MahasiswaPojok #UNYu

Mengenal Para Pemangku Jabatan di Perguruan Tinggi, Mahasiswa Harus Tahu!

Memasuki dunia perkuliahan di perguruan tinggi akan ada banyak istilah yang akan kita temukan. Istilah-istilah ini bukan tanpa alasan seorang mahasiswa harus mengetahuinya. Mulai dari istilah dalam perkuliahan sampai jabatan-jabatan umum di perguruan tinggi. Tujuan mengetahui dan mengenal peran para jabatan di kampus ini tentunya akan memudahkan kita dalam menjalankan perkuliahan di kampus, dikarenakan dalam proses perkuliahan ini kita pasti akan berhubungan dengan para pemangku jabatan di kampus mulai dari permasalahan administrasi atau organisasi.

Berikut beberapa jabatan penting dan umum dalam dunia perguruan tinggi yang harus diketahui !

  1. Rektor

            Rektor adalah istilah yang umum digunakan pada perguruan tinggi untuk menyebut pimpinan utama dalam perguruan tinggi tersebut. Di dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional 2009, rektor adalah pimpinan tertinggi perguruan tinggi yang berkewajiban memajukan ilmu pengetahuan di masing-masing institusi melalui pendidikan dan penelitian, serta memberikan kontribusi maksimal kepada khalayak luas. Pada tahun 1950 digunakan istilah “Presiden Universitas” untuk menyebut pemimpin universitas, namun presiden saat itu kurang setuju dengan panggilan tersebut sehingga digantilah menjadi rektor.

  1. Dekan
Baca Juga  Ujian Nasional Boleh Saja Usai, Bukan Berarti Kamu Bisa Santai. Masih Ada Bangku Kuliah Idaman Yang Butuh Diperjuangkan!

            Dekan adalah pimpinan fakultas yang bertugas memimpin penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat, membina tenaga kependidikan, mahasiswa, tenaga administrasi dan administrasi fakultas. Dekan bertanggung jawab kepada rektor. Dalam menjalankan tugas sehari hari, seorang dekan dibantu oleh para wakil dekan.

  1. Kajur (Kepala Jurusan)

            Kajur atau Ketua Jurusan adalah pimpinan tertinggi di sebuah jurusan. Seperti yang telah diketahui, fakultas terdiri dari jurusan dan prodi. Biasanya di dalam jurusan ada prodi namun tidak berlaku ke semua jurusan. Ada pula jurusan tanpa prodi di dalamnya. Baik prodi maupun jurusan mempunyai strukturnya sendiri. Jurusan dipimpin oleh Kajur. Dalam menjalankan tugas, Kajur juga ditemani oleh Sekretaris Jurusan. Tugas pokok Kajur serupa dengan Kaprodi. Yang membedakan adalah lingkup kerjanya. Kajur fokus pada lingkup jurusan. Sementara Kaprodi mengurus penyelenggaran Tri Dharma Perguruan Tinggi di tataran prodi.

  1. Kaprodi (Kepala Program Studi)
Baca Juga  Kuliah Sambil Kerja Lancar Tanpa Kendala? Ini Dia Tipsnya

            Kaprodi adalah pimpinan tertinggi dalam struktur program studi. Kaprodi adalah orang yang bertanggung jawab dalam penyelenggaraan program studi yang dipimpinnya. Secara garis besar, tugas dan fungsi seorang kaprodi berkaitan dengan perencanaan kegiatan perkuliahan, penyusunan program kerja, pengoordinasian segala kebutuhan perkuliahan seperti penyediaan sarana dan prasarana, hingga evaluasi sistem pengelolaan prodi.

Elza Dian Siswanto

Accounting 2018 Yogyakarta State University

Related Articles

Back to top button
X