah harus siap mengemban semua tanggung jawab kita sendiri. 

Dengan mengetahui beberapa hal tersebut diharapkan bagi teman teman yang masuk ke program studi tata boga menjadi lebih tergambar apa saja yang dibutuhkan ketika  kita menjadi mahasiswa baru di tata boga mulai dari materi yang berbagai macam, lalu kita juga masih mempelajari hal yang berkaitan dengan pangan seperti gizi kemanaan pangan, harus siap dengan peralatan masak yang sesuai standar industri sehingga perlu adapatasi, siap juga dengan beberapa hal-hal yang juga perlu disiapkan seperti budget untuk membeli peralatan, membeli seragam, dan membuat laporan, serta yang tidak kalah penting adalah pintar pintar dalam memilih teman seperjuangan, pilihlah teman yang mampu membawa kita untuk menjadi mahasiswa yang lebih maju. Dengan beberapa tips ini diharapkan bisa menambah sudut pandang baru untuk yang ingin masuk ke program studi tata boga ini.   

Baca Juga  Ingin Berjelajah Keluar Negeri dengan Nyaman? Kuy Simak Tips-Tips Berikut Ini

Related Articles

Back to top button
X