Pojok #UNYu

Perbandingan Mahasiswa Memilih Magang atau Organisasi, Lebih Baik yang Mana?

Tahun ajaran baru sudah mulai. Mahasiswa baru sudah mulai masuk untuk mengikuti masa orientasi kampus—dengan istilah masing-masing universitas. Mahasiswa dengan berbagai latar belakang membaur menjadi satu dan berinteraksi dengan lingkungan yang baru. Masa peralihan dari siswa menjadi mahasiswa.

Mahasiswa tentu saja masih awam dan meraba-raba bagaimana dunia kampus. Hal itu pun juga akan membuat mahasiswa penasaran dengan kegiatan non pendidikan yang ada di kampus. Ada mahasiswa yang ingin terlibat dalam kegiatan non pendidikan untuk meningkatkan skills, relasi, dan pengalaman. Nah, jika masih bingung apa perbedaan magang dan organisasi bisa dilihat sebagai berikut.

foto : linkedin alifandi-hidayat/

Magang

Magang adalah simulasi masuk langsung ke dunia kerja. Hal ini akan membantu mahasiswa untuk belajar skills yang dibutuhkan di dunia kerja. Dengan mengikuti magang juga akan membantu membuat rencana karier yang akan dipilih. Mengetahui hal tersebut akan membuat menjadi lebih mempersiapkan skills apa saja yang dibutuhkan ketika sudah lulus. Bagaimana kualifikasi yang diinginkan oleh penyedia lapangan pekerjaan.

Biasanya universitas memberikan mata kuliah magang pada mahasiswanya. Namun, ada juga mahasiswa yang mengikuti program magang di luar kampus karena ketertarikan masing-masing mahasiswa. Hal ini akan membantu mahasiswa yang mengikuti magang lebih siap dan lebih mengetahui bagaimana dunia kerja. Berikut kelebihan mengikuti magang yang bisa diperoleh.

Baca Juga  KKN Mandiri : Dari Plangisasi ke Mode Onlinenisasi, Ada Cerita Apa Saja ?

#1 Bisa menjadi karyawan tetap

Program magang akan membuat mahasiswa mengenal orang-orang yang berada di lingkungan kerja tersebut. Tentu saja jika kinerja yang diberikan saat magang bagus, akan membuat seseorang tersebut tidak menutup kemungkinan akan diangkat menjadi pekerja tetap nantinya setelah lulus.

#2 Mengenal dunia kerja

Dunia kerja dan dunia kampus tentu akan sangat berbeda. Di kampus kita akan lebih banyak belajar, di dunia kerja kita akan langsung terjun. Bagaimana waktu bekerja. Bagaimana menjalin relasi di dunai kerja.

#3 Mengetahui kemampuan yang dimiliki

Jika sudah mencoba terjun di dunia kerja tentu saja akan mengetahui bahwa diri kita akan cocok masuk di bagian apa. Bekerja tidak sesuai jurusan bukan lagi menjadi hal yang bermasalah. Dunia kerja saat ini yang dibutuhkan adalah skills dan bagaimana seseorang bisa menyesuaikan diri dengan cepat.

Organisasi

Organisasi mahasiswa memang dibentuk untuk mewadahi minat dan bakat mahasiswa. Ada banyak sekali organisasi yang tersedia di universitas. Tentu saja dengan visi dan misi tertentu yang berbeda setiap organisasinya. Mahasiswa bisa mengenali terlebih dahuluu organisasi yang akan diikuti. Hal itu bisa dilihat dan diketahui dari biasanya kampus akan membuaty semacam pengenalan organisasi kampus.

Baca Juga  Fakta Tentang PLAZA UNY yang Harus Kamu Tahu!

Mengikuti organisasi akan membawa kamu memiliki waktu yang berkualitas. Belajar banyak hal di dalam organisasi. Jangan sampai ragu dan tidak percaya diri meskipun tidak memiliki latar belakang mengikuti organisasi sebelumnya. Karena banyak di bangku SMA yang tidak pernah aktif organisasi sama sekali tiba-tiba menjadi mahasiswa yang aktif organisasi. Berikut kelebihan mengikuti organisasi.

#1 Meningkatkan skills

Dengan bergabung organisasi akan meningkatkan skills. Banyak sekali skills yang bisa diasah di dalam organisasi. Tentu saja yang paling sering diasah adalah skills public speaking. Tentu saja tadinya orang yang tidak memiliki kepercayaan diri akan mencoba berani tampil dan berbicara di depan umum. Dan tentu saja skills yang lain juga.

#2 Relasi yang luas

Tentu saja masuk di dalam organisasi akan bertemu dengan banyak orang dengan berbagai latar belakang dan berbagai jurusan. Orang-orang dengan pemikiran yang berbeda-beda dan dengan koneksi yang bisa membawamu mengetahui hal-hal baru dan orang-orang baru.

#3 Belajar mengatur waktu dengan baik

Waktu seringkali menjadi hal yang dianggap sepele oleh beberapa orang. Nah, di sela-sela tidak mengikuti jam perkuliahan, mahasiswa bisa memanfaatkan waktunya untuk mengikuti organisasi dan tentu saja akan membawa manfaat bagi mahasiswa tersebut.

Related Articles

Back to top button
X