Mahasiswa BangetPojok #UNYu

Mau Nilai KKN-mu Auto A? Lakukan 5 Strategi Ini!

KKN termasuk mata kuliah praktik yang menjadi ajang mahasiswa mencari ilmu kehidupan di masyarakat. Tak hanya mengaktualisasikan ilmu yang didapat sewaktu kuliah, KKN sangat bermanfaat untuk menambah skill hidup di lingkungan masyarakat.

Salah satu program KKN yang ada di Trimulyo 1, Kepek, Wonosari, Gunungkidul (Sumber: dokumentasi pribadi)

Buat Sahabat UNYu yang ingin KKN-nya dapat nilai A, wajib banget lakukan strategi-strategi ini. Eitss, ingat ya, strategi ini bukan semata-mata melatih kalian untuk terpaku pada nilai saja. Dari strategi-strategi ini, kalian akan belajar bertanggung jawab, disiplin, dan kreatif. Tanpa nunggu lama, simak strategi berikut ini, ya.

  1. Buat Program KKN yang Menjawab Permasalahan dan Memberdayakan Masyarakat

Sebenarnya, hal ini sudah pasti akan dijelaskan pada kegiatan pembekalan mahasiswa KKN. Penulis hanya akan mengingatkan agar Sahabat UNYu menyiapkan program terbaiknya. Program yang dibuat bisa menjawab masalah/keresahan yang ada di masyarakat, misalnya pelatihan penggunaan aplikasi video call untuk perangkat dusun. Program ini dirancang karena banyaknya perangkat dusun yang belum paham cara pakai Zoom, Google Meet, dll. Padahal, di masa pandemi ini fasilitas video call termasuk jenis media komunikasi yang penting kan.

Program KKN penghijauan lingkungan dengan menanam bibit sayuran (Sumber: dokumentasi pribadi)

Selain menjawab permasalahan di masyarakat, Sahabat UNYu bisa membuat program yang berguna untuk pemberdayaan masyarakat sekitar. Misalnya, di Dusun A terdapat ibu-ibu yang suka membuat kerajinan tangan. Kalian bisa membuat program pelatihan pembuatan buket bunga, bros pita, eco brick, atau yang lain. Bisa jadi, dari pelatihan yang diadakan mahasiswa KKN, para ibu-ibu berminat untuk membuka bisnis kerajinan itu karena sebelumnya sudah dapat bekal dari mahasiswa KKN. Mantap ngga tuh!

  1. Disiplin Isi Logbook dengan Lengkap

Tahun lalu, penulis merasakan KKN dan dapat DPL (Dosen Pembimbing Lapangan) yang cukup killer. Beliau menerapkan kebiasaan disiplin dengan mengimbau mahasiswa bimbingannya agar tiap minggu/di akhir pekan rutin mengisi logbook/jurnal harian.

Baca Juga  Mau Tes TOEFL? Langsung Kepoin Layanan Tes TOEFL di UNY, Yuk!
Gambar oleh David Schwarzenberg (Sumber: Pixabay)

Sebagai mahasiswa pada umumnya, penulis suka menunda-nunda. Alhasil, penulis termasuk yang pernah kena marah DPL. Dari situ, logbook mulai rutin diisi dan penulis tak berani lagi menunda-nunda. Nah, dari sini kita bisa belajar kalau dosen menyukai mahasiswanya yang disiplin. Mengisi logbook/jurnal harian termasuk kegiatan yang sering disepelekan mahasiswa KKN. Karena alasan lelah melaksanakan program KKN, biasanya mahasiswa suka menunda untuk mengisi logbook/merapelnya di akhir bulan. Percaya deh, kebanyakan dosen lebih menyukai mahasiswa yang disiplin. Bagaimana pun, mengisi logbook dengan sistem rapelan hanya akan menyusahkan kita sendiri karena kita bisa jadi lupa dengan kegiatan yang sudah kita lakukan di waktu yang lalu-lalu. So, entah bertemu DPL killer/engga, biasakan mengisi logbook dengan rajin, ya.

