Pojok #UNYu

Setahun Pandemi, Ada Cerita Apa Saja Saat Pembelajaran Online ?

Tanpa terasa musim terus berganti dan waktu terus bergulir ,kini kita hampir penuh setahun berjibaku dan bertahan dalam situasi pandemi. Keadaan global yang turut menyebabkan banyak hal mengalami perubahan. Salah satu yang sangat signifikan mengalami imbasnya adalah dunia pendidikan.

Indonesia sendiri yang sudah terbiasa lebih banyak mengadopsi sistem pembelajaran teacher center harus mau tidak mau merubah arahnya menjadi gabungan antara model dibimbing guru bersambung kemandirian siswa dengan bantuan media online seperti zoom, whatsapp grup, webex ,hingga perangkat lain seperti email atau aplikasi khusus yang dikembangkan pihak sekolah.

Selainsekolah-sekolah formal pada umumnya, perguruan tinggi juga banyak yang menerapkan standar pembelajaran online. Banyak kisah tersaji yang selama hampir penuh setahun menjalani kegiatan ini. Mulai dari susah sinyal,cerita inspiratif, kekocakan background zoom yang jadi trending dan meme, hingga behind the scenes petuah dari para dosen.

Lalu,ada apa saja cerita unik dan menarik selama pembelajaran online ? Yuk simak cerita yang berhasil dihimpun tim redaksi !

  1. Bak Pinang dibelah dua ; Para Emak hingga Kakak menjadi Guru kedua dirumahnya !

Ini dia cerita unik pertama ,para ibu atau kaum emak menjadi tambah pusing selain harus berpikir mengenai kredit panci atau kompor. Karena kegiatan sekolah yang dipindah hampir seluruhnya dirumah,mau tidak mau para emak harus membimbing bahkan tak jarang lebih pusing mencari jawaban tugas sekolah dibanding si anaknya sendiri. Hihihi namanya juga anak-anak ya.

Tidak jarang,saking pusingnya dengan mengurus keperluan rumah ditambahi harus “mengupdate” harga cabai serta sabun para emak menyuruh anak tertua mereka alias para kakak untuk membantu adiknya .

Baca Juga  MABA : Mahasiswa Baru Atau Mahasiswa Bangkotan?

Semangat Kak !

  1. Maba-Maba Club saat pandemi, Kuota Ready adalah jalan ninjaku !

Para mahasiswa baru harus mau merelakan euphoria ospek hingga acara jurusan versi online. Bonusnya,mereka juga harus berkuliah menggunakan metode online. Kalau kata para comedian : “kasihan mana masih maba” hihihihi sabar ya maba-maba club.

Belum lagi sinyal yang ngadat , bonus backsound ayam yang petok-petok atau emak yang minta bantuin pasang gas hingga cerita room chat yang penuh karena keyboard terinjak kucing hahahaha ada-ada saja .

Ilustrasi Kuliah Online dilansir dari liputan6.com

Ada sedikit tips dari tim redaksi nih , agar kuliah onlinemu bisa lancer jangan lupa daftarkan nomor ponselmu untuk mendapat bantuan kuota sebagai program Kemendikbud ya.

 Jadi kamu bisa ready selalu untuk kuliah ,

Ganbattene !

  1. Kuliah Pagi Bonus Overhour dan Zoom Fatigue adalah sarapan utamaku !

Sejak zaman dahulu kala yang namanya kuliah pagi memang sudah menjadi legenda. Mulai dari betapa magernya beranjak dari kasur hingga urusan mandi dan berdandan  hingga yang menjadi legenda dihukum karena terlambat . Apalagi kalau matkul pagi dosennya yang terkenal killer dan disiplin soal keterlambatan wah bisa berabe !

Lalu gimana rasanya kuliah pagi di musim pandemi ini ? Sedangkan seolah-olah kita selalu dirumah dan habis begadang malamnya ? Wahh kalau tidak dimanage dengan benar bisa berantakan .

Ilustrasi Kuliah Pagi dilansir dari center for learning

Tips dari redaksi, jika ada kuliah pagi jangan lupa pasang alarm sebagai reminder.  Karena di awal pagi dan berkegiatan bersama perangkat elektronik jangan lupa ambil jeda untuk istirahat agar tidak mengalami overhour atau zoom fatigue ya ! Itu lho kelelahan akibat menatap layar elektronik secara terus menerus.

  1. Mau Kuliah Mandi vs Gak Mandi Bebas Trabas !

“Hallo ,Mana nih suaranya tim mandi vs gak usah mandi ? ?”

Selain pusingnya tim Sunoh vs Hyeyoung sampai Tim Bubur diaduk vs tidak diaduk ,sepertinya netizen perlu merenungkan hal satu ini!

Baca Juga  Pengen Kuliah Di UNY? Program D4 Berikut Ini Bisa Menjadi Pilihanmu!

Menurut redaksi setelah berkeluh kesah ternyata kuliah online punya juga manfaatnya lho .Yaitu kepraktisan ,hahaha kan teman kita tidak bakal tahu kita mandi atau tidak .

Yang penting jangan dilupakan adalah memakai pakaian bebas namun sopan ya , soalnya ada lho kasus dosen tidak mau mengajar karena merasa mahasiswanya kurang sopan menghadiri kuliah online karena hanya memakai atasan mukena gais .

  1. Sambil Multitasking Sabi ; Kuliah Online Bisa Nyambi  ?!
Ilustrasi Kuliah Online Nyambi Rebahan nih , video ini juga sempat viral lho . Dilansir dari dianona.id

Hah emang bisa ? Bisa dong ,mulai dari nyambi masak ,nyambi nulis ,nyambi bikin mandi ,nyambi makan , sampai nyambi bikin candi juga bisa . Eitss tapi kapan ? Ya saat istirahat atau jeda kuliah online ya . Karena bagaimanapun kuliah online ialah sama saja menunaikan kewajibanmu sebagai seorang murid atau mahasiswa .Sedikit tips nih dari redaksi , kamu bisa memaksimalkan potensi pandemi ini dengan bekerja secara remote team  saat weekend lho ,lumayan uangnya bisa buat jajan atau beli kuota Netflix hahahaaha !

Tentrem Restu Werdhani

Alam Terkembang Djadi Guru 🌻 Bisa diikuti potret kegiatannya di @pramudhiyawardhani

Related Articles

Back to top button
Close
X