Mahasiswa BangetPojok #UNYu

4 Aksi Anak Kost Yang Egois

Kehidupan anak kost umumnya dijumpai di kota-kota besar. Latar belakang menjadi anak kost biasanya sedang merantau dan menempuh pendidikan atau bekerja bahkan malah keduanya. Bagaimanakah sesungguhnya kehidupan anak kost pada umumnya? Adakah aksi tertentu yang terasa cukup egois alias kurang memperhatikan kebutuhan orang lain? Yes. Yang anak kost, monggo sareng-sareng dikoreksi bersama tentang aksi berikut yang mungkin pernah atau bahkan kerap dilakukan dan terasa cukup egois.

anak_20kost
pic : nilaristy.wordpress.com

1. Kurang Menjaga Kebersihan

Mendiami tempat tinggal bersama dengan yang lain, sesekali ada jeda lalai untuk selalu menjaga kebersihan, baik itu kebersihan kamar sendiri bahkan kebersihan lingkungan sekitar kost. Jika itu terkait kebersihan kamar pribadi, mungkin tidak seberapa mengganggu ya, gaes. Tapi jika itu lingkungan sekitar kost? Pasti bisa mengganggu kenyamanan penghuni lain ya. Untuk itu, yuk saling menjaga kebersihan saja demi kenyamanan bersama. JJ

Baca Juga  Kamu Yang Pernah Naksir Kakak Angkatan Pasti Merasakan 7 Hal Ini. Ayo Ngaku!

2. Meletakkan Barang Pribadi di Area Bersama

Pernah menemukan keadaan di mana ada perkakas mandi, sepatu, dan barang pribadi lainnya yang tergeletak di area bersama, gaes? Kemudian penghuni lain jadi merasa agak terganggu karenanya? Yang lebih lucu lagi, si empunya tidak sadar jika itu barang pribadinya? Baiklah, gaes. Solusinya cuma satu, barang pribadi hendaknya diletakkan di sekitaran kamar pribadi saja ya, gaes.

3. Prosesi Mandi yang Lama

Jadwal ngampus atau kerja selalu pagi, mesti antri kamar mandi, dan mendapati Si A yang langganan lama mandinya. Dobrak, dobrak! HeHe. Keep calm, gaes. Atur strategi saja. Jika malas menegurnya, mandilah lebih awal. Dan untuk yang berprosesi mandi lama, harap sadar diri saja bahwa kamar mandi itu milik bersama. Aksi ceroboh lain terkait kamar mandi adalah lupa menutup kran yang menyebabkan banjir lokal di sekitar kamar mandi. Jika sudah begitu, saling mengingatkan agaknya cukup membantu, gaes.

4. Berisik Sendiri

Atas dasar menyalurkan hobi, lantas dengan seenaknya nyanyi keras-keras tanpa mempertimbangkan keadaan sekitar. Atau memutar musik dengan volume tinggi sambil nyanyi keras-keras lagi. Serasa santai di pantai saja ya, gaes. Halo, area kost lho ini. Hal berisik lainnya adalah kerap membawa teman-teman ke kost dan ngobrol dengan kekuatan suara lapangan. Saking asiknya ngobrol, sampai lupa waktu. Masih dalam situasi ngobrol, tapi via telepon dengan frekuensi suara yang cukup semangat dan menimbulkan semangat emosi penghuni lain. Bisa juga tidak eling waktu kalau sudah telponan. Hmm. Adakah yang begitu? Berisik sediit saja ketika suasana kost sedang benar-benar kosong mungkin tidak masalah ya, gaes. Tapi kalau penghuni kost sedang komplit? Ya, kontrol diri dan hati saja ya.

Baca Juga  Mengenal Lebih Dekat Rumah Akademik Kita ; Siakad UNY

Dy Zhisastra

Saya menyayangi mereka yang menyayangi saya | Pegiat Sastra Universitas Negeri Yogyakarta

Related Articles

Back to top button
Close
X