Kabar KampusPojok #UNYu

Wisuda UNY, Rektor UNY : teruslah belajar, milikilah jiwa profesional dan berkarakter mulia

Pada hari ini Sabtu, 2 Desember 2023, UNY kembali menggelar wisuda periode II tahun akademik 2023/2024 yang dihadiri oleh 2.106 orang dengan rincian 102 orang Program Doktor, 517 orang Program Magister, 1.315 orang Program Sarjana, dan 172 orang Program Sarjana Terapan. Secara keseluruhan, jumlah total wisudawan laki-laki sebanyak 678 orang (32%) dan perempuan sebanyak 1.428 orang (68%).

Dalam acara wisuda yang terlaksana dengan penuh khidmat ini, Prof. Sumaryanto (Rektor UNY) tak luput memberikan sambutannya. Di dalam sambutannya, beliau memberikan beberapa wejangan bagi wisudawan program studi kependidikan maupun non-kependidikan untuk kedepannya.

Mengingat UNY merupakan kampus ex-ikip yang fokusan studinya merupakan program studi kependidikan, tentunya beliau memberikan wejangan khusus bagi mereka. Beliau mengharapkan bagi calon guru maupun tenaga kependidikan telah memiliki empat kompetensi yang diamanatkan dalam undang-undang guru dan dosen, yaitu: kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial. Prof. Sumaryanto mengatakan bahwa lulusan kependidikan apabila memiliki empat kompetensi pendidikan tersebut akan dipastikan menjadi guru/tenaga kependidikan profesional.

Baca Juga  UNY Buka PMB Jalur SNMPTN 2018 Dengan Kuota 30% Dari Daya Tampung Kampus

Adapun wejangan bagi lulusan dari program studi non-kependidikan, beliau mengharapkan mereka memiliki kemampuan adaptif dan fleksibilitas di dunia kerja agar dapat berkontribusi pada daya saing yang unggul dan inovatif. Selain itu, beliau juga menegaskan, bahwa lulusan diharapkan memperkuat dirinya dengan memiliki kompetensi lain di luar bidang utamanya, yakni dituntut memiliki Keterampilan Abad 21 yang meliputi Communication, Collaboration, Creativity, dan Critical Thinking. Nantinya, keterampilan tersebut akan membantu untuk berkompetisi dalam persaingan global yang semakin kompetitif pada saat ini.

Terakhir, Prof. Sumaryanto memberikan pesan kepada seluruh wisudawan secara umum sebagai lulusan UNY “…teruslah belajar, milikilah jiwa profesional dan berkarakter mulia sehingga berkontribusi bagi keluarga, masyarakat, lembaga, bangsa, dan negara.”.

Baca Juga  Jangan Pernah Lupakan Mereka, Tim Sukses Di Balik Kesuksesanmu

Wafiq Farihun Najihah

Suka menulis dan akan selalu menulis. Jika ketahuan tidak menulis, berarti penulis sedang mencari bahan untuk ditulis-|-Manajemen Pendidikan '22.

Related Articles

Back to top button
X