Artikel

QRIS : Pembayaran Digital Ala Milenial

Tidak dapat dimungkiri perkembangan zaman menyebabkan digitalisasi merambah pada segala sendi-sendi kehidupan manusia urban. Mulai dari kegiatan pokok seputar makan minum, obrolan politik hingga desain pembayaran hampir semuanya telah tersentuh  teknologi paling mutakhir. Salah satu yang menjadi peta besar proyek pengembangan teknologi juga dilakukan oleh Bank Indonesia melalui kegiatan standardisasi pola Quick Response (QR)  yang sudah masif digunakan.

foto : kompas. com

Pada umumnya, QR terintegrasi dengan model-model pembayaran dan dompet elektronik seperti Gopay, Ovo, LinkAja hingga DANA.

Guna merespon dan merealisasikan bentuk pemanfaatan teknologi, Bank Indonesia sebagai pemegang otoritas keuangan secara sentral di Indonesia mengadopsi model QR kedalam bentuk standart persamaan.

Model QR tersebut kemudian diberi nama QRIS sebagai akronim dari Quick Response Indonesian Standart, bisa dikenal dengan pembayaran Digital ala Milenial.

Baca Juga  Ini dia Beberapa Hero Yang Ada Di Game AOV

Sebagai pedoman implementasi Quick Response (QR) Code Indonesian Standard (QRIS), Bank Indonesia menerbitkan Peraturan Anggota Dewan Gubernur (PADG) No.21/18/PADG/2019 tentang Implementasi Standar Nasional Quick Response Code untuk Pembayaran.

QRIS ini bentuknya umum secara penampilan seperti kode QR hanya saja polanya menjadi lebih kompleks karena mengandung banyak  data.

Telah dilaunching secara resmi pada 27 Mei tahun lalu, QRIS digadang-gadang menjadi menumbuhkan dan mendorong ekonomi para pelaku usaha mikro,  menengah, hingga makro. Dengan point utama “sistem bayar tanpa uang tunai “, masyarakat Indonesia dapat turut serta menjadi bagian dari #GenerasiDigitalBankIndonesia.

QRIS sendiri juga dapat berfungsi pada lintas platform penyedia dana dan dompet elektronik melalui kemasannya yang Unggul ( Universal, Gampang, Untung, dan Langsung).

Baca Juga  Try Out Online Gratis, Bantu Persiapan Ujian Nasional Anak Tersayang

Agenda pengenalan QRIS ini dilakukan oleh Bank Indonesia, Bank Sentral Republik Indonesia yang memegang otoritas keuangan di negara ini. Melalui acara bertajuk #Netifest2020 : Generasi Digital Bank Indonesia Tunjukan Ekspresimu!. Acara berlangsung mulai hari Kamis dan ditutup pada Malam Puncak Jumat malam di Museum Bank Indonesia. Kegiatan juga meliputi Pengenalan Jurnalistik bersama Tim Media Metro TV hingga Field Trip di Museum.

Tentrem Restu Werdhani

Belajar menulis untuk mengisi apa yang belum diketahui . Bisa diikuti potret kegiatannya di instagram @pramudhiyawardhani .

Related Articles

Back to top button
Close
X