KulinerPojok #UNYu

Rekomendasi Pelatihan Table Manner di Jogja, Mahasiswa Wajib Tahu!

Table manner merupakan istilah yang sering kita dengar ketika sedang menghadiri acara perjamuan makan. Table manner seringkali diterapkan dalam formal restoran yang biasanya dipilih untuk menjamu tamu undangan yang sifatnya resmi, misalnya saat acara pertemuan rekan kerja. Oleh karena itu, saat table manner, pakaian yang biasa dipakai adalah pakaian yang formal, seperti jas atau kemeja untuk laki-laki, dan gaun untuk perempuan.

Table manner adalah salah satu hal yang penting untuk dipelajari oleh mahasiswa, pegawai kantoran, atau pengusaha. Bahkan, tidak menutup kemungkinan bahwa semua orang perlu mempelajari table manner. Alasannya supaya ketika suatu saat kita diundang dalam suatu perjamuan, baik antar rekan kerja atau undangan acara lainnya, kita sudah tahu bagaimana tata cara makan yang benar, bersikap, serta menjawab undangan jamuan makan.

Oh iya, kalian pernah nggak sih mendengar istilah fine dining? Nah, fine dining ini seringkali menggunakan konsep table manner. Karena table manner identik dengan formal restoran, maka aturannya pun cukup banyak yang perlu diketahui. Berikut beberapa aturan yang harus diperhatikan dalam table manner:

Baca Juga  Menyikapi Corona dengan Sudut Pandang Berbeda
1.       Memegang alat makan dengan posisi yang benar.

Biasanya, alat makan yang digunakan adalah pisau dan garpu. Garpu berada di tangan kiri, sementara pisau berada di tangan kanan.

2.       Posisi duduk yang benar

Posisi duduk dalam table manner harus tegap, tetapi punggung tidak boleh bersandar pada kursi.

3.       Memegang gelas yang benar

Gelas yang digunakan sering disebut dengan water goblet, yaitu gelas yang memiliki kaki. Nah, posisi yang tepat saat memegang gelas adalah pada kaki gelasnya, bukan di badan gelas sehingga semua jari menempel di badannya.

Beberapa poin di atas baru mencakup 3 aturan dari banyaknya aturan table manner yang ada. Sebetulnya, untuk lebih mudah dalam memahami tata cara makan yang benar dalam formal restoran, kita perlu sekaligus mempraktikkannya. Nah, kebetulan sekali saya punya rekomendasi acara pelatihan table manner yang murah meriah, cocok untuk kalangan mahasiswa.

Pelatihan table manner yang diselenggarakan oleh Prefix Resto, restoran yang dikelola oleh mahasiswa UNY program studi Pendidikan Teknik Boga ’20 adalah jawabannya. Acara tersebut akan diselenggarakan pada hari Rabu, 23 November 2022 pukul 12.30 WIB di gedung PTBB lantai 2. Menu yang disediakan dengan harga Rp63.000 sudah termasuk paket lengkap, yaitu ada dimsum, cream of corn soup, chicken cordon bleu, dan chocolate brownies with vanilla ice cream sebagai hidangan penutupnya.

Nah, tunggu apa lagi? Buruan reservasi sebelum kalian kehabisan kuota gais!

Zahra Radhiyya M

Mahasiswi S1 Pendidikan Teknik Boga

Related Articles

Back to top button
X