Pojok #UNYuTips

Rahasia Kuliah Aman Meski Saat Ramadhan

Hai, Sobat #UNYu!

Tidak terasa tiba-tiba sudah memasuki bulan Ramadhan, ya! Perasaan baru kemarin menjadi mahasiswa baru, hehe. Oh iya, kita seharusnya bersyukur karena masih dipertemukan dengan bulan yang penuh kerohmatan ini, Gengs! Saat Ramadhan seperti ini, aktivitas kalian lebih padat atau justru lebih longgar? Jujur, kalau penulis pribadi merasakan kegiatan di bulan Ramadhan ini lebih padat. Selain harus fokus ibadah, kuliah juga harus tetap berjalan. Apalagi masih ditambah harus menyiapkan menu berbuka dan aktivitas lain yang tidak bisa disebutkan satu per satu.

Ngomong-ngomong soal kuliah saat Ramadhan, kami punya rahasia supaya Sobat #UNYu nyaman kuliah saat Ramadhan. Yuk kita simak!

1. Tidak Begadang

Begadang ini jadi salah satu penyebab terbesar Sobat #UNYu mudah mengantuk. Itulah mengapa penulis memberikan rahasia ini di awal.

Jika kalian memang memiliki banyak tugas, lebih baik tidur di awal malam dan bangun lebih awal sebelum sahur. Setelah makan sahur, kalian bisa melanjutkan mengerjakan tugas kembali. Eits, perlu diingat juga, jangan menunda-nunda dalam mengerjakan tugas karena justru nantinya akan membebani kalian.

Dengan tidak begadang, rasa kantuk Sobat #UNYu saat kuliah di pagi hari akan sedikit berkurang. Percaya deh.

2. Tidak Tidur Setelah Sholat Shubuh

Kalau kalian masih suka tidur setelah shubuh, mulai sekarang ditahan dulu, deh! Tidur setelah shubuh justru akan membuat kuliah kita di pagi hari terasa berat.

Baca Juga  Bingung cara bayar UKT di UNY ? Simak beberapa metode buat bayar UKT UNY!!

Jika memang terasa sangat mengantuk, Sobat #UNYu bisa melakukan aktivitas fisik, seperti menyapu rumah, mencuci piring, atau bahkan olahraga dengan beban dan intensitas yang sedikit saja. Setelah itu, Sobat #UNYu bisa mengikuti perkuliahan dengan kondisi tubuh yang lebih fresh.

3. Tidur Siang 10-30 Menit

Tidak tidur setelah shubuh mungkin membuat kita masih merasakan kantuk. Untuk itu, kalian bisa coba istirahat selama 10 – 30 menit di siang hari. Tidur siang bisa dilakukan pukul 13.00 – 16.00. Bukan dari jam 1 sampai jam 4 ya, gengs! Tapi antara jam 1 – jam 4 sore, kalian bisa mengambil waktu 10 – 30 menit untuk istirahat, menyesuaikan dengan jadwal perkuliahan kalian. Ingat ya, 10 – 30 menit, jangan lebih dari itu! Kalau berlebihan, tubuh kita justru akan terasa lemas dan malas untuk melanjutkan aktivitas.

Baca Juga  Ini Lho Keistimewaan Asrama UNY Wates !

4. Mengurangi Makanan yang Mengandung Karbohidrat Sederhana

Ketika sahur atau berbuka puasa, Sobat #UNYu bisa mengatur pola makan dengan mengurangi makanan yang mengandung karbohidrat sederhana, seperti nasi putih, roti, kentang, dll. Karena apa? Karena jika berlebihan, karbohidrat sederhana bisa menyebabkan kita mudah mengantuk. Lebih baik perbanyak menu sayur dan protein saat sahur maupun berbuka.

5. Perbanyak Ibadah dan Doa

Ibadah dan doa seharusnya menjadi kegiatan yang wajib, terutama saat bulan Ramadhan. Saat bulan Ramadhan, semua amalan kita akan dilipatgandakan, tak terkecuali amalan buruk juga. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika selama Ramadhan kita bisa memperbanyak ibadahn dan mengurangi hal-hal yang tidak bermanfaat.

Misalnya mengurangi scroll media sosial, menonton acara yang tidak bermanfaat, dll. Kalau bisa, lebih baik untuk puasa media sosial terlebih dahulu dan fokus memperbanyak ibadah. Dengan puasa media sosial, hati kita Insya Allah bisa lebih tenang, Gengs! Perkuliahan pun lebih terasa nyaman nantinya, tidak ada gangguan apapun.

Kuliah aman meski saat Ramadhan. Yuk bisa yuk!

Zahra Radhiyya M

Mahasiswi S1 Pendidikan Teknik Boga

Related Articles

Back to top button
Close
X