intip JurusanPojok #UNYuUNY Banget

Sedikit Gambaran Buat Kamu yang Pengen Jadi Anak Boga UNY

Salah satu program studi favorit SNMPTN tahun 2020 di UNY adalah Pendidikan Teknik Boga. Dengan jumlah peminat 1.041 menjadikan prodi ini berada pada urutan ke-5 dari 6 prodi favorit. Nah, buat kamu yang pengen jadi anak boga UNY, sudah punya gambaran lika-liku perkuliahannya belum?  Kalau belum, yuk kita simak!

Di UNY, lebih pasnya di jurusan boga, kamu akan disediakan dua pilihan. Pertama, Pendidikan Teknik Boga. Prodi ini termasuk dalam program S-1 yang lebih menitikberatkan perkuliahan teori daripada praktik. Yang kedua, Teknik Boga, termasuk dalam program D-IV yang memiliki mata kuliah praktik lebih banyak. Gelar yang didapat mungkin juga akan sedikit berbeda. Mau tahu bisa dapat gelar apa nantinya? Masuk aja dulu, hehe. Tapi, secara keseluruhan mata kuliah yang diberikan hampir sama kok. Jadi ilmu yang di dapat juga nggak jauh beda antara S-1 maupun D-IV.

Uji Kompetensi Mahasiswa Boga UNY (Sumber: ft.uny.ac.id)

Setelah membahas jenjangnya, kita ulik lebih dalam lagi tentang kehidupan di dalamnya. Mungkin sama seperti perguruan tinggi lain, masa PKKMB atau lebih kita kenal dengan sebutan OSPEK dibagi menjadi beberapa kegiatan. Mulai dari tingkat universitas, fakultas, sampai jurusan. Nah, kegiatan ini yang sangat disayangkan karena bertepatan dengan pandemi Covid-19. Banyak kakak tingkat yang mengatakan bahwa PKKMB tahun 2020 kurang seru, tidak ada gemuruh adu suara di GOR UNY. Padahal momen yang paling ditunggu-tunggu saat PKKMB ya momen itu. Buat kamu calon maba angkatan 2021, banyak berdoa saja ya semoga pandemi cepat berlalu dan PKKMB online tidak terulang kembali.

Baca Juga  6 Alasan Kenapa Ikut Try Out SBMPTN Itu Penting

Oke, masa pengenalan kampus secara resmi sudah selesai. Tapi tentu saja maba angkatan 2020 belum hafal betul tempat-tempat yang ada di UNY. Jangankan gedung jurusannya, UNY di mana lokasinya saja belum tahu, huhu. Tapi mau bagaimana lagi, proses perkuliahan tetap harus berjalan meskipun secara online.

Untuk Pendidikan Teknik Boga, tentu saja karena namanya ‘pendidikan’, maka ada beberapa mata kuliah seputar pendidikan. Untuk Teknik Boga, mungkin tidak ada mata kuliah seputar pendidikan, tapi tentunya lebih banyak mata kuliah praktik. Di sini susahnya jadi anak teknik saat kuliah daring, apa-apa harus disiapkan sendiri sehingga lebih repot. Selain harus fokus pada proses praktik, harus mengutak-utik kamera supaya nantinya ada dokumentasi yang harus disertakan dalam laporan praktik. Prosesnya jadi lebih lama kalau menurut saya pribadi. Tapi tenang, kalau hasil praktiknya sudah jadi, ada rasa bangga tersendiri kok.

Baca Juga  Kampus UNY Tercinta dan Segala Permasalahan Unik di Dalamnya

Nah, kalau sudah membahas tentang teori dan praktik, rasanya belum afdhol kalau belum tahu mata kuliah apa saja yang diajarkan. Jadi, anak boga nggak melulu belajar tentang cara masak yang baik dan benar. Kami juga belajar tentang matematika, bahasa, dan sains. Bahkan ada juga mata kuliah kewirausahaan, praktik diet, ilmu pendidikan, ilmu gizi, dan masih banyak lagi. Mata kuliah praktik industri, magang, KKN, sampai tugas akhir biasanya akan dimulai pada semester 4 atau 5 untuk program S-1. Sedangkan program D-IV akan dimulai sekitar semester 3 atau 4.

Salah satu yang menjadi impian anak boga, yaitu bisa melakukan praktik industri ke Malaysia dan Jepang. Waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan praktik industri tersebut biasanya berbeda. Untuk Malaysia cukup beberapa bulan, sedangkan Jepang memerlukan waktu satu tahun. Kebayang kan enaknya jadi anak boga UNY? Bisa pergi ke Jepang satu tahun, pulang-pulang bawa uang banyak, hehe. Syaratnya apa saja? Kamu jadi anak boga dulu, baru akan tahu persyaratannya.

Mungkin sedikit dulu spoiler-nya ya, takut kamu tambah nggak sabar buat jadi anak boga UNY. See you next semester!

Zahra Radhiyya M

Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Boga

Related Articles

Back to top button
Close
X