  1. Publikasikan Program yang Sudah Terlaksana ke Media Cetak/Online

Nah, ini termasuk strategi tersembunyi yang penulis dapat dari kakak tingkat terdahulu. Berdasarkan pengalaman kakak tingkat, DPL biasanya menyukai jika program KKN mahasiswa bisa dipublikasikan, terlebih jika program itu sangat bagus dan terlihat membawa dampak pada masyarakat.

Untuk Sahabat UNYu yang ingin mempublikasikan programnya, penulis saranin terlebih dahulu untuk mencoba mempublikasikannya ke media online. Mengapa demikian? Tentunya biar kalian ngga perlu keluar biaya banyak dong alias gratis hehe…

Contoh program KKN yang dipublikasikan ke Kompasiana (Sumber: dokumen pribadi)

Sahabat UNYu bisa coba media online seperti Kompasiana.com, Indonesiana.id, dan Siedoo.com. Kalian bisa intip dulu website-nya seperti apa. For your information, kalian bisa lebih mudah menggunakan Kompasiana.com dan Indonesiana.id karena tinggal buat akun dan mengunggah artikel kalian. Asalkan memenuhi syarat dan ketentuan, artikel akan cepat diterbitkan kok. Untuk Siedoo.com, kalian musti kirim artikel kalian dan menunggu keputusan editor, apakah layak terbit/tidak. Sebenarnya, ada banyak website (media online) lain yang lebih terkenal dan proper untuk menerbitkan artikel, seperti Tribun, Kompas, Detik, dan Tempo. Tapi ya itu, butuh effort lebih besar. Kalau kalian ingin mempublikasikan ke media cetak seperti koran, sepertinya juga perlu effort lebih besar dan dana yang tak murah. Pada akhirnya, kembali lagi ke kalian. Jika kalian ada waktu lebih dan dana cukup, coba saja publikasikan ke media cetak/online. Pilihlah media yang sesuai dengan kemampuan kalian.

  1. Kerjakan Tagihan KKN dengan Maksimal

Gambar oleh Tumisu (Sumber: Pixabay)

Biasanya, di akhir pengabdian KKN mahasiswa disuruh mengumpulkan matriks yang sudah disetujui, laporan akhir, dan keluaran yang didokumentasikan. Kalian juga disuruh untuk menyelesaikan logbook. Nah, jangan lupa untuk mengerjakan semua tagihan KKN dengan maksimal, ya. Lagi-lagi, untuk hasil maksimal, kalian bisa menyicil di waktu menjelang akhir KKN. Jangan lupa arsipkan segala dokumentasi di tiap program KKN agar jika dibutuhkan mudah dicari. Pengiriman tagihan KKN juga jangan sampai terlambat/melebihi batas waktu yang diberikan oleh DPL.

  1. Banyak Berdoa Memohon Hasil Terbaik

Gambar oleh Muntaha Nega (Sumber: Pixabay)

Terakhir, jangan lupa untuk berdoa setiap selesai ibadah. Minta pada Allah agar memberikan nilai KKN yang terbaik. Jangan lupa juga, memohon agar semua pelajaran dan hikmah yang didapat sehabis KKN bisa bermanfaat untuk diri kalian dan bisa membentuk pribadi yang lebih baik.

Baca Juga  UNY Segera Gelar Vaksinasi Bagi Mahasiswa

Nah, itulah beberapa strategi yang bisa Sahabat UNYu lakukan biar nilai KKN auto A. Sebenarnya prioritas utama ngga harus A bulat juga, ya. Yang terpenting yaitu selepas KKN Sahabat UNYu bisa jadi pribadi yang lebih peka terhadap keadaan sosial dan lebih baik. Namun, jika dapat nilai A bersyukur banget tentunya karena bisa membahagiakan orang tua. Selamat menjalankan ibadah KKN bagi Sahabat UNYu yang bentar lagi mau lulus.

Anis Safitri

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2017 @irtifassina

Related Articles

Back to top button
Close
X