MahasiswaPojok #UNYu

PKKMB, bermanfaat atau ngga sihh??? Yukk, Mengenal Lebih Dekat PKKMB

Tak kerasa ya bentar lagi udah penerimaan mahasiswa baru lagi. Jika membicarakan tentang penerimaan mahasiswa baru terutama penerimaan mahasiswa baru di UNY mesti kita nggak bisa lepas dari kata PKKMB. Jadi apa sih PKKMB itu? Jadi, PKKMB itu adalah singkatan dari Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru. Nah, sesuai dengan namanya pada intinnya PKKMB adalah kegiatan memperkenalkan kehidupan kampus kepada mahasiswa baru. Tau, ngga sih kalian PKKMB ini bermanfaat banget buat kehidupan kampus kalian lhooo. Penasaran ngga sih kalian tentang apa aja manfaat PKKMB.

Daripada penasaran, yuk kita mengenal lebih dekat PKKMB dengan cara mengetahui apa aja sih manfaat yang didapatkan dari PKKMB.

  • Membantu Mengenal Dunia Perkuliahan

Manfaat pertama yang bisa kalian dapatkan dari kegiatan PKKMB adalah membantu kalian mengenal kehidupan perkuliahan. Mengapa demikian? Jadi, dari kegiatan PKKMB ini nantinnya pastinya akan ada banyak kegiatan yang membantu kalian untuk lebih beradaptasi dengan kehidupan kampus. Salah satu kegiatan yang biasannya ada pada saat kalian mengikuti PKKMB adalah adannya workshop dari dosen/kakak tingkat mengenai mata kuliah yang akan kalian hadapi, tips kuliah, cara menghitung IPK, dll. Nah, tentunnya dengan banyaknya kegiatan ini akan membantu kalian dalam mengenal lebih dekat mengenai apa yang akan kalian hadapi nantinnya di dunia perkuliahan.

  • Mengasah kemampuan kalian dalam Bekerjasama
Baca Juga  Tumpeng, Simbol Perayaan HUT Kemerdekaan 17 Agustus dengan Segudang Makna

Manfaat kedua yang bisa kalian dapatkan dari kegiatan PKKMB adalah terasahnya kemampuan kalian dalam bekerjasama. Mengapa demikian?Jadi, hal ini dapat terjadi karena nantinnya saat PKKMB pastinnya kalian bakal ngerjain penugasan bareng banyak teman. Nah, dengan adannya penugasan dengan sesama ini secara tidak langsung pastinya bakal membantu kalian untuk mengetahui: Gimana sih cara kalian mengutarakan pendapat , Gimana sih cara menurunkan ego, Gimana sih cara menghargai pendapat teman, Gimana sih cara menjaga kekompakan sebuah tim dengan karakter yang berbeda, dll. Jadi, dengan banyaknya pembelajaran yang kalian dapatkan ini pastinya bakal membantu mengasah kemampuan bekerjasama kalian dengan orang lain.

  • Lebih mengenal teman satu angkatan

Manfaat ketiga yang bisa kalian dapatkan dari kegiatan PKKMB adalah akan membantu kalian mengenal lebih dekat teman satu angkatan kalian. Mengapa demikian? Jadi waktu PKKMB nantinnya, mesti bakal banyak kegiatan yang akan memaksa kalian untuk berinteraksi dengan teman satu angkatan kalian. Nah, dengan banyaknya kegiatan ini pastinya akan membuat kalian lebih mengenal latar belakang serta kultur dari teman satu angkatan kalian. So, dengan banyaknya interaksi dengan teman satu angkatan ini tentunnya bakal ngebuat kalian belajar untuk memahami serta menghargai teman satu angkatan kalian yang berasal dari latar belakang yang berbeda

  • Melatih mental
Baca Juga  IPK tinggi bukan segalanya

Manfaat keempat yang bisa kalian dapatkan dari kegiatan PKKMB adalah terbentuknya mental kalian. Mengapa demikian? Jadi, di PKKMB nantinnya pastilah kalian akan menghadapi Petugas Kedisiplinan (PK) yang akan menghukum kalian kalau kalian melakukan sebuah kesalahan. Namun, meskipun PK bakal ngehukum kalian, kalian ga perlu takut kok sama PK, karena hukuman dari PK ini nantinnya akan bersifat membangun dan bakal bikin kalian lebih siap buat ngehadapin masalah yang terjadi di dunia perkuliahan kalian nantinya.

Nah, akhir kata di masa PKKMB ini, penulis berharap kalian tetep semangat dan jaga kesehatan yaa. Penulis, juga berharap di masa PKKMB nanti kalian bisa menikmati setiap momen yang terjadi. Hal ini karena,setiap momen dalam kehidupan kalian hanya terjadi satu kali/gak bakal terulang kembali lhoo.

Related Articles

Back to top button
X