intip JurusanPojok #UNYu

Mengenal Lebih Dekat Prodi Baru Pengelolaan Usaha Rekreasi FIK UNY

Universitas Negeri Yogyakarta pada tahun 2021 telah membuka program studi baru salah satunya berlokasi di kampus baru Gunungkidul. Prodi yang dibuka adalah program vokasi D-IV bernama Pengelolaan Usaha Rekreasi. Prodi ini berada dibawah naungan Fakultas Ilmu Keolaharagaan UNY. Dalam PMB UNY 2021 prodi D4 Pengelolaan Usaha Rekreasi termasuk dalam kelompok Saintek. Prosedur Pendaftaran di prodi pada umumnya sama seperti prodi lainnya di PMB UNY yang terdiri atas beberapa jalur. Jalur Seleksi tersebut antara lain: Seleksi Mandiri (SM) D-IV Prestasi Akademik, SM D-IV CBT Kampus atau Domisili, dan SM D-IV dengan menggunakan Skor UTBK 2021. Masing-masing jalur seleksi dipungut biaya pendaftaran sebesar Rp200.000,-

Kampus UNY Gunungkidul

Profil Lulusan dari Prodi D-IV Pengelolaan Usaha Rekreasi antara lain :

  1. Praktisi pengelolaan usaha rekreasi olahraga
  2. Wirausaha bidang rekreasi olahraga
  3. Perencana dan pengendali program usaha rekreasi olahraga
  4. Peneliti dan pengembang di bidang pengelolaan usaha rekreasi.
Baca Juga  Bingung Cari Perlengkapan Kost di Jogja? Kunjungi Tempat ini

Biaya Pendidikan bagi yang ingin menempuh D-IV Pengelolaan Usaha Rekreasi antara lain :

  1. Biaya pendidikan berdasarkan Uang Kuliah Tunggal (UKT) dengan mempertimbangkan tingkat kemampuan sosial ekonomi orangtua/wali mahasiswa.
  2. Mahasiswa D-IV yang diterima melalui jalur SM D-IV akan dikenakan minimal UKT kategori III dan Uang Pangkal Pengembangan Akademik (UPPA). Besaran UKT dan UPPA dapat dilihat pada laman http://pmb.uny.ac.id

Selain berbagai prospek lulusan dan biaya pendidikan, prodi ini juga telah menjalin kerjasama dengan berbagai instansi seperti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud RI), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf RI), Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkopukm RI), Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker RI), Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora RI), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP), Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia(Kemenkumham RI), Perguruan Tinggi dalam Negeri/Luar Negeri, dll.

Wisata Bukit Bintang di DIY

Dibukanya prodi ini memiliki tujuan mulia selain mecerdaskan teman-teman yang berada di kabupaten gunungkidul dan sekitarnya juga mencetak calon-calon enterpreneur muda di bidang pengelolaan wisata. Perlu diketahui, masih banyak objek-objek wisata yang indah dan menarik di kabupaten gunungkidul yang layak dikelola secara profesional. Diharapkan akan berdampak pada naiknya ekonomi masyarakat disekitar objek wisata serta menanbah pendapatan daerah.

Baca Juga  Kampus UNY Tercinta dan Segala Permasalahan Unik di Dalamnya

Demikian pembahasan mengenai prodi baru UNY yang dibuka pada PMB 2021 ini, selain prodi D-IV Pengelolaaan Usaha Rekreasi terdapat pula prodi-prodi baru yang dibuka di kampus gunungkidul dan sebagian juga berada di kampus Wates. Mengingat tergolong baru tentu tidak ada salahnya apabila kamu berniat dan mencoba mendaftar masuk prodi-prodi baru tersebut.

Semangat!

Naufal Shidqi Laras

Mahasiswa S1 Ilmu Sejarah UNY 2018 mnaufalshidqi.wordpress.com

Related Articles

Back to top button
Close
X